Monday , May 16 2022
Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

5 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Topglobal1.com, Cara mengatasi volume hp naik turun sendiri – Ada 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi volume HP naik turun.

Gejala volume HP yang naik turun sendiri itu sangat mengganggu aktivitas kamu apalagi volume hp naik turun ketika kamu sedang mendengarkan music  maka hal itu membuat kita menjadi tidak nyaman.

Bagaimanapun juga tombol volume memiliki peran yang sangat penting pada hp sehingga sangat disayangkan jika sampai error.  Maka dari itu pembahasan mimin kali ini akan membahas tentang 5 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri. Cara ini bisa teman-teman ikuti.

5 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

1. Restart Perangkat HP 

Restart perangkat HP bisa dibilang sangat classic untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul di HP kamu.

Jika faktor naik turunnya volume ini diakibatkan sistem yang error, coba silahkan restart terlebih dahulu ponsel milikmu dan gunakan kembali apakah sudah berjalan normal atau tidak.

Bisa jadi kerusakan ada pada sistem hp kamu yang menyebabkan kerusakan tombol volume menjadi eror. Maka dari itu yang bisa kamu lakukan adalah dengan restart terlebih dahulu atau matikan beberapa saat lalu hidupkan kembali.

Baca Juga :  Kumpulan Wallpaper HP Naruto Terbaru

Dengan melakukan restart ini maka system akan memuat ulang kembali, tidak menutup kemungkinan penyebab HP kamu eror bisa teratasi kembali.

Jika masih tidak bisa, kamu bisa mencoba dengan restart data factory atau mereset ulang hp kamu seperti sebelumnya. Namun jangan lupa untuk backup data data penting kamu ke dalam google account, google drive atau ke dalam pc untuk sementara waktu.

2. Bersihkan Ponsel dari Debu dan Kotoran

Jika cara yang pertama tidak berhasil, mungkin kamu bisa menggunakan cara ini dengan membersihkan ponsel dari debu dan kotoran. Efek debu yang sudah menumpuk dan menutupi fungsi tombol ketika kamu menekannya.

Nah untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan cara dengan membersihkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan tisu atau kain yang menyerap air, cotton bud dan alkohol bisa digunakan agar lebih efektif.
  • Matikan hp kamu terlebih dahulu dengan menekan tombol power beberapa saat.
  • Teteskan sedikit cairan alkohol tersebut ke atas cutton bud, tidak usah terlalu banyak.
  • Selanjutnya buka casing hp bagian belakang, sampai tombol Volume terlihat. Berhati-hatilah, jangan sampai ada komponen yang terlepas, baut hilang, atau pengait patah.
  • Usapkan cutton bud tersebut ke bagian-bagian yang ada di balik casing. Lakukan berulang dan perlahan, sampai bagian tersebut benar-benar bersih.
  • Setelah selesai, lap menggunakan tisu atau kain hingga kering sempurna. Pastikan jangan sampai ada sisa cairan sebelum kamu menutup casing hp kamu kembali, dan pastikan benar-benar kering karena hal tersebut bisa memicu karat.
  • Beres, silakan pasang kembali casing hp dan coba nyalakan kembali.
Baca Juga :  Samsung galaxy S20 FE Handphone Super keren Tahun 2021

Dan jika kamu kurang yakin untuk membersihkan sendiri silahkan percayakan kepada tukang servis HP.

3. Pasang Aplikasi Kontrol Volume

Jika cara sebelumnya tidak berhasil juga. Kamu bisa memasang aplikasi Kontrol Volume agar kamu  masih bisa mengatur naik turunnya suara pada media, notifikasi, telepon, dan sebagainya.

Dan aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan dengan tampilan yang sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Search aplikasi volume control
  • kemudian tekan instal.
  • Tunggu sampai proses pengunduhan dan pemasangan selesai. Buka aplikasi nya maka akan muncul pengaturan volume
  • Selanjutnya atur sendiri volume dengan mengunci volume sesuai keinginan kamu agar tidak turun lagi

4. Update Operasi Sistem

Dengan cara kita update, sekaligus meningkatkan performa HP menyesuaikan versi terbaru. Terkadang system yang sudah kadaluarsa bisa menjadi penyebab tombol volume menjadi eror.

Selain mengatasi tombol volume naik turun sendiri, cara ni juga bisa meningkatkan performa hp kamu.

Baca Juga :  Apa itu Hp Hdc? Ini Penjelasannya...

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dengan masuk ke menu setting atau pengaturan, kemudian cari pembaruan perangkat lunak dilanjutkan dengan menekan tombol update pada layar.

Selanjutnya tunggu proses pembaruan selesai dan restart hp kamu.

5. Ganti Hardware

Ini merupakan opsi terakhir untuk mengatasi volume HP naik turun sendiri. Opsi terakhir adalah dengan mengganti bagian hardware ke tukang servis.

Karena kalau jelas kerusakan terlihat dari tombol fisik yang rusak, proses penggantian hardware hanya dapat dilakukan oleh orang yang profesional. Jangan coba-coba bongkar HP sendiri kalau memang tidak mengerti sistem.

Tidak perlu cemas, biaya penggantian tombol Volume ini cenderung cukup murah. Tentu saja, hal tersebut juga tergantung pada jenis tombol serta kebijakan masing-masing tukang service.

Namun, ada kemungkinan juga bakal menghabiskan banyak uang, jika yang rusak ternyata bagian sirkuitnya. Kondisi tersebut bisa diakibatkan oleh benturan maupun terkena cipratan air.

Itu artinya, tukang servis harus membuka bagian belakang hp secara keseluruhan untuk mengganti sirkuit dan tombol. Dan mungkin akan membutuhkan waktu yang lama untuk perbaikannya.

Demikian lah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang 5 Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.