Thursday , December 8 2022
Breaking News
Dart Games

Dart Games Dan Cara Memainkannya

Dart games atau yang disebut juga lempar panah merupakan sebuah permainan yang sangat digemari oleh sebagian orang. Permainan yang menuntut ketelitian dari  para pemainnya sangat menantang untuk dicoba.

Dart games saat ini termasuk salah satu cabang olahraga kompetitif dimana pemain melemparkan anak panah (ujung panah tajam) pada sebuah papan atau target dengan tangan kosong.

Permainan yang hampir mirip dengan panahan ini menghitung poin dengan prinsip ke tengah papan. Semakin dekat posisi anak panah ke tengah papan target maka akan semakin tinggi poin yang diterima oleh pemain.

Saat kamu berhasil menancapkan anak papan tepat di tengah sasaran, maka kamu akan memperoleh poin penuh. Hal ini tentu saja menjadi kebanggan tersendiri bagi pemain dan membuat orang lain atau bahkan lawan terpukau dengan kemampuan bermain dart games.

Sebenarnya ada banyak istilah yang bisa dimainkan pada dart games atau papan dart.  Umumnya permainan ini akan mengacu pada permainan panahan. Setiap pemain akan berdiri pada batas yang telah ditentukan untuk melemparkan anak pada pada target atau sasaran.

Permainan dart games cocok buat kamu yang ingin melatih ketelitian dan kemampuan panahan yang kamu miliki.

Berikut ini jenis permainan dart games yang bisa kamu mainkan. Yuk disimak ulasan berikut ini!!!

Dart Games To Play

Dart Games To Play

Buat kamu yang baru mencoba permainan ini, di bawah ini akan kami jelaskan cara bermain dart games bagi pemula. Sederhananya permainan ini hanya perlu melemparkan anak panah ke papan target.

Akan tetapi permainan ini tidak semudah yang dibayangkan. Agar dapat memperoleh poin sebanyak banyak kamu harus tau cara melempar anak panah dengan benar. Berikut ini cara melempar anak panah pada permainan dart game:

  1. Posisi badan harus stabil, yaitu posisi berdiri yang tegak.
  2. Posisi kaki sesuai dengan tangan yang melempar anak panah. Apabila kamu melempar dengan tangan kanan, maka kaki kanan berada didepan dan sebaliknya.
  3. Sebelum melempar anak panah pastikan pijakan kaki sudah kuat untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  4. Posisi tangan memegang anak panah pada posisi yang benar yaitu menggunakan jari jari berada pada titik berat yang tepat. Opsi lainnya kamu bisa memegang anak panah sesuai kenyamanan pemain.
  5. Saat melempar anak panah usahakan untuk membuat ujung panah sedikit ke atas atau naik. Kemudian usahakan agar anak panah bergerak lurus ke arah sasaran atau target.
  6. Jangan tambahkan gerakan lain agar anak panah tidak meluncur sembarangan. Usahakan untuk meluncurkan anak panah dengan gerakan yang halus.
Baca Juga :  Fire Kirin - Gratis Download!

Setelah mengetahui cara melempar anak panah yang benar, kamu harus tau juga bentuk papan dart dan sistem penilaiannya.

  1. Papan dart umumnya berbentuk lingkaran dan memiliki nomor 1 hingga 20. Posisi angka pada papan dart tidak berurutan alias di acak.
  2. Pada setiap bagian papan sudah diberi nomor yang terhubung pada bagian tersebut. Tiap tiap bagian di beri warna hijau atau merah.
  3. Jika anak panah kamu tertancap pada bagian berwarna hijau atau merah maka poin kamu akan digandakan.
  4. Apabila anak panah tertancap tepat di tengah lingkaran berwarna hijau atau merah maka poin akan naik hingga tiga kali lipat.
  5. Pusat papan atau disebut bullsye terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian dalam berwarna merah dan bagian luar berwarna hijau. Warna merah bernilai 50 sedangkan warna hijau bernilai 25.
  6. Selain berwarna  merah dan hijau  papan juga memiliki warna lain (biasanya hitam dan kuning). Jika tertancap pada warna ini  maka nilai yang akan diperoleh  sesuai dengan angka tempat anak panah menancap.
Baca Juga :  Two Player Online Games Free

Dart Games Cricket

Cricket dart merupakan permainan anak panah yang dimainkan baik secara individu maupun team atau kelompok. Biasanya permainan dart cricket menggunakan papan dart nomor 20 dengan cincin tiga atau 2.

Berbeda dari permainan dart pada umumnya, dart cricket hanya fokus pada no 15 hingga 20 atau tepat sasaran. Tujuannya adalah untuk menutup nomor tertentu dan mengumpulkan poin setinggi mungkin.

Untuk menutup atau membuka suatu angka, seorang pemain harus mencetak tiga kali pada angka tersebut. Kamu harus menancapkan tiga anak panah pada angka tersebut tidak peduli bagaimanapun caranya. Kamu bisa mencetak pada satu putaran atau lebih.

Triple poin dapat membuka atau menutup angka dalam satu lemparan, atau lemparan tunggal dan ganda untuk menutup dan membuka angka dalam dua lemparan atau tiga lemparan tunggal untuk menutup angka dalam tiga kali lemparan.

Untuk memulai permainan setiap pemain akan melempar anak panah terlebih dahulu.  Team yang melempar anak panah yang paling dekat ke sasaran akan memulai permainan terlebih dahulu.

Setiap pemain atau tim akan melempar 3 buah anak panah secara bergantian atau bergiliran. Untuk menutup babak pemain  harus mencetak tiga angka dengan cara single, double dan triple.

Baca Juga :  Super Stackers 2

Setelah pemain mencetak tiga angka, maka angka tersebut sudah dimiliki oleh pemain tersebut. Setelah pemain lawan mencetak angka maka babak akan ditutup.

Untuk menutup bullsye, anak panah (banteng) di luar dihitung sebagai satu dan banteng di dalam di hitung ganda.

Setelah pemain menutup sebuah inning dia dapat mencetak poin pada angka tersebut sampai lawan juga menutup angka tersebut.

Setelah nomor dimiliki oleh sebuah team , maka cincin 3 atau cincin ganda berturut turut akan dihitung sebagai 3 atau 3 kali nilai.

Permainan berlanjut sampai semua nomor dibuka (atau ditutup) oleh pemain dengan skor lebih tinggi.

Nah, itulah informasi mengenai dart games. Semoga bermanfaat dan jangan lupa juga bagikan informasi ini kepada teman teman yang lain ya!

Rekomendasi Game Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published.