Friday , April 19 2024
Breaking News
Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022

Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022

Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022 – Peringatan Hari Keuangan diperingati setiap 30 Oktober. Peringatan ini tidak terlepas dari sejarah munculnya uang kertas pertama kali milik Bangsa Indonesia pada Tanggal 30 Oktober 1946.

Setelah Indonesia merdeka, Presiden Republik Indonesia Soekarno mengeluarkan Maklumat Presiden Republik Indonesia 3 Oktober 1945 yang menentukan jenis-jenis uang yang sementara masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Saat itu, Indonesia memiliki empat mata uang yang sah. Pertama, sisa zaman kolonial Belanda yaitu uang kertas De Javasche Bank. Kedua, uang kertas dan logam pemerintah Hindia Belanda yang telah disiapkan Jepang sebelum menguasai Indonesia yaitu DeJapansche Regering dengan satuan gulden (f) yang dikeluarkan tahun 1942.

Ketiga, uang kertas pendudukan Jepang yang menggunakan Bahasa Indonesia yaitu Dai Nippon emisi 1943 dengan pecahan bernilai 100 rupiah. Keempat, Dai Nippon Teikoku Seibu, emisi 1943 bergambar Wayang Orang Satria Gatot Kaca bernilai 10 rupiah dan gambar Rumah Gadang Minang bernilai 5 rupiah.

Bersamaan dengan dikeluarkannya maklumat tersebut, pemerintah berencana menerbitkan Oeang Republik Indonesia (ORI).

Baca Juga :  Link Twibbon HUT Kota Bontang 2022 - Gratis Unduh!

Menteri Keuangan A.A Maramis membentuk “Panitia Penyelenggara pencetakan Uang Kertas Republik Indonesia” pada 7 November 1945 yang diketuai T.R.B. Sabaroedin dari Kantor Besar Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Anggota-anggotanya terdiri dari Kementerian Keuangan yaitu H.A. Pandelaki & R. Aboebakar Winagoen dan E. Kusnadi, Kementerian Penerangan yaitu M. Tabrani, BRI yaitu S. Sugiono, dan wakil-wakil dari Serikat Buruh Percetakan yaitu Oesman dan Aoes Soerjatna sebagaimana dilansir dari situs Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Kala itu, pencetakan ORI dikerjakan setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam dari Januari 1946. Namun, pada Mei 1946, situasi keamanan mengharuskan pencetakan ORI di Jakarta dihentikan dan terpaksa dipindahkan ke daerah-daerah seperti Yogyakarta, Surakarta, Malang, dan Ponorogo.

Hal ini yang menyebabkan, ketika ORI pertama kali beredar pada 30 Oktober 1946 yang bertandatangan di atas ORI adalah A.A Maramis meskipun sejak November 1945 ia tidak lagi menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Pada waktu ORI beredar yang menjadi Menteri Keuangan adalah Sjafruddin Prawiranegara di bawah Kabinet Sjahrir III.

Baca Juga :  5 Twibbon Hari Tanpa Televisi Tahun 2022

Penerbitan ORI pada tanggal 30 Oktober 1946 menjadi momentum sejarah bagi Bangsa Indonesia. Secara historis dan filosofis ORI menjadi alat pemersatu bangsa sekaligus sebagai lambang identitas kemerdekaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ada banyak cara dalam merayakan Hari Keuangan pada tahun ini. Mulai dari membuat poster, mengirim ucapan atau Menggunakan Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022.

Nantinya Twibbon Hari Keuangan ini bisa kalian bagikan melalui media sosial seperti facebook, Twitter, Instagram atau Digunakan sebagai Status Whatsaap.

Nah, kali ini topglobal sudah mempersiapkan beberapa Link Download Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022 yang bisa kalian gunakan secara gratis.

Beberapa desain Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022 ini topglobal rangkum dari beberapa sumber yang pastinya keren dan elegan untuk dibagikan. Nah langsung saja berikut ini adalah beberapa Desain Twibbon Hari Keuangan yang bisa kalian gunakan.

Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022

  Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022

Free Download

Cara Menggunakan Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022 

  1. Klik pada Link Desain Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022 yang sudah disediakan diatas.
  2. Kalian akan diarahkan ke Halaman Twibbic.net
  3. Klik pada Tombol Browse yang ada di bawah desain untuk mengunggah gambar foto kalian.
  4. Sesuaikan letak foto kalian agar pas dalam bingkai foto Hari Keuangan Tahun 2022 dengan cara menciutkan atau melebarkan foto
  5. Setelah dirasakan pas dan elegan, Klik pada tombol next untuk melihat previewnya.
  6. Klik pada tombol download untuk mengunduhnya ke dalam perangkat kalian
Baca Juga :  Poster HUT RI Ke-76 2021, Download Gratis Di Sini

Setelah Twibbon Hari Keuangan Tahun 2022 terunduh, jangan lupa untuk membagikannya melalui media sosial kalian disertai dengan Ucapan Selamat Merayakan Hari Keuangan Tahun 2022.

Ajak juga teman teman yang lain untuk menggunakan twibbon agar hari jadi Hari Keuangan pada tahun ini semakin ramai.

Demikianlah beberapa desain Twibbon Hari Keuangan yang bisa kamu coba. Tunggu apa lagi, mari ramaikan peringatan Hari Keuangan tahun ini dengan meriah. Salah satunya dengan ikut serta membuat Twibbon tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *