Friday , December 3 2021
Tabung Tinta Printer

7 Tips Menggunakan Tabung Tinta Printer Agar Tetap Awet

TopGlobal1.com, Tabung Tinta Printer- Tabung tinta printer biasanya sering kita temui pada printer infus. Bagi teman-teman yang menggunakan printer infus sangat perlu memperhatikan cara penggunaan printer infus yang baik dan benar. Hal ini dilakukan agar printer teman-teman tetap awet dan menjaga  juga hardware dari komputer yang teman-teman gunakan.

Pada printer infus membutuhkan perawatan yang lebih banyak dibandingkan printer dengan pencetakkan catridge. Hal ini disebabkan karena penambahan fungsi  agar mendapatkan hasil cetakan yang lebih banyak. Perawatan yang asal-asalan dapat menyebabkan printer infus tidak berfungsi dengan maksimal.

Baca Juga: 10 REKOMENDASI PRINTER DAN SCANNER TERBAIK, PRINTER ALL IN ONE!!

Faktor yang mendorong user menggunakan printer infus karena terdapat banyak kelebihan seperti penggunaan printer yang lebih mudah didalam melakukan isi ulang tinta, jumlah cetakan yang lebih banyak, dapat terhindar dari kehabisan tinta, management penggunan tinta ketika habis dapat dilakukan dengan mudah.

Namun tentunya dengan banyaknya kelebihan juga dituntut perawatan printer infus yang baik terutama pada tabungnya.

Tips Menggunakan Tabung Tinta Printer Pada Printer Infus Dengan Benar

  1. Posisi letak dan tempat tabung tinta printer

Tips pertama yang paling penting adalah posisi letak dan bagaimana cara meletakkan tabung tinta yang benar. Jarak tabung infus harus dekat dengan printer dan posisi tabung infus harus sejajar dengan printer. Sangat perlu diperhatikan jangan meletakkan tabung infus dibawah ataupun diatas printer.

  1. Jika terjadi kesalahan tingkat tinta pada tangki
Baca Juga :  HP 35A Black Original LaserJet Toner Cartridge, Fungsi Dan Harganya

jika tabung tinta printer teman-teman kecil dan lebih tinggi posisinya daripada tangki besar, teman-teman perlu menguranginya agar kembali tinggi sesuai yang telah disarankan yaitu kecil rendah, dan yang besar tinggi.

Cara mengurangi tinta tersebut sebagai berikut:

  • Bukalan kedua katup penutup tabung tinta printer
  • kurangilah isi tinta pada tabung besar dengan menghisap tinta dengan menggunakan suntik hingga tinta tersisa setengahnya dari kondisi awal.
  • Miringkan tangki perlahan dengan posisi besar dibagain bawah dam kecil di atas. Hal ini dilakukan agar mengurangi tinta pada tangki kecil dan memindahkan ke tangki besar. Ketika pemindahan tinta sudah cukup banyak (sisakan tinta jangan sampai habis) kemudian tutup katup di tangki kecil.
  • Luruskanlah kembali tabung tinta ke posisi semula, kemudia tutup katup besar.
  • Kemudian buka kembali katup kecil agar posisi ketinggian tinta kembali seperti semula.
  • Jika ingin menambahkan tinta, tutp katup perlu ditutup, katup besar dibuka, lalu suntikkan tinta.

Baca Juga: 7 Printer Wireless Terbaik 2021, Wajib kamu catat!!

  1. Penutupan tabung tinta printer dengan katup penutup tangki

Fungsi dari penutup tabung tinta printer adalah penyeimbang dan memposisikan tinta dalam tabung tetap pada posisinya. Tangki tabung tinta sebenarnya memiliki dua bagian yaitu kecil dan besar, sakluran kecil terletak dibagian bawah tabung untuk menjaga agar tinta berjalan ketabung sebelahnya.adanya penggunaan katup-katup pada bagian atas tabung membuat tinta tetap berada pada posisinya.

Baca Juga :  Cara Melihat Iklan Kita Di Facebook Dengan Mudah Dan Dijamin Berhasil

Pada tinta di bagian tabung kecil harus lebih sedikit dengan posisi sejajar terhadap letak ketinggian catridge dan tabung tinta besar merupakan penampungan tinta. Apabila tinta dalam tabung tingginya sejajar maka akan dapat mempengaruhi alur proses berjalannya tinta ke catridge.

Tips Menggunakan Katup Penutup Tabung Yang Benar:

  • Disaat melakukan pencetkkan penggunaan posisi katup yang kecil harus terbuka dan katup yang lebih besar harus menempel dan menutup.
  • Ketika tinta diisi ke tabung, katup kecil ditutup terlebih dahulu kemudian bukalah katup besar, lalu isikan tinta bary ke tabung tangki besar.
  • Jika ingin memindahkan tabung, posisi kedua katup harus tertutup rapat.
  • Pastikan kedua katup tertutup agar tinta ,enjadi sejajar.
  • Pengisian tinta baru harus dilakukan saat sisa 2-3 cm agar menghindari udara masuk.

Baca Juga: Toner Hp 126 A Tahun 2021, Berikut Spesifikasi Lengkap!

  1. Menjaga kebersihan tabung

Kebersihan di area bagian tabung perlu dilakukan. Karena katup selalu terbuka, sehingga debu akan lebih rentan masuk ke dalam tabung alhasil dapat tercampur ke tinta. Jika hal ini terjadi terus menerus akan mengakibatkan tinta tercampur debu yang mengalir menuju cartridge sehingga lambat laut dapat menyumbat cartridge dan merusaknya.

  1. Kondisi saat udara didalam selang bergerak menuju cartridge
Baca Juga :  10 REKOMENDASI PRINTER DAN SCANNER TERBAIK, PRINTER ALL IN ONE!!

Kondisi ini sering terjadi pada printer infus, kondisi ketika bagian dalam selang terdapat angin . Solusinya adalah melakukan head cleaning dengan benar sehingga tinta keluar dan membuangnya melalui cartridge.

  1. Pengaturan selang infus

Letak selang infus harus dutata secara bagus dan bebar lipatan dan tekanan. Maksudnya adalah menghindari terjadinya tekukan selang agar tinta dari tabung dapat mengalir menuju catridge dan tidak terjadi penyumbatan.

Baca Juga: Hp 204a Original Laser Jet Toner Cartridge Tahun 2021, Cek Spesifikasi Disini..

  1. Pemakaian printer secara rutin

Setelah berbagai langkah-langkah perawatan yang telah dilakukan, teman-teman menggunakan printer secara rutin setiap hari ataupun minimal dalam satu minggu sebanyak 4 kali. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kemampetan head karena tinta yang mengering pada bagian head. Jika head mengalami kendala maka hasil cetakan teman-teman  akan berkurang kualitasnya.

Sekian informasi singkat seputar tips perawatan tabung pada printer infus, semoga teman-teman dapat terbantu dengan tulisan ini dan terhindar dari masalah-masalah yang tiba-tiba dapat menggangu printer teman-teman.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *