Monday , May 16 2022
Alat Service HP

13++ Alat Service HP (Wajib Kamu Tahu)

 Topglobal1.com, Ada 13 Alat Service HP yang cocok untuk kamu yang baru pemula agar bisa menjadi teknisi HP.

Perkembangan teknologi terutama di dunia per gadgetan cukup berkambang sangat pesat. Dimana hampir setiap tahun akan muncul produk- produk ponsel smartphone dengan model dan fitur terbaru dan canggih.

Tetapi tentunya sebuah perangkat elektronika akan memiliki umur dan masa pakai, dan akan mengalami kerusakan dari segi hardware dan juga software nya.

Pastinya para pengguna smartphone akan mencoba untuk memperbaiki kerusakan tersebut dengan menggunakan jasa service HP yang bisa dipercaya. Nah bagi kam yang tertarik dengan perbaikan dan service handphone maka kamu harus punya beberapa alat berikut.

Alat pendukung servis ini akan memaksimalkan kerja kamu dalam menyelesaikan kerusakan pada HP. Berikut ini 13 Alat Service HP Beserta Harganya untuk Pemula:

Alat Service HP Obeng

Alat Service HP pertama yang harus dimiliki teknisi HP adalah obeng. Alat yang sangat dibutuhkan oleh teknisi HP.

Kamu dapat membeli obeng tool set, yaitu obeng dengan berbagai macam fungsi dan ukuran karena ada beberapa ponsel yang menggunakan obeng khusus seperti obeng bintang, segi tiga dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Rekomendasi Hp Harga Murah dan Spesifikasi Bagus

Gunakan obeng dengan kualitas bagus agar mata obeng tidak cepat rusak, karena mata obeng yang rusak juga dapat merusak lubang baut. Harga obeng yang bagus 1 pcs kisaran 50.000 dan untuk perset mulai harga 300.000

Pinset dengan beragam bentuk

Alat Service HP ini digunakan untuk memegang komponen kecil dan komponen yang panas. Pinset juga didesain dengan berbagai macam bentuk dan ukuran untuk berbagai keperluan. Kamu dapat membeli Alat Service HP ini per pcs atau satu set degan berbagai macam bentuk.

Harga pinset sendiri cukup murah, yaitu mulai dari 10.000/pcs.

Multimeter Digital

Multimeter ini memiliki banyak fungsi, seperti mengukur tegangan, mengecek komponen apakah masih berfungsi atau tidak dan lain sebagainya. Dengan Multimeter ini teknisi dapat mendiagnosis kerusakan pada sebuah ponsel.

Akan tetapi untuk menggunakan alat pengukur arus ini dibutuhkan ilmu untuk membaca indikator yang tampil di layar LED. Cara membaca dan menggunakan alat tersebut bisa lihat tutorial nya di YouTube atau belajar dengan ahli.

Perlu kamu tahu juga, Multi Meter sendiri ada yang model analog dan juga ada yang digital seperti di conth gambar. Akan tetapi, sekarang yang banyak digunakan adalah model digital karena pengukuran nya digital lebih akurat.

Baca Juga :  Asuransi HP (Handphone) Terbaik Saat Ini

Untuk pemula, bisa menggunakan Multi Meter harga 300 ribuan dulu

Power Supply Variable 

Power Supply Variable dapat difungsikan sebagai charger HP dengan tegangan yang dapat disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan HP. Selain sebagai pengganti adaptor, Power supply variable ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada HP.

Teknisi yang sudah berpengalaman dapat mengetahui kerusakan HP hanya dengan melihat tegangan yang muncul di layar monitor. 

Tentunya selain Power Supply, kamu juga membutuhkan korektor atau kabel charger yang bervariasi agar dapat digunakan pada semua hp. Korektor ini biasanya dijual terpisah dengan power supply nya.

Untuk pemula bisa menggunakan power supply harga 500 ribuan

Solder dengan Pengatur Suhu

Suhu solder yang dibutuhkan untuk melepas atau memasang masing-masing komponen tidaklah sama, jadi dengan solder pengatur suhu kita dapat mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan. Kisaran harga 250.000

Blower atau Solder Angin

Fungsinya hampir sama seperti solder, akan blower biasanya digunakan untuk membuka atau memasang IC yang memiliki banyak kaki (kaki di bawah IC) karena panas dari blower dapat menembus IC.

Sedangkan solder digunakan untuk membuka atau memasang kaki-kaki komponen yang nampak saja karena solder harus ditempelkan pada arena pemasangan. Harga mulai dari 300.000

Penjepit PCB

Fungsinya untuk menjepit PCB agar saat PCB dieksekusi tidak lari kemana-mana. Alat ini harganya cukup murah, yaitu mulai dari harga 30 ribuan saja.

Baca Juga :  Cara Edit Word di Hp tanpa Ribet dan Super Cepat

Flux

Sebelum menggunakan blower dan solder komponen harus diolesi flux terlebih dahulu untuk mempermudah pemanasan komponen. Harga nya sekitar Rp21.000

Tiner/bensin 

Bahan yang amat sangat dibutuhkan dalam membersihkan komponen handphone yang terkena air. Caranya dengan menggunakan sikat gigi lalu langsung disikatkan sampai bersih pada komponen yang terkena air.

Harga thinner 1 liter Rp 45.900, bisa berbeda tergantung merek nya ya teman-teman.

Laptop dan peralatan software 

Selain peralatan diatas, kamu juga harus memiliki laptop dan peralatan flash termasuk software dan driver dari masing masing ponsel.

Sering kali HP rusak bukan karena faktor komponen, melainkan ada kesalahan bug pada software karena sekarang ini semua ponsel menggunakan OS seperti Android atau IOS. Paket flash dan driver sekarang ini banyak dijual di internet.

UFI Box 

Alat terakhir ini untuk mengatasi permasalahan software, tools box flasher made in Indonesia yang selalu up to date. Harganya Rp. 3.850.000,00

Solder wig 

Alat Service HP ini berfungsi digunakan untuk mengangkat sisa timah yang masih menempel pada papan PCB handphone. Harga Rp15.000.

Plat pencetak ic

Jika ingin pasang ic wajib mempunyai alat ini. Harga Rp40.000.

Demikianlah teman-teman pembahasan mimin tentang  13 Alat Service HP Beserta Harganya untuk Pemula. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.