Monday , May 16 2022
Cara Memperbaiki Lcd Hp Bergaris

6 Cara Memperbaiki Lcd Hp Bergaris Dengan Mudah

Topglobal1.com, Cara memperbaiki lcd hp bergaris –Penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan hp menjadi rusak misalnya layar lcd hp menjadi bergaris. Kerusakan pada lcd kadang membuat kamu kesal dan marah. Apakah ada cara memperbaiki lcd hp bergaris?

Lcd hp yang bergaris sangat mengganggu pemandangan saat menggunakan hp. Apalagi jika garis terlihat semakin jelas dan menutup sebagian layar. Hal ini tentu membuat kamu kesal bukan? Bagaimanakah cara memperbaiki lcd hp bergaris?

Setiap harinya selama 24 anak muda tidak pernah lepas dari benda pipih ini. Semakin intens digunakan maka akan rentan dengan kerusakan terutama lcdnya. Meskipun agak rumit, cara memperbaiki lcd hp bergaris bisa kamu coba sendiri sebelum di perbaiki di konter service.

Tidak perlu terburu buru langsung membawa lcd hp yang rusak. Kamu bisa mencoba cara memperbaiki lcd hp bergaris yang akan kami bagikan di bawah ini..

Daripada penasaran buruan disimak ulasan cara memperbaiki lcd hp bergaris berikut ini. Kuy di coba!!!

Cara Memperbaiki Lcd Hp Bergaris

Penyebab layar hp menjadi bergaris disebabkan karena kerusakan pada software atau hardware. Sebelum kamu mencoba memperbaiki lcd hp bergaris kamu harus tau penyebab kerusakannya terlebih dahulu.

Baca Juga :  Cara Memblokir Nomor HP Sendiri (Kartu Telkomsel, XL, Indosat, 3, Smartfren)

Umumnya kerusakan pada lcd hp sering disebabkan karena hp sering terjatuh dan terkena air. Selain itu, hp yang tertindih benda berat dan socket hp yang rusak juga dapat menyebabkan lcd hp menjadi bergaris.

Garis yang muncul pada layar hp sangat bervariasi ada garis vertikal, garis horizontal, garis hitam atau bahkan garis warna warni. Apapun garis yang dibentuk pada lcd layar hp cara memperbaiki lcd hp bergaris di bawah ini.

Kamu bisa mencoba cara memperbaiki lcd hp bergaris apabila kerusakan pada lcd tidak terlalu parah dan menutup sebagian kecil layar. Jika kerusakan terlalu berat kami sarankan kamu agar mengganti dengan lcd baru di konter service.

1. Menggunakan  Opsi Developer

Cara memperbaiki lcd hp bergaris selanjutnya adalah menggunakan opsi developer. Opsi dini dapat kamu temukan pada menu settings atau pengaturan hp. Pada opsi developer terdapat pengaturan Show Pointer Location.

Pengaturan show pointer location dapat kalian gunakan untuk menghilangkan garis halus baik garis vertikal maupun horizontal. Cukup nonaktifkan fitur ini maka garis tersebut akan hilang.  Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu settings kemudian pilih tentang ponsel
  • Kemudian cari kolom ‘Nomor Bentukan’. Klik beberapa kali hingga muncul pesan “Anda telah jadi pengembang”
  • Buka  menu ‘Opsi Pengembang’.
  • Selanjutnya nonaktifkan opsi ‘Tampilan Petunjuk’.
  • Garis garis yang terdapat pada lcd akan hilang jika di sebabkan karena kerusakan software.
Baca Juga :  3 Cara Melacak Hp dengan Akun Google

2. Menggunakan Aplikasi LCD Fixer

Cara pertama yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan garis pada lcd dengan menggunakan aplikasi LCD Fixer atau aplikasi penghilang garis.

Saat ini banyak sekali aplikasi penghilang garis yang dapat kamu temukan di playstore. Aplikasi yang paling banyak digunakan adalah aplikasi Dead Pixels Test and Fix.

Cara penggunaan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Download  aplikasi Dead Pixels Test and Fix di playstore dan app store dan install.
  • Untuk mengaktifkan aplikasi tekan setuju terms dan condition.
  • Kemudian pilih Check Dead Pixel and Fix Dead Pixel’ untuk memperbaiki garis garis pada lcd hp.
  • Tunggu proses pembersihan selesai aplikasi hingga terlihat hasilnya.

3. Restart Hp Kemudian Gunakan Safe Mode

Cara memperbaiki lcd hp bergaris adalah dengan merestart hp dan menggunakan safe mode. Safe mode memiliki fungsi untuk melacak kinerja sistem operasi dan mendiagnosis trouble dalam sistem tersebut.

Apabila penyebab kerusakan lcd menjadi bergaris disebabkan karena ada masalah pada software maka sistem akan mengirim sinyal dan notifikasi.

Untuk mengaktifkan fitur save mode adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol power Hp menu pop up matikan daya dan restart hp di layar.
  • Klik Ok untuk dapat me-reboot hp ke fitur Safe mode,
  • Setelah hp menyala maka otomatis berada dalam safe mode.
Baca Juga :  Samsung Galaxy M31S Memiliki Desain Waw, Yuk Simak Spesifikasi

4. Tekan Layar ke Bawah Dengan Kuat

Jika kerusakan lcd hp kamu disebabkan karena adanya pengaruh luar  misalnya hp jatuh dari ketinggian maka cara ini perlu kamu coba. Cara ini dapat dilakukan secara manual.

Caranya sangat mudah sekali, kamu hanya perlu menekan permukaan layar lcd dengan agak kuat secara perlahan lahan mulai dari bagian atas layar hingga ke bawah layar. Lakukan cara ini berulang ulang hingga garis pada lcd tidak muncul lagi.

5. Cek Soket Layar HP

Cara selanjutnya untuk memperbaiki kerusakan pada lcd layar adalah dengan mengecek soket layar hp. Untuk melakukan cara ini bisa dilakukan sendiri jika kamu memiliki pengetahuan tentang elektronika.

Jika tidak kamu dapat memeriksa soket layar pada ahlinya. Jika terdapat kerusakan maka akan langsung diperbaiki.

6. Ganti Lcd Dengan Yang Baru

Setelah kamu memeriksa soket layar hp dan kerusakan yang terjadi bukan disebabkan karena soketnya, maka kamu harus mengganti lcd hp kamu dengan yang baru. Jika kamu mengganti lcd pastikan ganti dengan lcd yang asli yah.

Demikian ulasan kami mengenai cara memperbaiki lcd hp bergaris.  Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published.