Tuesday , December 6 2022
Breaking News
Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022  

Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022  

Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022  – Radio di Indonesia merupakan media yang sangat penting saat dahulu kala. Perjuangan kemerdekaan, tidak terlepas dari peran media Radio ini.

Setiap tanggal 11 September selalu diperingati sebagai Hari Radio Nasional sekaligus diperingati sebagai hari kelahiran Radio Republik Indonesia (RRI).

RRI berdiri pada 11 September 1945, hampir genap sebulan setelah siaran Hoso Kyoku, radio milik Jepang, dihentikan tanggal 19 Agustus 1945. Masyarakat kala itu tidak lagi mengakses informasi mengenai yang harus dilakukan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Pada saat itu beredar kabar melalui radio-radio luar negeri bahwa tentara Inggris yang mengatasnamakan sekutu akan menduduki Jawa dan Sumatera.

Berdasarkan informasi tersebut, tentara Inggris dikabarkan akan melucuti tentara Jepang dan memelihara keamanan sampai pemerintahan Belanda dapat menjalankan kekuasaannya kembali di Indonesia.

Pihak sekutu sendiri ternyata masih mengakui kedaulatan Belanda atas Indonesia. Melalui radio-radio luar negeri diketahui bahwa kerajaan Belanda dikabarkan akan mendirikan pemerintahan benama Netherlands Indie Civil Administration (NICA).

Orang-orang yang pernah aktif di radio Hosu Kyoku pada masa penjajahan Jepang sebelumnya jadi sadar bahwa radio merupakan alat yang diperlukan oleh pemerintah Republik Indonesia (RI) dalam berkomunikasi dan memberi tuntunan kepada rakyat mengenai apa yang harus dilakukan.

Berkumpullah delapan orang yang pernah bekerja radio Hosu Kyoku yang ada di Jawa dalam satu pertemuan bersama pemerintah pada 11 September 1945 pukul 17.00 WIB. Para delegasi radio itu berkumpul di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon dan diterima sekretaris negara.

Baca Juga :  12 Twibbon Hari Habitat Sedunia Terbaru 2022

Diketahui pula, para delegasi radio yang mengikuti pertemuan adalah Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto, dan Maladi.

Abdulrahman Saleh yang dipercayakan sebagai ketua delegasi menguraikan garis besar rencana pada pertemuan tersebut. Uraian pernyataan Adulrahman sendiri mengenai himbauan pemerintah untuk mendirikan radio sebagai alat komunikasi antara pemerintah dengan rakyat.

Himbauan tersebut terdorong oleh rencana tentara sekutu yang akan mendarat di Jakarta akhir September 1945 karena Radio dianggap alat komunikasi yang lebih cepat dan tidak mudah terputus saat pertempuran.

Para delegasi radio berencana menggunakan studio dan pemancar-pemancar radio Hoso Kyoku. Namun sekretaris negara dan para menteri menyatakan keberatan karena alat-alat tersebut sudah terdaftar sebagai barang inventaris sekutu.

Dalam pertemuan itu, Abdulrachman Saleh juga membacakan beberapa kesimpulan yakni

  • Dibentuknya Persatuan RRI yang akan meneruskan penyiaran dari 8 stasiun di Jawa,
  • Memersembahkan RRI kepada Presiden dan Pemerintah RI sebagai alat komunikasi dengan rakyat,
  • Mengimbau supaya semua hubungan antara pemerintah dan RRI disalurkan melalui Abdulrachman Saleh.

Meski tidak sependapat dalam beberapa hal, pihak pemerintah menyanggupi simpulan tersebut dan siap membantu RRI.

Sekitar pukul 24.00 WIB, para delegasi dari 8 stasiun radio di Jawa melanjutkan rapat di rumah Adang Kadarusman. Peserta yang ikut rapat saat itu yaitu

  • Perwakilan Purwokerto: Soetaryo,
  • perwakilan Yogyakarta: Soemarmad dan Soedomomarto,
  • perwakilan Semarang: Soehardi dan Harto,
  • perwakilan Surakarta Maladi dan Soetardi Hardjolukito,
  • perwakilan Bandung Darya, Sakti Alamsyah, dan Agus Marahsutan.
Baca Juga :  10+ Twibbon Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 

Hasil akhir dari rapat yang dilaksanakan di rumah Adang Kadarusman adalah didirikannya RRI dengan Abdulrachman Saleh sebagai pemimpinnya. (RRI)

Ada banyak cara dalam merayakan Hari Radio Republik Indonesia (RRI) pada tahun ini. Mulai dari membuat poster, mengirim ucapan atau Menggunakan Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022.

Nantinya Twibbon Hari Radio Republik Indonesia (RRI) ini bisa kalian bagikan melalui media sosial seperti facebook, Twitter, Instagram atau Digunakan sebagai Status Whatsaap.

Nah, kali ini topglobal sudah mempersiapkan beberapa Link Download Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022 yang bisa kalian gunakan secara gratis.

Beberapa desain Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022 ini topglobal rangkum dari beberapa sumber yang pastinya keren dan elegan untuk dibagikan. Nah langsung saja berikut ini adalah beberapa Desain Twibbon Hari Radio Republik Indonesia yang bisa kalian gunakan.

Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022

Gambar 1

Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022  

 

Gambar 2

Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022  

Download Gambar 1 / Download Gambar 2

Cara Menggunakan Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022 

  1. Klik pada Link Desain Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022 yang sudah disediakan diatas.
  2. Kalian akan diarahkan ke Halaman Twibbic.net
  3. Klik pada Tombol Browse yang ada di bawah desain untuk mengunggah gambar foto kalian.
  4. Sesuaikan letak foto kalian agar pas dalam bingkai foto Hari Radio Republik Indonesia (RRI) Tahun 2022 dengan cara menciutkan atau melebarkan foto
  5. Setelah dirasakan pas dan elegan, Klik pada tombol next untuk melihat previewnya.
  6. Klik pada tombol download untuk mengunduhnya ke dalam perangkat kalian
Baca Juga :  Makna Tema HUT RI Ke-76:“Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”

Setelah Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022 terunduh, jangan lupa untuk membagikannya melalui media sosial kalian disertai dengan Ucapan Selamat Merayakan Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022.

Ajak juga teman teman yang lain untuk menggunakan twibbon agar hari jadi Hari Radio Republik Indonesia (RRI) pada tahun ini semakin ramai.

Demikianlah beberapa desain Twibbon Hari Radio Republik Indonesia (RRI) yang bisa kamu coba. Tentunya penggunaan twibbon ini tidak dipungut biaya apa pun, alias gratis.

Jadi, tunggu apa lagi, mari ramaikan Hari Radio Republik Indonesia tahun ini dengan meriah. Salah satunya dengan ikut serta membuat Twibbon Hari Radio Republik Indonesia Tahun 2022 tersebut.

Jangan lupa nantikan desain twibbon yang lainnya di  topglobal1.com. Serta bagikan link tersebut ke teman-temanmu, agar bisa merasakan euporia perayaan hari Radio tersebut. Selamat mencoba dan terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.