Tuesday , October 19 2021
Hari Keluarga Nasional

Sejarah Peringatan Hari Keluarga Nasional 2021

Topglobal1.com, Peringatan Hari Keluarga Nasional 2021- Peringatan Hari keluarga Berencana Nasional jatuh setiap tanggal 29 Juni setiap tahunnya.  Tahun ini adalah peringatan yang ke-28. Hari keluarga Nasional (HARGANAS) dapat meningkatkan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan pembangunan bangsa dan negara bagi seluruh masyarakat Indonesia.

WhatsApp Image 2021 06 23 at 21.45.00

Melalui keluarga diharapkan agar menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memantapkan, memelihara serta mengarahkan kekuatan sebagai sebuah peisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Download: Twibbon Hari Keluarga Nasional 

Sejarah Peringatan Hari Keluarga Nasional 2021:

Hari Keluarga Nasional

Pada tahun 1945, berdasarkan data yang diambil dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bahwa ketika Indonesia menyatakan kemerdekaanya namun situasi di negri ini belum kondusif. Masih adanya upaya mempertahankan kemerdekaan dengan dilakukannya wajib militer bagi rakyat.

Baca Juga :  Download Twibbon Lebaran 2021 Disini Gratis, Super Cepat!

Sehingga mengharuskan sebagian orang berpisah dari keluarganya. Kemudian pada tanggal 22 Juni 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan Indonesia secara utuh. Dan tepat seminggu setelah itu yaitu tanggal 29 Juni 1949 para pejuang kembali kepada keluarganya. Hal inilah penanda lahirnya Hari Keluarga Nasional (HARGANAS).

Download: Twibbon Hari Keluarga Berencana Nasional 

Saat dimulai awalnya kelahiran hari Keluarga Nasional pengetahuan keluarga  usia nikah sangatlah rendah. Ditambah lagi situasi banyaknya rakyat yang gugur dalam peperangan meningkatkan keinginan pernikahan semakin tinggi.

Minimnya pengetahuan dan kesiapan menikah dini mengakibatkan tingginya angka kematian ibu dan bayi saat itu. Menurut sejarah pada tanggal 29 Juni 1970 tercatat sebagai puncak kristalisasi pejuang Keluarga Berencana untuk memperkuat program Keluarga Berencana (KB). Kemudian hari itu dikenal sebagai dimualainya Gerakan sebagai dimulainya Gerakan KB Nasional dan sebagai hari kebangkitan keluarga nasional Indonesia.

Baca Juga :  Twibbon Hari Keluarga Nasional 2021, Download Gratis Di Link Ini!

Download: Twibbon Happy Family Day 

Kesadaran akan pembangunan keluarga ke arah keluarga kecil bahagia melalui KB meningkat. Dengan adanya keberhasilan KB, tahun 1992 Presiden Republik Indonesia saat itu menetapkan 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional.

Download: Poster Hari Keluarga Nasional 2021

Penetapan Hari Keluarga Nasional dilatarbelakangi penghargaan kepada rakyat Indonesia atas perjuangannya dalam mempertahankan RI dengan meninggalkan keluarganya. Akhirnya HARGANAS mendapatkan legalitas. Kamudian pada tanggal 15 September 2014 ditetapkan sebagai Hari keluarga Indonesia namun bukan hari libur (malalui keputusan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2014).

Baca Juga :  No Deposit Bonus Forex 2021 Broker Axiom Trader Sebesar 100$

Download: Poster Hari Keluarga Nasional 2021

Peringatan Hari Keluarga Nasional digagas oleh Prof Dr. Haryono sebagai ketua Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada era Presiden Suharto. Tiga poko pikiran kepada Presiden Suharto saat itu disampaikan oleh Haryono sebagai berikut:

Baca Juga: Peringatan Hari Keluarga Nasional 2021

“Mewarisi semangat kepahlawanan dan perjuangan bangsa Tetap menghargai dan perlunya keluarga bagi kesejahteraan bangsa Membangun keluarga menjadi keluarga yang bekerja keras dan mampu berbenah diri menuju keluarga sejahtera”

Alhasil lahirlah Hari keluarga Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Juni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *