Thursday , July 7 2022
Hari Satelit Palapa

Sejarah Hari Satelit Palapa (9 Juli)

Topglobal1.com, Setiap tanggal 9 Juli diperingati sebagai hari satelit palapa. Dimana satelit palapa sendiri adalah nama satelit yang menjadi pelopor telekomunikasi di Indonesia.

Melalui satelit palapa menjadikannya sebagai sistem telekomunikasi satelit dosmetik (SKSD) pertama yang memberikan kayanan telpon dan faksmili antarkota se Indonesia. 

Sejarah hari satelit palapa:

Sebagai bentuk peringatan hari satelit palapa, terkandung sejarah didalamnya sebagai pengingat langkah awal dari adanya layanan telekomunikasi di Indoneisa. Proyek ini dikerjakan pada era Presiden Soeharto.

Melalui Departemen Perhubungan dan Direktorat Jenderal Komunikasi, Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel, sekarang PT Telkom), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) Presiden Soeharto mencari solusinya.

Proyek satelit telah dirancang oleh perusahaan Hughes Aicraft Company, yang berasal dari Amerika Serikat hanya dalam waktu 17 bulan saja proyek ini selesai.

Satelit Palapa sendiri  diluncurkan dengan menggunakan roket Delta di Kennedy Space Center, Tanjung Canaveral, Amerika Serikat, pada 8 Juli 1976. Kemudian, di Indonesia, Presiden Soeharto bersama Menteri Perhubungan Emil Salim, Menteri Sekretaris Negara Soedharmono, dan pejabat lain bersama-sama menyaksikan peluncuran satelit Palapa pada Stasiun Pengendali Utama Satelit (SPU) Cibinong yang berada di Jalan Narogong, Kembang Kuning, Klapanunggal, Bogor pada hari Jumat9 Juli 1976, sejak pukul 06.13 WIB.

Setelah roket mengeluarkan Satelit Palapa A1 kemudian berada pada orbit geostasioner pada posisi 83 derajat Bujur Timur pada ketinggian 30.500 kilometer pada pukul 14.00 WIB, terdengar;ah kontak pertama dengan stasiun bumi di SPU Cibinong. Nah Sejak saat itulah,  9 Juli diperingati sebagai hari satelit palapa.

Asal Mula Nama Palapa

Baca Juga :  Makna kata keragaman yang tepat adalah . . 

Nama palapa sendiri merupakan nama yang diberikan oleh Soeharto yang menjadi sorotan untuk penyebutannya. Sesuai dengan buku ‘Soeharto Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya’ pada tahun 1989 menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan sistem komunikasi agar dapat mempelancar komunikasi keseluruh wilayah Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau.

Nama palapa sendiri muncul dari Soeharto untuk mengingat sejarah Gajah Mada, Patih Amengkubumi Kerajaan Majapahit, yang telah mengeluarkan Amukti Palapa (Sumpah Palapa) agar dapat  menyatukan semua kerajaan di seluruh Nusantara pada tahun 1336 Masehi.

Baca Juga :  Barakallah until jannah artinya apa?

Dari sejarah  itulah maka sistem satelit domestik itu beri nama Palapa sebagai lambang terjelmanya sumpah Gajah Mada untuk dapat mempersatukan Nusantara.

Itulah asal muasal atau sejarah dari hari satelit palapa. Semoga dengan ulasan diatas dapat menambah pengetahuan kamu bahwa setiao tanggal 9 Juli diperingati sebagai hari hari satelit palapa. Jangan lupa share tulisan ini yaaa dan SEE YAA!!

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Hari Bank Indonesia (5 Juli)

Baca Juga: Link Twibbon Hari Satelit Palapa

Leave a Reply

Your email address will not be published.