Sunday , August 1 2021
Hari Jadi Kota Kota Medan

Hari Jadi Kota Kota Medan Ke 431 Tahun, Begini Sejarahnya!!

Wajibtekno.com, Hari Jadi Kota Kota Medan Ke 431 Tahun- Tahukah sobat semua, bahwa setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai hari jadinya Kota Medan. Dan tepat pada hari ini di tahun 2021 Medan telah berusia 431 Tahun. Medan adalah kota tertua di Indonesia, tentunya penuh dengan sejarah yang panjang.

Hari jadi kota Medan ditetapkan pada 1 Juli 1590. Penetapan ini dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tk II Medan setelah adanya penelitian lewat Panitia Peneliti Hari Jadi Kota Medan.

Download: Kumpulan Twibbon HUT Kota Medan Ke 431

Awalnya hari jadi kota medan bukanlah tanggal 1 Juli 1590 namun 1 April 1909. Namun tanggal tersebut dibantah oleh ahli sejarah dan kalangan pers. Kemudian walikota Medan saat itu Sjoerkani membentuk panitia peneliti hari jadi Kota Medan tahun 1971 lewat Surat Keputusan Walikota madya Kepala Daerah Kotamadya Medan nomor 342.

Baca Juga :  Twibbon : Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat Twibbon Super Mudah

Hari Jadi Kota Kota Medan

Pada tanggal 25 Mei 1971. Prof Mahadi adalah pimpinan dari panitia tersebut serta Syahriddin Siwan ditetapkan sebagai sekretaris.

Download: Poster Hut Kota Medan Ke 431

Alhasil akhirnya keluarlah usulah bahwa ditetapkan 1 Juli 1590 sebagai Hari Jadi Kota Medan. Tanggal tersebut bertepatan dengan didirikannya perkampungan oleh Guru Patimpus.

Hasil perumusan yang dilakukan oleh Pansus Hari Hadi Kota Medan pada bulan Maret 1975 dengan ketua oleh MA Harahap bahwa tanggal 1 Juli 1590 adalah Hari Jadi Kota Medan. Kemudian sebagai landasannya didirikan Si Sepuluh Dua Kuta di Areal Medan. Alhasil secara resmi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tk II Medan menetapkan 1 Juli 1590 sebagai Hari Jadi Kota Medan.

Baca Juga :  Kumpulan Twibbon HUT Kota Medan Ke 431, Gratis Download Di Link Ini!

Berikut Sejarah Hari Jadi Kota Kota Medan Ke 431 Tahun

Hari Jadi Kota Kota Medan Ke 431 Tahun adalah awal mulanya Kota Medan dikenal dengan nama Tanah Deli. Saat itu keadaan tanah Deli masih penuh dengan rawa-rawa dengan luas sekitar 4.000 hektare.  Penamaan Tanah Deli dekenal sejak era penjajahan kolonial. Namun setelah merdekanya Republik Indonesia penamaan tersebut hilang.

Baca Juga :  Kumpulan Twibbon Hari Raya Idul Adha 1442 H, Gratis Download Di Sini!

Download: Poster Hari Anti Narkoba Internasional 2021

Kemudian Kota Medan berkembang sebagai pusat ekonomi sekitar tahun 1863 ketika Belanda menajajah Indonesia dengan membuka kebun tembakau di Kota Medan. Lalu akhirnya berkembanglah perekonomian di Kota Medan, alhasil Medan menjadi pusat pemerintahan di Sumatera Utara.

Download: Poster Hari Bhayangkara 2021

Sekitar tahun 2020 Kota Medan telah berubah menjadi salah satu kota metropolitan dengan penduduk sebanyak 2,2 juta jiwa.

Nah itulah sejarah singkat Hari Jadi Kota Kota Medan Ke 431 Tahun

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *