Thursday , December 8 2022
Breaking News
Cara Membuat Ampli untuk HP

2 Cara Membuat Ampli untuk HP dengan Sederhana

Topglobal1.com, Ada 2 cara membuat ampli untuk hp  yaitu dengan satu transistor MOSFET dan satu transistor TIP 31. Cara ini sederhana dan mudah untuk diikuti.

Ampli adalah rangkaian komponen elektronika yang dipakai untuk menguatkan daya (atau tenaga secara umum). Nah  bagi teman-teman di sini yang berniat membuat ampli, maka teman-teman sudah berada di situs yang paling tepat.

Hari ini mimin akan membahas tentang Cara membuat ampli untuk hp. Untuk cara membuat ampli ini sebenarnya cukup mudah. Di tambah lagi jika teman-teman sudah paham dan tahu mengenai komponen-komponen elektronik tersebut.

Maka waktu yang teman-teman butuhkan hanya beberapa jam saja. Bagi teman-teman yang pemula dan belum paham komponen elektronik mungkin sedikit ribet. Maka dari itu mohon di simak baik-baik.

Untuk amplifer yang kita buat hari ini yaitu amplifer yang sederhana dan mini. Dan untuk biaya pembuatannya juga murah dan terjangkau sekali teman-teman.

Walaupun mini dan sederhana tetapi bisa menghasilkan suara yang cukup memuaskan walaupun hanya memakai komponen yang minim.

Sumber sinyal suara musik dari player Handphone sebenarnya sudah cukup kuat untuk menggerakkan beban kecil yaitu headphone, tapi itu belum cukup kuat untuk menggerakkan beban yang lebih besar lagi misalnya speaker 4 inch 4-8 ohm.

Baca Juga :  Cara Memblokir Akun Fb Orang Lain Lewat Hp Aman dan Terpercaya

Supaya amplitudo dari handphone yang masih lemah itu menjadi lebih kuat untuk menggerakkan speaker 4 inch tersebut, maka daya harus ditingkatkan lagi dengan rangkaian amplifier.

Rangkaian ampli yang satu ini adalah bentuk dari ampli yang paling sederhana. Karena hanya menggunakan 1 buah transistor sebagai komponen utamanya. Tentu saja ada tambahan 1 elko kecil dan 1 resistor. Arus suplay untuk ampli ini bisa menggunakan charger hp atau trafo kecil.

Ampli sederhana ini cocok untuk penggunaan pribadi. Misalnya untuk ampli hp kelas biasa yang suaranya cempreng atau komputer atau laptop yang suaranya kurang keras atau kurang bagus. Dengan tambahan ampli sederhana ini akan menjadikan suara lebih bagus.

Berikut ini mimin paparkan 2 Cara membuat ampli untuk hp yang bisa teman-teman coba.

1. Komponen dan Cara membuat ampli untuk hp dengan satu transistor MOSFET

  • Transistor MOSFET IRF540N (kamu bisa menggunakan persamaan MOSFET N-Channel lainnya yang memiliki karakter yang sama)
  • Resistor 47K 0,25W atau 0,125W, (untuk resistornya sobat bisa menggunakan resistor 10K hingga 100K).
  • Bola lampu 21 watt 12 volt. Bola lampu berfungsi sebagai penghambat yang kuat. Kita sulit untuk menemukan misalnya resistor 21W, itu sebabnya kamu di sini bisa menggunakan bola lampu sebagai gantinya. Dan bola lampu yang digunakan bisa yang 1W – 40W.
  • Apabila kamu menggunakan bola lampu yang lebih  tinggi watt nya, maka kamu akan mendapatkan amplifier yang lebih kuat. Tetapi untuk amplifier yang kuat, kamu akan membutuhkan sumber daya yang kuat juga, dan heatsink yang besar.
  • Sebuah kapasitor Elco 4.7uF/25v. Elco yang digunakan bisa berukuran 2.2uF hingga 10uF.
  • Elco 1000uF/25v. bisa memakai elco dengan ukuran 470uF hingga 2200uF.
  • Komponen selanjutnya adalah sebuah jack audio yang digunakan untuk menghubungkan rangkaian ke hp.
  • Selanjutnya gunakan sebuah heatsink sebagai peredam panas dari mosfet.
  • Dan terakhir adalah kabel-kabel secukupnya.
  • Setelah semua bahan terkumpul saatnya kita merakit ampli mini rakitan tersebut, bagaimana cara membuat ampli untuk hp ini?, kamu bisa merakit nya sesuai skema dibawah ini :
Baca Juga :  Cara Memblokir Akun Fb Orang Lain Lewat Hp Aman dan Terpercaya
j1
Sumber: https://www.montirbox.com

Ampli mini rakitan atau penguat audio sederhana yang ingin kita buat ini terdiri dari komponen yang sangat sederhana sekali dan mudah didapat, hanya menggunakan satu transistor MOSFET, mudah dibuat tetapi cukup Powerful.

2. Komponen dan Cara membuat ampli untuk hp dengan satu transistor TIP 31

  • 1 Transistor TIP 31 atau D 313 atau bisa menggunakan transistor yang sejenis
  • 1 resistor 470 ohm ½ watt
  • 1 kapasitor elektrolit (ELKO) 10 UF 50 Volt
  • 1 load speaker 8 ohm 5-15 watt
  • 1 baterai 3 volt
  • 1 hatsink (pendingin)
  • Kabel secukupnya
Baca Juga :  Cara Memblokir Akun Fb Orang Lain Lewat Hp Aman dan Terpercaya

Untuk cara merakitnya kamu bisa memperhatikan dengan seksama skema di bawah ini.

 

j2
Sumber: https://www.antero.co

Aksi rangkaian di atas adalah arus positif + 3V DC mengalir melalui speaker load ke kaki kolektor transistor TIP 31. Sementara arus negative (ground) terhubung langsung ke kaki pemancar transistor TIP 31.

The ½ watt 470 ohm resistor menghubungkan kaki dan basis kolektor dari transistor TIP 31 dalam posisi tersebut telah adanya induksi kuat di dalam loop loudspeaker yang akan menjadi getaran audio yang cukup kuat ketika kaki dasar adalah alias sinyal audio melalui kapasitor elektronik sebagai input gerbang.

Nah bagaimana teman-teman simple bukan Cara membuat ampli untuk hp. Jika teman-teman tertarik bisa langsung membuatnya.  Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa tunggui artikel mimin selanjutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.