Thursday , July 7 2022
Sejarah Hari Kelahiran Pancasila

Sejarah Hari Kelahiran Pancasila

Topglobal1.com, Sejarah Hari Kelahiran Pancasila- Hari kelahiran pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni yang awalnya ditandai dari pidato presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Pada tanggal 1 Juni 1945 di dalam, sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia –BPUPKI). Pidato yang pertama kali ini berisikan konsep pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Ini Sejarah Hari Kelahiran Pancasila:

Hari kelahiran pancasila diawali dari adanya kekalahan Jepang untuk perang pasifik, kemudian Jepang berusaha mendapatkan hati masyarakat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia untuk membentuk lembaga dengan tugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga :  Sejarah Hari Bidan Nasional (24 Juni)

Lembaga persiapan kemerdekaan yaitu BPUPKI melakukan sidang pertama pada tanggal 29 Mei 1945 di Gedung Chiu Sangi In (Gedung Pancasila). Dengan tujuan sidang ini adalah sebagai pembahasan tema dasar negara.

Sidang BPUPKI berjalan hampir selama 5 hari. Kemudian tepat pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan gagasan bahwa dasar negara dinamai sebagai Pancasila. Panca memiliki arti sebagai lima, lalu sila artinya prinsip atau asas.

Bung Karno menyebutkan bahwa lima dasar negara Indonesia dimulai dari sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi, sila keempat “ Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Baca Juga :  Supaya Dapat Bantuan Pemerintah Di Tahun 2022 Dari Pemerintah Inilah Langkah Registrasi Bantuan Sosial PKH 2022 Lewat Aplikasi Cek Bansos

Agar rumusan Pancasila menjadi lebih sempurna maka dibuatlah dasar Undang-Undang Dasar berlandaskan dari kelima asas tersebut. kemudian BPUPKI membentuk panitia kecil yang dinamakan panitia sembilan.

Panitia sembilan diketuai oleh Ir. Soekarno kemudian beranggotakan Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Kemudian setelah melalui semua proses persidangan, Pancasila akhirnya disahkan pada sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Sidang pada hari tersebut menyetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

Baca Juga :  Sejarah Hari Kejaksaan

Semenjak hari kelahiran pancasila, hal yang perlu diingat adalah bagaimana kita sebagai rakyat Indonesia mampu memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan landasan berfikir dan berperilaku yang bermasyarakat.

Demikian ulasan seputar sejarah hari kelahiran pancasila. Semoga dengan ulasan ini mampu mengingatkan lagi kepada kamu bagaimana perjuangan mendapatkan kemerdekaan yang ditandai dengan pembuatan pancasila sebagai dasar negara. Bahkan dasar negara ini tetap kokoh terpatri hingga hari ini. tetap relevan walaupun zaman sudah banyak berubah.

Sekian dari saya, terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa dilain waktu!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.