Monday , May 16 2022
Cara Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air

7 Cara Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air

Topglobal1.com, Hp kamu terendam air? Jangan panik dulu karena ada cara memperbaiki speaker hp yang terkena air.

Hp memang sangat rawan sekali terutama speaker hp kemasukan air. Bisa jadi basah karena kehujanan, tercebur dalam bak (bagi yang suka main hp di kamar mandi) dan lainnya.  Bagaimana jika speaker hp rusak? Bagaimana cara memperbaiki speaker hp yang terkena air?

Perlu kamu ketahui speaker hp yang rusak dapat menyebabkan kinerja hp menjadi lambat. Hampir semua aplikasi memerlukan dukungan speaker terutama untuk komunikas dan menonton film dan lainnya.

Dampak akibat speaker yang rusak adalah mengeluarkan bunyi yang kecil, suara menjadi tidak jelas, bunyi menjadi pecah, kecil atau tidak mengeluarkan sama sekali.

Untuk mengurangi kerusakan agar tidak semakin parah, sebaiknya kamu harus segera membersihkan speaker hp yang terkena air. Cara memperbaiki speaker hp yang terkena air ada banyak, kamu tinggal menyesuaikan dengan tipe hp kamu.

Bagi yang belum mengetahui cara memperbaiki speaker hp yang terkena air tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan cara memperbaiki speaker hp yang terkena air.  Buruan disimak ulasan berikut ini!

Cara Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air

Speaker hp yang terkena air dapat membuat speaker tidak berfungsi dengan maksimal. Penggunaan hp juga menjadi kurang efektif di akibatkan suara yang dihasilkan tidak jernih atau bahkan tidak ada suara sama sekali.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan air dari speaker hp. Cara yang paling umum dilakukan untuk mengeluarkan air dari speaker hp diantaranya:

1. Cek Pengaturan Volume

Cara memperbaiki speaker hp yang terkena air adalah dengan mengecek terlebih dahulu pengaturan volume hp. Kamu mengecilkan atau menambah volume untuk memastikan apakah suara yang dikeluarkan masih normal atau tidak.

Cukup tekan tombol tambah atau kurangi volume di bagian samping hp. Kamu juga membuka menu settingan kemudian pilih suara dan getaran kemudian semua volume baik panggilan alarm dan lainnya.

Kamu bisa mengecek panggilan suara, musik, atau alarm untuk memastikan suara speaker masih normal atau tidak.

Bisa jadi kamu keliru mengatur volume hp karena volume suara di setel kecil sehingga mengeluarkan bunyi yang kecil pula. Jangan sampai keliru yah sobat.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Hp Samsung Galaxy Murah dan Pastinya Nggak Murahan Tahun 2021

2. Lakukan Tes Speaker

Jika cara yang diatas belum berhasil langkah selanjutnya yaitu tes speaker hp kamu. Caranya sangat mudah sekali kamu bisa menggunakan kode pengecekan atau kode informasi hardware.

Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah speaker benar benar mengalami kerusakan atau tidak.  Untuk mengecek kondisi speaker dapat menggunakan kode dial up dengan cara

  • Buka menu dial telepon
  • Ketik *#*#64663#*#*
  • selanjutnya muncul pengetesan hardware
  • Cek speaker

3. Bersihkan Speaker yang Terkena Air

Hp yang terkena air tidak sepenuhnya bersih atau kering. Mungkin saja masih ada sisa air yang tertinggal di sela sela speaker hp. Untuk itu kamu perlu membersihkan speaker hp terlebih dahulu.

Cara mengeluarkan air dari speaker hp dapat dilakukan menggunakan jarum dan sejenisnya yang bisa menjangkau area sulit.

4. Keringkan HP di Media Beras

Cara yang satu ini termasuk cara yang agak kuno. Beras juga bisa digunakan untuk mengeluarkan air dari speaker hp. Cara ini dapat dilakukan jika hp terendam air seluruhnya.

Dahulu sebelum ada hairdryer orang menggunakan beras untuk mengeringkan hp yang jatuh kedalam air. Beras memiliki sifat yang mampu menyerap air dengan sangat baik. Jadi media beras bisa digunakan untuk  mengeringkan komponen hp yang basah termasuk speaker.

Baca Juga :  Biaya Flash HP (Update 2022)

Namun cara ini memakan waktu yang cukup lama sekitar 2 atau 3 hari. Lepaskan semua komponen hp kemudian masukkan hp dalam tempat penyimpanan beras kamu dirumah.

5. Keringkan HP Menggunakan Hairdryer

Setelah kamu membersihkan sisa sisa air yang menempel pada speaker, kamu juga mengeringkan speaker menggunakan hairdryer. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar speaker benar benar dalam kondisi kering.

6. Keringkan Speaker Menggunakan Kipas Angin

Apabila kamu tidak memiliki hairdryer, kamu tidak risau karena masih ada alternatif lain yaitu kipas angin.

Sebelum dikeringkan menggunakan kipas angin kamu dapat melepaskan semua komponen yang bisa kamu lepaskan kemudian taruh di depan kipas angin.

Arahkan kipas angin ke bagian speaker hp supaya pengeringan lebih maksimal. Kamu bisa mengeringkan speaker hp sekitar 5 – 6 jam

7. Segera Service HP

Jika semua cara sudah kamu lakukan namun masih belum berhasil, cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah memperbaiki hp ke konter service agar segera diperbaiki. Jika tidak bisa diperbaiki, maka terpaksa kamu harus mengganti dengan speaker yang baru.

Demikian ulasan kami mengenai cara memperbaiki speaker hp yang terkena air..  Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat ☺

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.