Friday , December 2 2022
Breaking News
Aplikasi Membuat Video Pembelajaran

5 Aplikasi Membuat Video Pembelajaran, Mudah dan Interaktif

5 aplikasi membuat video pembelajaran, mudah dan interaktif – Media pembelajaran yang interaktif mampu menarik dan meningkatkan keterkaitan dan keterlibatan siswa dan proses belajar. Agar proses penyampaian materi berjalan secara efektif dan juga menarik perhatian siswanya.

Guru yang pintar harus  melakukan berbagai macam persiapan agar dapat  mengasah kreativitas. Media pembelajaran yang interaktif dapat berupa aplikasi membuat video pembelajaran.

Untuk mempersiapkan dan mengembangkan media pembelajaran, Guru mesti selalu mempertimbangkan apakah media yang dibuat sudah cocok dengan materi dan karakteristik siswanya.

Apalagi pada masa pandemi, dimana kegiatan pembelajaran  tatap muka terbatas seperti sekarang ini, media pembelajaran yang interaktif sangat penting untuk menunjang dari adanya proses pembelajaran. Contoh media pembelajaran yang sudah populer digunakan saat ini adalah aplikasi membuat video pembelajaran.

Melalui aplikasi membuat video pembelajaran dapat memudahkan proses belajar. Ada aplikasi  yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Aplikasi membuat video pembelajaran gratis dilengkapi dengan fitur yang tidak selengkap dengan  aplikasi membuat video pembelajaran berbayar. Hal tersebut tergantung dari keputusan kamu untuk memilih yang gratis ataupun yang berbayar.

Berikut ada beberapa daftar aplikasi dan software yang dapat Guru Pintar gunakan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran.

Aplikasi membuat video pembelajaran gratis dan berbayar:

Daftar aplikasi dibawah ini berisikan aplikasi yang gratis untuk percobaan awal dan bisa digunakan secara gratis terus menerus jika menggunakan fitur yang terbatas. Nah berikut ini daftar aplikasinya.

1. Kinemaster

Kinemaster

Aplikasi membuat video pembelajaran pertama adalah Kinemaster. Aplikasi edit video ini sudah terbilang cukup populer untuk kalangan guru, maupun kalangan siswa.

Tidak hanya untuk kalangan pendidikan, aplikasi kinemaster dapat dimanfaatkan oleh para youtuber, editor video, bahkan hingga musisi  agar mengedit dan mengolah video mereka menjadi lebih menarik.

Untuk dapat membuat video pembelajaran pada aplikasi ini cukup mudah lho. Tutorial-tutorial untuk membuat video dengan aplikasi kinemaster sudah banyak tersebar di dunia maya.

Hal ini tentunya dapat  memudahkan para guru untuk memproduksi video pembelajaran yang tentunya berkualitas dan menarik perhatian bagi siswa.

2. Toontastic

Toontastic

Aplikasi membuat video pembelajaran berikutnya  yang menarik juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi toontastic.

Toontastic merupakan sebuah aplikasi pembuat video yang berbasis animasi yang sudah dipopulerkan oleh google. Agar bisa  membuat video pembelajaran di hp dengan aplikasi  termasuk mudah.

Baca Juga :  Cara Menukar Poin TikTok Menjadi Saldo Uang Tunai

Para guru dapat memilih latar atau background, karakter dapat  bentuk animasi, lalu bisa dengan pengisian suara, dan juga memberikan efek suara yang agar menghasilkan video yang bagus.

Kelebihan dari  adanya aplikasi toontastic adalah aplikasi ini dapat di download dari HP baik itu android maupun IOS secara gratis tentunya. Dan hebatnya lagi, Toontastic dapat kamu gunakan secara offline.

3. FilmoraGo

FilmoraGo

Sama halnya dengan aplikasi Kinemaster, kamu dapat  membuat video pembelajaran FilmoraGo ini agar cukup familiar di kalangan editor video. Berbagai fitur menarik juga tersedia dalam aplikasi ini dan tentunya bisa dimanfaatkan untuk  dapat membuat video dengan tampilan materi pembelajaran yang menarik untuk ditayangkan.

Melalui aplikasi FilmoraGo ini, Guru dapat  membuat, mengedit serta mengolah video dengan menambahkan berbagai musik dan juga  efek sehingga akan menampilkan tampilan yang  menarik dan juga berwarna.

4. YouCut

YouCut

YouCut merupakan  aplikasi editor video & video maker. Melalui aplikasi ini merupakan aplikasi yang mesti dicoba oleh guru. Kemudian guru sebagai seorang pemula pada bidang pembuatan video, aplikasi ini  juga tidak akan mengalami kesulitan dalam mengedit video.

Baca Juga :  Download Easyshare Apk

Aplikasi ini memungkinkan guru untuk menggabungkan beberapa foto, lalu memotong, serta mengedit untuk menambahkan berbagai efek dan juga suara latar menjadi bentuk video baru yang menarik.

5. Powtoon

Powtoon

Aplikasi Powtoon adalah aplikasi  presentasi dan membuat video animasi yang interaktif. Para guru bisa menggunakan aplikasi ini agar kebutuhan media pembelajaran dapat dilakukan untuk  presentasi, video animasi, infografis bergerak, dan juga lainnya. Dan untuk menggunakan aplikasi ini, perlu konsep materi yang lebih mudah ditangkap siswa.

Aplikasi Powtoon sudah memiliki berbagai fitur dan juga template yang bisa membantu kamu memudahkan proses pembuatan media pembelajaran.

Para guru  bisa menambahkan character, text effect, animation, link, background, dan lainnya. Para guru  dapat menggerakan karakter dan teks agar sesuai dengan kebutuhan untuk memilih effect dan pose yang tersedia.

Demikianlah 5 aplikasi membuat video pembelajaran yang dapat kamu gunakan baik secara gratis maupun berbayar.

Yuk segera download aplikasi-aplikasi diatas sekarang juga. Rasakan kemudahan dari media pembelajaran ini dan kreativitas yang bisa kamu kembangkan dalam proses belajar mengajar. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!

Leave a Reply

Your email address will not be published.