Thursday , July 7 2022
Lirik Lagu Alfamart

Contoh gejala listrik statis

Contoh gejala listrik statis

Jawaban:

Contoh gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita amati:

  1. Jika kamu mencoba menggosok-gosokan penggaris plastik pada rambut yang kering. Setelah itu, coba dekatkan penggarisya pada sobekan-sobekan kertas kecil. Apa yang terjadi? Nantinya kita akan melihat sobekan-sobekan kertas tersebut tertarik ke atas oleh penggaris.
Baca Juga :  Berikut ini yang bukan merupakan gaya dalam lompat jauh adalah

Mengapa bisa seperti itu? Hal tersebut bisa terjadi karena penggaris yang telah digosokan ke rambut, membuat muatan negatif (elektron) dari rambut akan berpindah kepada penggaris yang awalnya bersifat netral.

Kelebihan elektron dari muatan negatif itu lah yang menghasilkan adanya gaya tarik menarik, dari sobekan kertas yang bermuatan positif (proton). Gejala tarik-menarik antara penggaris dengan sobekan kertas itulah yang dinamakan dengan peristiwa listrik statis.

  1. Apakah kalian pernah melihat petir yang ditimbulkan dari awan-awan di langit? Fenomena tersebut merupakan salah satu contoh dari adanya proses listrik statis, di mana awan yang memiliki sifat netral atau tidak bermuatan, akan menjadi bermuatan listrik.
  2. Gejala listrik statis lainnya yang bisa kita amati yakni balon menempel di dinding setelah digosokkan ke rambut, bulu di badan tertarik oleh pakaian yang baru disetrika. Adapun yang bukan gejala listrik statis adalah kedua telapak tangan terasa panas setelah saling digosokkan.
Baca Juga :  Pada waktu melaksanakan shalat tasbih jumlah seluruh bacaan tasbih adalah?

Pertanyaan Berikutnya: Pengemasan produk kerajinan yang menarik akan menambah

Leave a Reply

Your email address will not be published.