Friday , December 9 2022
Breaking News
Sejarah Hari Koperasi

Sejarah Hari Koperasi (12 Juli 1947)

Topglobal1.com, Sejarah Hari Koperasi:  sejak 12 Juli 1947,- Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional yang biasanya diperingati pada setiap tanggal 12 Juli. Pada tahun 2022, seluruh masyarakat Indonesia serentak mengikuti acara dan ikut memperingati Hari Koperasi Nasional atau yang biasa dikenal dengan istilah Harkopnas. 

Harkopnas pada tahun 2022, dirayakan untuk memperingati usianya yang ke-75. Nah teman-teman, ternyata Hari Koperasi Nasional memiliki sejarah yang sangat panjang sehingga pada saat sekarang diperingati dengan sangat khidmat.

Mengutip dari laman resmi Dewan Koperasi Indonesia, Adapun  tanggal 12 Juli dipilih karena bertepatan dengan Kongres Gerakan Koperasi Pertama di Tasikmalaya yang diselenggarakan pada tanggal 12 Juli 1947.

Jika pada tahun sebelumya, perayaan Hari Koperasi, dirayakan dengan tema “Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat”. Disertai dengan tagline yang hitsnya yaitu “ Digitalisasi Menuju Koperasi Modern”.

Baca Juga :  Sejarah Hari Bidan Nasional (24 Juni)

Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan Hari Koperasi pada tahun 2022 juga tidak kalah menarik dengan perayaan tahun sebelumnya.

Tentunya sebelum semua orang ikut merayakan dan memperingati Hari Koperasi, alangkah lebih baiknya jika kita tahu terlebih dahulu bagaimana sejarah dari peringatan Hari Koperasi itu sendiri.

Bagaimana mungkin jika kita memperingati sesuatu hal, tapi tidak mengetahui dengan jelas asal usul yang akan dirayakan. Maka dari itu, kali ini kita membahas seputar sejarah dari perayaan Hari Koperasi. 

Sejarah Hari Koperasi

Koperasi hadir di Indonesia mulai pada 16 Desember 1886. Saat itu, R. Aria Wiraatmadja, Patih Purwokerto, mendirikan Hulp en Spaarbank, yang mana yaitu sebuah lembaga koperasi yang bertujuan untuk menolong kaum priyayi dari lintah darat.

Baca Juga :  Sejarah Hari Dermaga 17 Juni

Upaya tersebut sangat didukung oleh semua kalangan pejabat pemerintahan kolonial pada saat itu. Alasannya juga tidak lain tidak bukan adalah untuk memanfaatkan sumber daya dengan sebaik mungkin. Maka dari itu, koperasi di Indonesia aktif dioperasikan.

Kemudian pada setelah 22 tahun berlalu, seiring berjalannya waktu  pada tahun 1908, perkembangan koperasi meningkat pesat. Sekarang koperasi mulai berubah sebagai Gerakan rakyat yang dipelopori oleh Boedi Oetomo dan ditandai dengan adanya pendirian koperasi rumah tangga.

Kemudian pada tahun 1913, kehidupan berkoperasi Kembali dihidupkan Kembali oleh Syarikat Dagang Islam yang disasarkan bagi kalangan pedagang dan tekstil.

Sementara itu, pada tahun 1927 kelompok Studie Club (Persatuan Bangsa Indonesia) memelopori kegiatan gerakan koperasi sebagai wahana pendidikan ekonomi dan nasionalisme kebangsaan.

Baca Juga :  Peringatan Hari Keluarga Nasional 2021

Sejalan dengan itu, berbagai gerakan koperasi yang terpencar itu akhirnya berhasil dipersatukan setelah Indonesia merdeka. Tepatnya pada tanggal 12 Juli 1947, masyarakat koperasi menggelar Kongres Gerakan Koperasi Pertama di Tasikmalaya.

Kongres tersebut menghasilkan 10 keputusan. Di antaranya yaitu pembentukan sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI), menetapkan asas gotong royong koperasi, dan menetapkan tanggal 12 Juli sebagai Hari Koperasi yang harus diperingati setiap tahun.

Nah sekian lah sejarah Hari Koperasi yang perlu ketahui,

Adanya peringatan hari koperasi ini sangat menunjukkan bagaimana bangsa kita masih sangat menghargai perjuangan leluhur kita terdahulu.

Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: Download Twibbon Hari Koperasi Nasional 2022

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.