Wednesday , April 24 2024
Breaking News
HP 12A

HP 12A Original Laserjet Toner Cartridge Di Tahun 2021

Topglobal1.com, HP 12A – Saat ini telah ada banyak teknologi cetak yang kehadirannya sangat membantu kita dalam melakukan pekerjaan khususnya dalam pekerjaan mencetak dokumen. Salah satu teknologi cetak yang saat ini dirasa cepat dan murah yakni teknologi cepat kontemporer.

Meskipun demikian, segala kemampuan teknologinya juga tidak luput dari peran spesifikasi printer itu sendiri. Pasalnya saat ini telah cukup banyak pilihan jenis printer dimana masing masing memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Sehingga anda harus memilih jenis printer sesuai kebutuhan. Karena jika salah memilih akan dapat menimbulkan kerugian.

Salah satu pertimbangan yang wajib anda ketahui dari spesifikasi printer adalah 2 hal ini. Karena saat ini 2 hal ini yang paling sering digunakan dan banyak digunakan. 2 hal ini yaitu tinta catridge dan toner catridge. Kedua hal ini adalah hal yang berbeda. Mendengar kata cartridge, pasti yang ada di benak Anda adalah bagian yang ada di dalam printer.

Baca Juga: Laptop HP Elitebook 840 g1, Spesifikasi Lengkap Dan Harga

Cartridge adalah benda yang menempel di printer. Ketika printer tidak memiliki cartridge, sudah pasti printer tersebut tidak dapat bekerja atau menjalankan fungsinya dengan baik. Fungsi dari cartridge itu sendiri yaitu sebagai tempat untuk penampungan tinta yang kemudian akan dialirkan menuju head sehingga terjadilah sebuah percetakan.

Dari pengertian ini Anda sudah bisa mengetahui bahwa cartridge memiliki peran yang sangat penting untuk printer inkjet. Jika tidak ada cartridge, maka printer tersebut sudah pasti tidak akan bisa digunakan untuk mencetak.

Baca Juga :  Toner Hp 126 A Tahun 2021, Berikut Spesifikasi Lengkap!

Komponen ini bisa Anda lepas atau diganti. Untuk setiap merek printer biasanya mempunyai cartridge yang berbeda-beda. Misalnya cartridge pada printer merek Epson yang posisinya terpisah dengan head.

WhatsApp Image 2021 06 16 at 21.07.03
Foto: tokopedia.com

Jenis-jenis Cartridge

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa masing-masing merek printer mempunyai cartridge yang berbeda-beda. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang beberapa jenis cartridge yang pastinya salah satunya digunakan untuk merek printer yang Anda miliki.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tas Laptop Lazada tahun 2021 “Keren dan Elegan Sekali”

  1. Berdasarkan Pembuatannya

Jika melihat pembagian cartridge berdasarkan pembuatannya, maka setidaknya ada 2 jenis cartridge, yaitu: Cartridge tinta asli: untuk jenis cartridge tinta asli biasanya memiliki harga yang lebih mahal dan biasanya dikeluarkan oleh produser dari printer tersebut

Cartridge tinta kompatibel: sesuai dengan namanya, cartridge tinta kompatibel merupakan jenis cartridge yang bisa digunakan untuk semua merek printer. Akan tetapi, cartridge tidak berasal dari produsen asli melainkan dibuat oleh pihak ketiga. Selain itu, cartridge tinta kompatibel juga lebih banyak dipilih terutama ketika menjalankan bisnis percetakan dalam skala yang besar

  1. Bedasarkan Penggunaannya

Sementara itu, jenis cartridge dengan berdasarkan penggunaannya maka terbagi menjadi dua: Cartridge tinta (hitam) maupun warna (RGB): jenis cartridge ini biasanya Anda temukan pada printer inkjet , Cartrdige toner: jenis cartridge yang bisa digunakan untuk printer yang berjenis laser

  1. Berdasarkan Manufakturnya

Selain pembagian berdasarkan pembuatan dan penggunaannya, cartridge juga masih bisa dibagi lagi yaitu dengan berdasarkan manufakturnya. Setidaknya terdapat 2 jenis cartridge jika kita meninjau berdasarkan manufakturnya yaitu: OEM cartridge (cartridge original): sebuah cartridge yang langsung dibuat dan didistribusikan oleh pabrikan atau perusahaan dari printer tersebut.

Baca Juga :  Harga HP 80A Original Laserjet Toner Cartridge Terbaru, Cek Disini

Ciri khas dari OEM cartridge yaitu memiliki segel resmi yang memang langsung dari manufakturnya. Untuk harganya pun masih terbilang stabil berkisar 0,25% sampai dengan 2% dibandingkan harga printer barunya.

Baca Juga: 3 Jenis Laptop Gaming MSI GTX 1050 Ti Nvidia GeForce

Compatible new cartridge: sebuah cartridge yang diproduksi oleh pihak ketiga yang tentunya memiliki bentuk berbeda dibandingkan cartridge original. Namun dari segi fungsi tidak jauh berbeda meskipun terdapat fitur yang berbeda dibandingkan OEM cartridge

  1. Berdasarkan Pembaruannya

Remanufactured cartridge: cartridge yang berasal dari proses daur ulang dari OEM cartridge dengan mengganti beberapa bagiannya. Recondition cartridge: proses recycle dari OEM cartridge tanpa adanya penggantian beberapa bagiannya, namun ada proses cleaning.

Refill cartridge: proses pembaruan cartridge tanpa adanya penggantian sparepart maupun tanpa melakukan proses cleaning.

Bagi sebagian besar konsumen, ketika akan membeli printer laser baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang printer laser serta kelebihan nya.

Baca Juga: Review Laptop MSI GTX 1650 Super Termurah

Printer Laser

WhatsApp Image 2021 06 16 at 21.14.08
Printer laserjet p1010. Foto: Bukalapak.com

Terdapat dua jenis printer laser yang dijual dipasaran, yaitu:

  • Printer dokumen
  • Printer All-in-One

Jika anda membutuhkan printer yang hanya digunakan untuk dokumen baik seperti dokumen word, excel, halaman web atau email, printer dokumen sudah cukup baik untuk anda. Printer laser yang harganya murah biasanya hanya mampu mencetak hitam putih. Ada juga printer laser yang mampu mencetak warna, namun memiliki harga yang lebih mahal.

Baca Juga :  7 Printer Wireless Terbaik 2021, Wajib kamu catat!!

Jika anda membutuhkan printer yang mampu menyalin dokumen atau memindai dokumen dan photo ke dalam komputer serta mencetak dokumen juga, Printer all-in-one merupakan pilihan yang tepat. Sama seperti printer dokumen, printer all-in-one yang harganya murah hanya dapat mencetak hitam putih. Untuk printer all-in-one yang mampu mencetak warna tentunya harganya akan lebih mahal.

Kelebihan printer laser

  • Penggunaan toner yang lebih efisien, penggunaan toner pada printer laser lebih efisien jika dibandingkan penggunaan tinta pada printer inkjet.
  • Biaya per halaman printer laser lebih murah, yang artinya biaya operasional yang dikeluarkan juga lebih rendah.
  • Kecepatan cetak yang lebih tinggi, printer laser dapat mencetak lebih cepat, terutama dokumen dengan banyak halaman, jika dibandingkan dengan printer inkjet.
  • Lebih mudah dibersihkan.

Jika kalian telah megetahui printer laser serta kelebihan nya, jika anda saat ini memiliki Printer hp laserjet p1010 baik nya gunakan catrige toner originalnya karna akan memberikan ketahanan pada printer anda.

Harga HP 12A Original Laserjet Toner Cartridge:

HP 12A Original LaserJet Toner Cartridge merupakan Toner Cartridge asli yang cocok dengan Printer hp laserjet p1010, harga HP 12A Original LaserJet Toner saat ini di toko hp resmi indonesia Rp1.377.000, kemampauan cetak dari catrige ini sampai 2000 halaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *