Monday , May 16 2022
Cara Memblokir Nomor HP Sendiri

Cara Memblokir Nomor HP Sendiri (Kartu Telkomsel, XL, Indosat, 3, Smartfren)

Topglobal1.com, Kamu perlu mengetahui Cara memblokir Nomor HP Sendiri ini karena jika HP kamu hilang dan tidak bisa ditemukan sama sekali, maka perlu melakukan pemblokiran terhadap nomor tersebut, guna mengamankan semua data yang berhubungan dengan nomor HP terkait.

Kamu bisa melakukan pemblokiran nomor HP sesuai dengan masing-masing provider. Adapun cara yang bisa kamu coba untuk memblokir nomor HP sendiri tersebut adalah sebagai berikut.

Cara memblokir Nomor HP Sendiri Kartu Telkomsel

1. Melalui Call Center

Cara pemblokiran nomor Telkomsel adalah dengan menghubungi layanan pelanggan Melalui Call Center di nomor 188. Selain itu, kamu juga bisa langsung mengunjungi kantor Grapari terdekat, mengambil nomor antrean, dan menunggu untuk segera dilayani dengan ramah.

Berikut caranya:

  • Buka fitur panggilan pada ponsel
  • Masukkan nomor 188
  • Tunggu beberapa saat hingga panggilan tersambung ke operator
  • Sampaikan tujuan pemblokiran nomor
  • Selanjutnya petugas akan menanyakan beberapa data untuk proses verifikasi
  • Tunggu hingga proses selesai dilakukan
  • Nomor Telkomsel berhasil diblokir

2. Melalui panggilan kode *500*22#

  • Buka fitur panggilan pada ponsel.
  • Masukkan *500*22# dan lanjutkan dengan menekan ‘OK’ atau ‘Panggil’.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga muncul pesan notifikasi berisi menu layanan. Untuk memblokir nomor Telkomsel, pilih ‘Blacklist’, lanjutkan dengan menekan ‘OK’.
  • Tunggu hingga terdapat menu yang memuat opsi tindakan selanjutnya. Pilih ‘Aktifkan’ untuk melanjutkan pemblokiran nomor.
  • Lalu, tambahkan nomor Telkomsel yang akan diblokir.
  • Selesai.
Baca Juga :  5 Kelebihan Samsung Galaxy S20 Ultra Unik Dan Elegan

Cara memblokir Nomor HP Sendiri Kartu XL

Pemblokiran nomor XL bisa dilakukan dengan menghubungi akun resmi XL berikut.

1. Menggunakan Twitter

Jika kamu termasuk pengguna yang aktif sosial media populer ini maka pasti sudah tidak asing lagi cara menggunakannya. Pihak operator XL sendiri secara resmi juga punya akun twitter yang siap melayani keluhan konsumennya.

Adapun alamat yang bisa kamu gunakan yaitu @myXLCare. Akun tersebut @myXLCare adalah akun resmi milik operator XL, jadi kamu bisa kontak langsung guna meminta blokir sesuai yang kamu inginkan.

2. Telpon ke pusat pelayanan XL

Menggunakan Twitter memang terlihat praktis dan mudah bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan sosial media populer ini. Namun, bagi kamu yang tidak punya maka bisa gunakan cara lain yaitu dengan menelepon nya langsung.

Kamu bisa memanfaatkan layanan call center XL ke nomor 817. Nomor tersebut merupakan nomor panggilan resmi dari operator XL yang bisa melayani secara cepat 24 jam sehari.

Terlebih jika kartu SIM kamu merasa benar-benar sedang tidak aman kerahasiaannya. Baik pulsa maupun data penting lainnya, maka sebaiknya langsung hubungi saja ke nomor 817.

Baca Juga :  Cara Melacak HP Lewat Email Tanpa Password dengan Mudah (Update Terbaru)

Adapun nomor layanan blokir ini tidak gratis, melainkan akan memotong biaya dari pulsa utama. Jadi sebaiknya siapkan pulsa utama terlebih dahulu yang cukup agar ketika melakukan panggilan nanti bisa sampai selesai dan lancar.

3. Gunakan Email

Dengan menggunakan email maka kamu tidak perlu lagi pulsa utama karena yang terpakai hanya butuh koneksi internet saja. Silahkan gunakan email kamu dan kemudian kirimkan ke alamat customerservice@xl.co.id.

Menggunakan email juga bisa lebih formal ketimbang menggunakan twitter yang lebih ke pesan singkat saja. Melalui email kamu bisa lebih mengirim banyak pesan yang lebih leluasa.

Sebagai tips tambahan juga sebaiknya sertakan dokumen pendukung yang jelas. Lampirkan KTP atau SIM yang jelas tanpa terjadi blur pada tulisannya agar dapat terbaca dengan jelas dan mudah.

Hal ini guna mempermudah dan mempercepat proses persetujuan nomor XL kamu yang ingin diblokir oleh pihak operator. Gunakan juga kalimat penyampaian yang jelas supaya pihak CS XL bisa langsung mengerti bahwa tujuan kamu ingin memblokir nomor XL tersebut.

4. Memakai Facebook

Jika sudah melakukan like ke fanspage myXLCare maka bisa langsung menekan tombol kirim pesan atau send message. Kirim pesan ke pihak XL melalui facebook ini dengan kalimat yang ingin kamu buat sendiri.

Sampaikan dengan jelas kalau tujuan kamu yaitu ingin memblokir nomor XL sedang hilang atau karena alasan lain. Sampaikan tujuan dan alasan dengan sejelas mungkin serta lampirkan dokumen pendukung yang valid.

Baca Juga :  Cara Melacak HP Pake Email dengan Cepat

Dengan menyampaikan pesan jelas maka pihak operator XL dapat segera mengabulkan permohonan kamu untuk blokir nomor xl secepatnya.

Cara memblokir Nomor HP Sendiri Kartu Indosat

Bagi pengguna Indosat, pemblokiran nomor telepon bisa dilakukan dengan cara mengirimkan pesan ke 4444. Format pesan yang perlu dikirimkan adalah sebagai berikut.

UNREG#NIK atau #UNPAIR#NomorHP#.

Jika kamu mengalami kendala untuk melakukannya, maka kamu juga bisa langsung menghubungi customer service Indosat di nomor 02130003000.

Cara memblokir Nomor HP Sendiri Kartu Tri (3) 

Siapkan kartu identitas dan riwayat kontak, lalu hubungi call center Tri di nomor 123. Setelah terhubung, sampaikan bahwa kamu mau memblokir nomor HP Tri kamu sesuai dengan alasanmu sendiri.

Pihak Tri lalu akan memverifikasi data dengan kartu identitas dan riwayat kontrak.  Setelah data terverifikasi, maka nomor Tri kamu yang hilang akan segera diblokir.

Cara memblokir Nomor HP Sendiri Kartu Smartfren

Pengguna Smartfren juga bisa memblokir nomor HP dengan mudah, yaitu dengan menghubungi call center Smartfren di nomor 021 – 50100000 atau 0881 122 3344.

Setelah terhubung, kamu dapat langsung mengutarakan kebutuhan untuk memblokir nomor HP Smartfrenmu. Pihak Smartfren kemudian akan meminta data untuk proses verifikasi. Setelah data sesuai, maka pihak Smartfren akan langsung memblokir nomor HP tersebut.

Demikianlah cara memblokir Nomor HP Sendiri untuk lima provider terpopuler di Indonesia. Semoga setiap penjelasan yang ada di dalam artikel ini dapat membantu kamu semua, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.