Thursday , December 8 2022
Breaking News
Asuransi HP

Asuransi HP (Handphone) Terbaik Saat Ini

Topglobal1.com, Asuransi hp merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar memberikan manfaat ganti rugi jika terjadi kerusakan terhadap hp kamu baik saat masa pengiriman maupun saat penggunaan hp untuk jangka waktu tertentu.

Saat kamu memiliki hp dengan harga cukup tinggi, ada kalanya kamu perlu mengasuransikan hp yang kamu miliki. Nah kerugian besar dapat terminimalisir dengan adanya asuransi hp yang memberikan sejumlah keuntungan seperti klaim mudah dan premi yang murah.

Pengertian Asuransi HP

Asuransi Hp merupakan salah satu jenis proteksi gadget yang kini  beredar banyak di Indonesia. Asuransi ini berguna untuk melindungi ponsel kita supaya terhindar dari kerusakan yang mungkin terjadi, seperti layar ponsel retak, kemasukan cairan dan kerusakan akibat kecelakaan atau bencana alam,  layar ponsel pecah, kerusakan unit secara menyeluruh.

Asuransi ini juga bisa menanggung kasus hilang sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam polis.

Asuransi untuk HP biasanya akan ditawarkan saat kamu membeli HP baru, seperti kamu  membeli HP merek Samsung, iPhone, Xiaomi, Vivo, Oppo dan lain sebagainya. Faktanya pembelian handphone selalu disertai dengan garansi, namun  nyatanya tidak semua kerusakan dapat diganti dengan adanya  manfaat garansi.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Suara Hp Hilang (Update Terbaru)

Selain adanya  waktu garansi yang terbatas, melakukan klaim garansi biasanya dapat mengurangi kerugian karena adanya cacat bawaan dari pabrik. kemudian, peran asuransi HP menjadi penting agar mampu menanggung risiko-risiko di luar garansi yang sudah diberikan.

Alasan Pentingnya  Asuransi HP

Di era digital saat ini , handphone  adalah  benda yang sudah tidak dapatkan dipisahkan dalam kehidupan. Hal ini terjadi karena  sebagian besar aspek kehidupan kini sudah terkoneksi dengan hp.

Pernahkah kamu membayangkan jika  satu hari kamu tidak menggunakan handphone atau smartphone, pasti akan sangat  berpengaruh pada pekerjaan aktivitasmu. Sehingga , tidak heran jika HP kini sudah menjadi benda berharga bahkan menjadi kebutuhan primer yang mesti dirawat dengan baik. Salah satu upaya perawatan itu  dengan menggunakan  asuransi hp.

Melalui  asuransi tersebut, kamu dapat  mendapatkan manfaat asuransi yaitu melalui kompensasi ketika terjadi kerusakan fisik atau bahkan kehilangan hp.

Nah , jadi dapat disimpulkan bahwa asuransi HP merupakan  hal yang  penting yang kudu dimiliki, apalagi jika harga ponsel kamu termasuk yang cukup tinggi. Namun semua ini tergantung dengan kebutuhan calon nasabah.

Baca Juga :  Cara Membuat Hp dari Kardus Bekas, Cocok Buat Mainan Anak Di Rumah

List kerusakan yang tidak  ditanggung  asuransi hp

Kamu perlu tahu bahwa tidak semua risiko dapat dilindungi dengan adanya  asuransi HP. Berikut ini list pengecualiannya:

  • Kerusakan yang diakibatkan dari perbuatan disengaja
  • Kerusakan disebabkan oleh keausan yang normal atau kerusakan bertahap
  • Penggantian aksesoris smartphone
  • Kerusakan yang telah ditanggung oleh garansi resmi merek smartphone
  • Penggantian perangkat lunak atau daya yang terdapat dalam smartphone
  • Kerusakan karena diperbaiki sendiri atau diperbaiki di service center yang  tidak resmi
  • Kehilangan karena adanya kelalaian diri sendiri (pencurian atau perampokan)
  • Pengecualian lain yang tertulis  dalam polis asuransi handphone

Risiko yang Ditanggung oleh Asuransi HP

Setiap perusahaan asuransi memiliki perbedaan saat  menentukan risiko kerusakan untuk di klaim. Namun sayangnya, perlindungan ini sudah  mencakup kerusakan akibat adanya  pemakaian, kecelakaan, dan kehilangan.

Kerusakan hp yang disebabkan akibat pemakaian memiliki jenis yang beragam juga ditanggung oleh asuransi hp. Kemudian risiko  kerusakan layar seperti layar pecah, unit ponsel yang cacat. dan kamera buram atau retak, 

Kemudian  kecelakaan merupakan kejadian yang dapat  menyebabkan ponsel benar-benar tidak berfungsi misalkan disebabkan  karena  terbakar, terlindas, bahkan terlempar.

Asuransi hp telah menyediakan dua tawaran penanganan, seperti pembayaran langsung (reimburse)  dengan biaya servis ponsel. Kemudian  untuk pertanggungan akibat kehilangan, bentuknya berupa penggantian seharga hp tersebut.

Baca Juga :  6 Cara Cek Pemilik Nomor HP Tidak Dikenal

Jenis-Jenis Asuransi Hp

Secara umum, jenis asuransi untuk HP yang diperjualbelikan di Indonesia terbagi atas dua jenis, yaitu screen protection dan full protection. Berikut ini ulasannya:

  1. Screen protection

Jenis asuransi untuk HP ini memberikan proteksi khusus yang diakibatkan oleh  kerusakan yang terjadi pada layar ponsel kamu. Untuk nilai pertanggungannya  akan disesuaikan dengan premi yang kamu pilih.

  1. All risk protection

Jenis asuransi ini menanggung semua kerusakan, kemudian memberikan perlindungan dari segala jenis risiko,  cacat produksi, hingga kehilangan. Nah , pihak asuransi biasanya  akan memberikan manfaat sebanyak 1 kali selama masa perlindungan berlangsung. Namun faktanya ada  juga yang akan melindungi lebih dari 1 kali, tergantung paket manfaat yang kamu sudah  pilih.

Demikianlah penjelasan mengenai asuransi hp. Nah, sekarang kamu sudah tahukan manfaat dari adanya asuransi hp, kemudian jenis-jenisnya serta risiko apa saja yang tidak diklaim oleh asuransi hp.

Tetap update pengetahuan kamu di kanal teknologi ini. Jangan lupa share informasi ini kepada teman, sahabat, dan kerabat kamu. Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa kembali dan salam teknologi!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.