Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen

2 Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus – Cara ini dapat kalian lakukan jika Anda sudah mengaktifkan fitur chat backup yang tersedia di menu pengaturan. WhatasApp menawarkan beberapa pilihan frekuensi pencadangan, ada yang harian, mingguan, bulanan atau tidak pernah.

Dengan mengaktifkan pencadangan otomatis ini, dapat membantu memulihkan pesan yang Anda hapus dari aplikasi WhatsApp. Cara ini dapat bekerja di Android maupun iOS, akan tetapi syaratnya sebelum itu Anda sudah mengaktifkan pencadangan itu terlebih dulu.

Makin sering frekuensi pencadangan chat, misalnya Anda memilih mingguan, akan memungkinkan Anda memulihkan pesan-pesan yang jauh ada di masa lalu yang sudah Anda hapus dari WhatsApp. Cara Mengaktifkan Backup Pesan Otomatis Agar Mudah Mengembalikan Pesan yang Terhapus di WhatsApp.

Read More: Cara Bikin Emoji Berambut dengan Simbol di WhatsApp

#1. Backup Chat WhatsApp

Berikut adalah langkah-langkah detailnya membackup chat WhatsApp:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp lalu klik titik tiga di pojok kanan atas
  2. Buka menu ‘Pengaturan‘ lalu pilih ‘Chat
  3. Klik ‘Chat BackUp
  4. Terakhir tinggal pilih frekuensi pencadangan sesuai dengan kebutuhan. Boleh harian, mingguan atau bulanan. Tapi jangan memilih ‘Jangan Pernah’, karena itu berarti Anda menolak pencadangan otomatis yang WhatsApp lakukan
  5. Selanjutnya Anda cukup menautkan akun Gmail Anda saja

Di atas ini adalah langkah awal sebelum tragedi Anda menghapus chat secara tidak sengaja. Akan lebih mudah mengembalikan pesan jika dari awal langkah Anda sudah mengaktifkan pencadangan otomatis. Lalu bagaimana kira-kira cara mengembalikan pesan yang terhapus tersebut?

Baca Juga :  3 Cara Membuat Link WA Menuju Chat Pribadi, Gampang!

#2. Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen

Pesan yang dikembalikan ini adalah pesan yang masih cukup segar. Jadi bukan chat lama Anda. Berikut adalah Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus dengan langkah-langkah di bawah ini!

  1. Uninstal aplikasi WhatsApp
  2. Kemudian install ulang aplikasi tersebut
  3. Setelah terinstal, Anda diminta memulihkan riwayat chat dari pesan-pesan yang dulu pernah Anda cadangkan
  4. Pilih pulihkan dan semua chat akan kembali

Metode ini dapat bekerja di Android maupun iOS, akan tetapi harus dalam frekuensi pencadangan otomatis. Oleh karena itu, jika frekuensi pencadangan otomatis diatur ke harian, Anda dapat dengan mudah memulihkan semua obrolan yang terhapus. Gampang bukan guys Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus?

Bagaimana Cara Mengembalikan Chat Lama yang Sudah Terhapus?

Masih berkaitan dengan pencadangan otomatis. Syarat utama agar cara ini dapat digunakan adalah Anda sudah mengaktifkan pencadangan ini sedari dulu. Untuk memulihkan pesan-pesan lama ini lebih sulit. Meski begitu, berikut adalah caranya:

  1. Buka ‘File Explorer‘ dan masuk ke Database WhatsApp Anda
  2. Kemudian ubah nama ‘msgstore.db.crytp12‘ menjadi ‘msgstore-latest.db.crytp12
  3. Lalu ubah ‘msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12‘ menjadi ‘msgstore.db.crytp12
  4. Kemudian buka buka Google Drive, ketuk pada Cadangan, hapus file cadangan WhatsApp
  5. Copot dan instal ulang WhatsApp, lalu saat diminta, pulihkan dari file cadangan
Baca Juga :  Nama Aplikasi China Edit Foto Jadi Anime

Akhir Kata

Itulah tutorial singkat tentang Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen, Semoga artikel yang kami bagikan kali ini dapat membantu teman-teman yang mengalami hal serupa. Silakan ikuti langkah-langkah nya di atas agar proses pengembalian chat whatsapp yang terhapus dapat kembali seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *