Friday , December 3 2021
Memperbaiki Modul Baterai Laptop

3 Cara Memperbaiki Modul Baterai Laptop Yang Rusak

Topglobal1.com, Cara memperbaiki modul baterai laptop – Hello kali ini saya akan mengulik tentang 3 cara memperbaiki modul baterai laptop yang rusak, dan tentunya artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk anda.

Jika anda mempunyai laptop, dan laptop yang anda gunakan itu sudah melebihi dari setahun bahkan dua tahun dan biasanya akan terjadi permasalahan yang paling umum terjadi yaitu pada baterai ataupun charger laptop anda.

Dan untuk pengguna charger biasanya akan lebih tahan lama dibandingkan dengan baterai, charger yang tidak akan pernah mengalami konslet ataupun charger yang tidak pernah terlipat atau hal lainyang membuat charger cepat rusak.

Sebelum membahas tentang 3 cara memperbaiki modul baterai laptop , maari bahas tentang baterai. Kali ini baterai merupakan sebuah komponen yang paling penting dan tentunya sangat rawan sekali untuk laptop sebagai sebuah perangkat portable.

Disini terkait 3 cara memperbaiki modul baterai laptop yang rusak, dan ada beberapa permasalahan yang sering terjadi.

Selain baterai laptop yang rusak juga akan terjadi baterai laptop yang cepat habis atau tidak bisa digunakan tanpa dicharger dan ataupun tidak dapat mengisi ketika di charger.

Berikut Cara Memperbaiki Modul Baterai Laptop Yang Rusak:

Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa sangat penting sekali  didalam penggunaan laptop ini untuk menunjang pekerjaan dan juga kegiatan user dan juga perlunya ini dilakukan pada laptop anda jika modul baterainya rusak atau bagaimana yang tentunya dapat menghambat anda.

Disini terdapat 3 cara memperbaiki modul baterai laptop yang rusak, dan tentunya artikel ini sangat anda butuhkan sekali jika modul baterai anda sudah rusak. Berikut 3 cara memperbaiki modul baterai laptop yang rusak sebagai berikut :

#1. Lakukan kalibrasi pada baterai laptop

Baca Juga :  Daftar Merk Laptop Tts Terbaru Saat Ini

Cara memperbaiki modul baterai laptop yang rusak yang pertama yaitu melakukan kalibrasi pada baterai laptop. Pada saat proses kalibrasi ini tentunya sangat membutuhkan waktu beberapa jam dikarenakan dengan metode ini laptop baterai akan dibiarkan terisi secara penuh.

Setelah terisi penuh, kemudian biarkan habis dan begitu sebaliknya. Karena metode kalibrasi user ini tidak diperlukan alat yang sangat serius dan anda harus memperhatikan cara cara berikut ini.

  • Yang pertama anda tidak boleh melakukan penggunaan pada laptop anda
  • Selanjutnya silahkan kosongkan daya laptop hingga 0 %
  • Kemudian lakukan charging perangkat hingga daya penuh 100%.
  • Lalu atur opsi daya baterai pada perangkat dengan cara klik menu star lalu klik control panel lalu system and security lalu power options dan pilih balanced.
  • Disini anda dapat melakukan konfigurasi  dan biarkan perangkat laptop anda tetap menyala hingga daya habis dan anda bisa mengulangnya kembali
  • Pada saat proses kalibrasi telah selesai anda lakukan, user dapat mengaturnya pada power paln semula
  • Kemudian pada saat setelah melakukan kalibrasi, anda bisa melakukan instalasi software smarter baterai guna memantau utiilitas baterai melalui pemberian info mengenai data baterai laptop anda.

Baca Juga: Cara Buka Baterai Laptop Acer Dengan Cepat

Baca Juga :  Cara Download Exam Browser di Laptop Dengan Cepat

#2. Lakukan Re-Instal ACPI

Cara memperbaiki modul baterai laptop yang kedua yaitu melakukan Re – Instal ACPI pada driver Microsoft ACPI dan ini dapat dilakukan pada saat sudah terdeteksi secara plugged pada perangkat portable. Dan langkah – langkah nya sebagai berikut :

  • Anda harus melepaskan adaptor charger perangkat
  • Kemudian matikan perangkat anda dengan cara klik shutdown
  • Dan lepaskan baterai dari perangkat
  • Lalu pasang adaptor serta nyalakan perangkat tanpa memasang baterai
  • Anda dapat mengklik menu start lalu control panel lalu system and security lalu pilih system dan device manager
  • Kemudian anda klik pada baterai lalu klik dua kali pada Microsoft ACPI
  • Dan lakukan shutdown lagi pada perangkat anda
  • Dan kemudian lepas charger yang terpasang
  • Lalu pasang kembali baterai
  • Kemudian silahkan dicas kembali dan nyalakan kembali laptop anda.

#3. Lakukan cara yang paling unik untuk mendinginkan baterai

Baca Juga :  4+ Rekomendasi Laptop Asus 6 Jutaan Yang Terbaru

Cara memperbaiki modul baterai laptop anda yaitu dengan cara mendinginkan baterai yaitu dengan cara anda dapat mengkosongkan baterai laptop anda pada saat menyala.

Kemudian lepas baterai laptop dari laptopnya, dan baterai anda masukkan kedalam kantong plastic lalu diikat dengan plastic agar tidak ada udara yang masuk.

Setelah diikaat baterai tersebut anda masukkan kedalam freezer selama kurang lebih sehari. Setelah sehari anda lakukan pemasangan kembali dan dicharger kembali kemudian nyalakan perangkat.

Nah itulah 3 cara memperbaiki modul baterai laptop yang rusak, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *