Friday , December 3 2021
Cara Mengatasi Speaker Laptop Kresek

4 Cara Mengatasi Speaker Laptop Kresek Paling Praktis

Topglobal1.com, Cara Mengatasi Speaker Laptop Kresek Paling Praktis- Salam literasi untuk semua sobat literasi, kali ini akan ada artikel menarik mengenai cara mengatasi speaker laptop kresek lho.

Laptop merupakan salah satu perangkat teknologi yang sangat sering digunakan untuk menyelesaikan aktivitas keseharian. Salah satu bagian laptop yang sering sekali digunakan dan sangat penting adalah speaker laptop. 

Speaker laptop ini sangat dibutuhkan oleh pengguna laptop baik untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan yang membutuhkan adanya sound maupun sebagai salah satu bagian perangkat untuk sarana hiburan bagi pengguna laptop. 

Speaker laptop yang super keren pastinya sangat membantu pengguna untuk dapat digunakan dengan baik tanpa harus memerlukan tambahan speaker dari luar. Hal ini dikarenakan speaker laptop itu sendiri sudah mampu menghasilkan suara yang keras dan jelas.

Namun, perlu sobat literasi ketahui bahwa speaker laptop yang sering kita gunakan kerap kali mengalami penurunan fungsi dari speaker seperti bunyi yang dihasilkan pecah atau bisa seperti speaker kresek. 

Adanya bunyi seperti kresek dari speaker laptop yang digunakan pastinya sangat mengganggu kita ketika menggunakan laptop. hal ini lah menjadi salah satu penyebab yang membuat keindahan dari suatu musik atau bunyi yang didengar dari speaker laptop berkurang. 

Sebelum kita membahas cara mengatasi speaker laptop kresek, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab speaker laptop berbunyi seperti kresek. Berikut beberapa penyebab speaker laptop menjadi seperti bunyi kresek.

  1. Penyebab pertama yang mengharuskan sobat cari cara mengatasi speaker laptop kresek adalah sobat terlalu memutar musik di laptop dengan volume berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Hal inilah yang menyebabkan speaker seperti bunyi kresek.
  2. Penyebab kedua yang mengharuskan sobat cari cara mengatasi speaker laptop kresek adalah sobat terlalu sering melepas dan memasang konektor audio eksternal selain audio asal dari laptop.
  3. Penyebab ketiga yang mengharuskan sobat cari cara mengatasi speaker laptop kresek adalah speaker yang kita miliki terlalu banya menyimpan debu sehingga debu tersebut menempel dibagian speaker laptop dan itu menandakan kita jarang membersihkannya.
  4. Penyebab keempat yang mengharuskan sobat cari cara mengatasi speaker laptop kresek adalah suatu laptop hanya diperbolehkan untuk menyimpan 1 drive soundcard tidak boleh lebih. Kelebihan driver soundcard inilah penyebab speaker rusak. 
  5. Penyebab kelima yang mengharuskan sobat cari cara mengatasi speaker laptop kresek adalah laptop yang kita miliki memiliki virus dimana antivirus penyebab adanya komponen software speaker laptop yang rusak sehingga menghasilkan bunyi kresek. 

Sobat literasi harus mengetahui penyebab-penyebab yang dapat merusak speaker laptop ini. Hal ini bertujuan untuk membantu sobat supaya terhindar dari speaker laptop yang rusak. 

Apabila speaker laptop telah menghasilkan bunyi kresek itu menandakan bahwa speaker rusak dan sobat perlu menemukan cara mengatasi speaker laptop kresek. Berikut cara mengatasi speaker laptop kresek yang bisa sobat ikuti. Yuk simak informasi di bawah ini.

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Speaker Laptop Kresek Paling Praktis

1. Cara mengatasi speaker laptop kresek melalui menu taskbar

Sobat literasi dapat mengatasi kerusakan speaker laptop dengan melakukan pengaturan dari menu taskbar. Berikut langkah – langkah yang bisa sobat ikuti.

  • pada menu taskbar terdapat menu ikon suara, silahkan sobat klik kanan
  • kemudian akan ada pilihan. Sobat hanya perlu pilih menu sounds
  • selanjutnya, sobat akan melihat jendela pengaturan sounds
  • langkah selanjutnya, sobat literasi perlu klik tab playback dan dilanjutkan dengan klik kanan pada bagian menu speakers dan pilihlah properties
  • pada teba enhancements yang tersedia, sobat literasi sobat perlu memberi tanda ceklist pada bagian pilihan menu disable all sounds effect dan klik Ok.
  • Proses pun selesai, sobat bisa mencoba speaker laptop apakah sudah bisa berfungsi dengan baik lagi atau belum.

2. Cara mengatasi speaker laptop kresek melalui control Panel

Sobat literasi tidak hanya bisa menggunakan cara pertama, sobat literasi juga bisa mengatasi speaker laptop kresek melalui penggunaan control Panel. Cara kedua ini bisa sobat gunakan jika cara pertama tidak berhasil. 

Cara kedua ini juga bisa sobat gunakan apabila pada menu taskbar di laptop sobat tidak ditemukan ikon music. Cara mengatasi speaker laptop kresek ini sebagai salah satu alternatifnya. Berikut langkah-langkahnya, yuk simak terus informasi di bawah ini.

  • pada laptop, sobat literasi perlu klik start dan pilih control panel
  • selanjutnya, sobat literasi klik menu hardware and sounds
  • kemudian, sobat literasi klik sound
  • selanjutnya akan ada tab playback, sobat literasi hanya perlu memilih menu speaker dan klik kanan serta dilanjutkan pemilihan properties
  • pada teba enhancements yang tersedia, sobat literasi sobat perlu memberi tanda ceklist pada bagian pilihan menu disable all sounds effect dan klik Ok.
  • Proses pun selesai, sobat bisa mencoba speaker laptop apakah sudah bisa berfungsi dengan baik lagi atau belum.

3. Cara ketiga untuk mengatasi speaker kresek ini dengan membawa laptop ke service center.

4. Cara keempat bisa sobat gunakan speaker eksternal

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Cara mengatasi speaker laptop kresek. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

 

Baca Juga :  4 Cara Atasi Laptop Sudah Di Shutdown Tapi Lampu Power Masih Nyala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *