Tuesday , October 19 2021
WhatsApp Image 2021 06 05 at 23.05.14

Perbedaan Shared Hosting, Vps Hosting, Dan Decidate Web Hosting, Baca Disini…

Perbedaan Shared Hosting, Vps Hosting, Dan Decidate Web Hosting- Bagi seorang pemula dibidang pengelolaan web, tentu tidak heran jika masih asing dengan hal-hal yang dibutuhkan untuk jalannya sebuah website. Namun jika anda memiliki website tentunya anda menggunakan layanan web hosting terlepas jika anda belum memahami sebenarnya web hosting itu apa? Kegunaanya apa? Dan apa saja jenisnya? Atau anda sudah memahami apa dan fungsi layanan web namun masih bingung mengenai perbedaan jenis-jenis web hosting yang ada, anda menemukan laman yang tepat.

Secara umum hosting diartikan sebagai suatu space (ruangan) atau sebuah tempat di dalam internet yang kita fungsikan untuk menyimpan berbagai data – data dari sebuah website. Data – data yang tersimpan berasal dari berbagai macam website, mulai dari website pribadi, website blog, website bisnis, website perusahaan, dan yang lainnya. Hosting berperan untuk membuat website menjadi online dan dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia.

Dilansir dari laman wikipedia, web hosting didefinisikan sebagai salah satu layanan di internet yang menyediakan resource berupa server- server untuk disewakan sehingga individu atau pun organisasi dapat menempatkan informasi di internet. Informasinya bisa berupa HTTP, FTP, EMAIL, DNS atau lainnya.

Adapun Secara Umum Fungsi Dari Web Hosting Diantaranya:

Sebagai Tempat Penyimpanan Data – fungsi utama sebuah web hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data atau file dari sebuah aplikasi atau website secara online, sehingga data – data tersebut dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia melalui jaringan internet. Jika dianalogikan, hosting seperti perpustakaan (sebagai tempat penyimpanan informasi) sedangkan website dianalogikan sebagai buku – buku (informasi yang dicari). Hosting ada untuk menampung dan menyediakan informasi terkait suatu website kepada pengunjung yang mengakses website tersebut, sehingga pemilik website dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengunjungnya.

Sebagai Sarana Agar Data Website Dapat Dilihat Oleh Pengunjung – walaupun anda sudah mendaftarkan domain, website tetap tidak akan bisa diakses oleh pengunjung jika anda belum menggunakan layanan hosting. Hosting menyimpan data – data terkait website mulai dari gambar, tulisan, video atau yang lainnya, sehingga jika tidak ada hosting maka tidak ada data yang bisa diakses dari laman website anda.

Baca Juga :  Cek Syarat Terbaru Bantuan PNM Mekaar Sebesar Rp. 1,2 Juta. Daftarkan Usaha Yang Dimiliki Dan Cek Hasil Pendaftaran Di Laman Banpresbpum.Id !!

Menetukan Region Website – anda bisa menentukan region website yang anda miliki dengan cara memimilih region hosting. Adapun region yang sebaiknya anda pilih sesuai dengan tempat bisnis atau tempat tinggal anda karena region akan sangat mempengaruhi traffic website yang anda miliki.

Hosting Membuat Website Menjadi Lebih Responsif – hosting memiliki peran besar dalam menentukan apakah website yang anda miliki bisa merespon dengan cepat atau tidak. Jika data website terlalu banyak dan traffic cukup tinggi namun hosting tidak memadai akan membuat website yang anda miliki menjadi tidak responsif atau lemot

. Layanan Hosting Itu Sendiri Terbagi Atas Beberapa Macam, Yaitu:

Ada beberapa jenis web hosting yang diklasifikasikan berdasarkan layanan yang diberikan kepada pengguna. Kebutuhan dari tiap pengguna tentunya berbeda, semakin besar fitur dan semakin banyak pilihannya tentu semakin besar juga biaya yang ditetapkan untuk akses layanannya. Sehingga banyak biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati layanan web hosting akan berbeda pada tiap jenisnya.

  • Shared Hosting
  • WordPress Hosting
  • Reseller Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Vps Hosting

Ada cukup banyak jenis layanan hosting yang tersedia, fasilitas serta fitur yang ditawarkan pun tentu berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Pada umumnya seorang pemula atau seorang yang mengelola website untuk kebutuhan pribadi yang tidak memerlukan fitur yang banyak seperti website bisnis akan cenderung menggunakan layanan Shared Hosting karena kebutuhan untuk websitenya tidak terlalu banyak. Namun jika traffic website yang dijalankan mengalami kenaikan tentunya layanan yang dibutuhkan juga seharusnya dapat menunjang kelancaran dari sebuah website, untuk itu biasanya pengguna layanan atau seorang web developer akan melakukan migrasi dan memindahkan layanan dari Shared Hosting ke VPS Hosting atau Dedicate Web Hosting yang lebih memungkinkan untuk mengelola sebuah website dengan traffic yang tinggi.

Sama-sama digunakan untuk mengelola website tapi apa bedanya? Kenapa pemula lebih sering menggunakan layanan Shared Hosting? dan kenapa website dengan Traffic yang sudah naik lebih dianjurkan untuk menggunakan VPS Hosting atau Dedicated Web Hosting?

Nah, Kita Akan Membahas Perbedaan Antara Ketiganya:

  1. Shared Hosting

Shared Hosting merupakan salah satu layanan web hosting yang paling banyak digunakan dikarenakan harga sewa layanan web hosting jenis ini tergolong cukup murah, sesuai dan menjangkau kalangan umum. Layanan web hosting yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat bagus untuk para pemula dalam membuat website.

Baca Juga :  Ini Persyaratan UMKM Mekar 2021 Terbaru

Layanan shared hosting ini berarti pengguna atau penyewa layanan berbagi resource server yang sama dengan pengguna lainnya, maksudnya server hosting tersebut digunakan secara bersama-sama dengan pelanggan lainnya tidak digunakan secara pribadi.

Jenis Shared Hosting ini paling banyak digunakan oleh seorang web developer dikarenakan harganya yang cukup murah, sesuai dengan kantong penggunanya terlebih lagi untuk seorang pemula yang ingin membuat website dengan mudah.

Seperti yang telah dijelaskan meskipun harga dari layanan ini cukup murah namun layanan ini memiliki kekurangan jika digunakan untuk mengelola website yang telah memiliki traffic tinggi dikarenakan jika anda menggunakan Shared Hosting anda harus berbagi resource server dengan pengguna lain sehingga website yang anda miliki akan menjadi sedikit lemot atau mengalami gangguan lainnya (downtime) karena hosting yang digunakan menampung beban yang berat dari tiap-tiap website yang tergabung dalam satu layanan Shared Hosting sehingga jika traffic website sudah naik tentunya akan cepat memenuhi kapasitas dari layanan hosting dan berakhir dengan layanan hosting tidak lagi dapat menunjang kelancaran jalannya website karena akan sering terjadi downtime.

Untuk kelebihannya:

  • Harga shared hosting lebih murah dibandingkan dengan layanan web lainnya
  • Memudahkan pemula dalam menggunakan layanan hosting ini
  • Memberikan akses pre configured server
  • Control panel yang disediakan dalam layanan user friendly
  • Menyediakan maintanance oleh penyedia server

Kekurangannya, yaitu:

  • Fitur konfigurasinya minim
  • Tidak mensupport website dengan traffic tinggi
  • Kapasitas ruang dan bandwidthnya terbatas
  1. VPS Hosting

VPS merupakan jenis Hosting yang memanfaatkan teknologi virtualisasi dengan dedicate resource (pribadi) pada server walaupun digunakan oleh banyak user, dilengkapi dengan akses root sehingga dapat mengubah semua pengaturan sesuai kebutuhan tanpa batasan. Server lebih stabil dibanding shared Hosting dan downtime berkurang. Memiliki IP Public khusus, serta dapat menginstall software dilayanan VPS sesuai kebutuhan anda, lebih fleksibel.

Layanan VPS Hosting ini dapat menjadi pilihan jika traffic website anda sudah mengalami kenaikan dan tidak bias lagi ditunjang oleh layanan shared hosting. Dengan memberikan layanan-layanan fitur yang unlimited serta kapasitas yang lebih besar tentunya website anda akan lebih lancar jika menggunakan layanan VPS Hosting ini.

Baca Juga :  Loker Cikarang 2021 Via Email Terbaru

Untuk kelebihan layanan hosting ini, yaitu:

  • Memberikan dedicated space server
  • Cocok untuk digunakan pada website dengan traffic yang besar
  • Menyediakan akses root server
  • Memberikan scalability yang mudah
  • Memungkinkan pengguna untuk mengelola servernya sendiri

 

Ada kelebihan tentu ada kekurangan, diantarnya:

  • Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan shared hosting
  • Penggunanya harus menguasai teknik manajemen server karena akan mengelola servernya sendiri
  1. Dedicated Web Hosting

Dedicated Web Hosting merupakan salah satu jenis layanan hosting. Dengan menggunakan Dedicate Web Hosting anda diumpamakan menyewa sebuah server fisik yang hanya dapat digunakan oleh anda saja, tidak untuk berbagi dengan orang lain. Dedicated Web Hosting merupakan layanan hosting yang cukup fleksibel. Terlebih lagi dengan layanan Dedicated Web Hosting pengguna bisa menentukan konfigurasi sendiri.

Mulai dari sistem operasi yang digunakan, software yang akan atau ingin dipakai, ataupun pengaturan hosting yang sesuai kebutuhan dapat diatur sendiri oleh penggunanya. Ibaratnya, pengguna seperti menyewa sebuah server sendiri.

Dengan kapasitas dan fitur unlimited tentunya layanan ini sangat bagus jika digunakan untuk website dengan traffic tinggi, sehingga dapat menjamin kelancaran jalannya website yang dikelola dengan menggunakan layanan hosting yang satu ini.

Untuk kelebihannya, yaitu:

  • Memberikan akses penuh konfigurasi server
  • Tidak berbagi resource dengan pengguna lain
  • Memberikan akses root server
  • Memberikan jaminan keamanan
  • Memberikan fitur lebih banyak

Untuk kekurangannya, yaitu:

  • Harganya tergolong mahal
  • Harus mengetahui cara manajemen server karna pengguna akan mengelola servernya sendiri.

Setelah penjelasan diatas dapat disimpulkan pada dasarnya Shared Hosting memiliki harga yang lebih murah dibanding dua layana hosting lainnya namun masih memiliki keterbatasan dan segi fasilitas ataupun fitur yang disediakan dalam layanannya, sehingga layanan hosting ini masih belum bisa digunakan untuk menunjang jalannya sebuah website dengan traffic yang besar. Untuk itulah VPS Hosting dan Dedicated Web Hosting dapat menjadi pilihan untuk mengelola website yang lebih besar trafficnya karena menyediakan fasilitas dan fitur yang unlimited.

Itulah perbedaan dari Shared Hosting, Vps Hosting Dan Dedicated Web Hosting. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Sekian, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *