Monday , September 20 2021
Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram

Sejarah Tahun Baru Islam 1 Muharram dan Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW

Topglobal1.com, Tahun Baru Islam 1 Muharram- Tahun Baru Islam 1 MuharramPeristiwa 1 Muharram Tahun Baru Islam ditandai dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Perhitungan Tahun Baru Islam bermula pada masa Umar bi Khattab R.a tepat 6 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Ketika itu, Umar bin Khatab bermusyawarah dengan para sahabat dan kemudian mereka berijma untuk menjadikan momentum terjadinya hijrah Rasulullah sebagai awal mula perhitungan tahun dalam Islam.

Download: Twibbon Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H Tahun 2021

Sebelum adanya kalender Islam atau kalender Hijriah, masyarakat arab menamai tahunnya dengan peristiwa penting pada tahun tersebut.

Misalnya Tahun Gajah, pada tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut terjadi penyerangan Kabah oleh pasukan yang menunggangi gajah sebagai kendaraan perang.

Peristiwa Penting Tahun Baru Islam 1 Muharram

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram  sebagai Tahun Baru Islam oleh kaum muslimin diawali dengan bulan Muharram yang secara bahasa artinya adalah bulan yang diharamkan. Yaitu bulan yang diharamkan orang-orang arab melakukan peperangan.

BACA JUGA: Sejarah Tahun Baru Islam 1 Muharram dan Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW

Pada bulan Muharram terdapat peristiwa-peristiwa penting. Pertama adalah hari Asyura pada 10 Muharram, pada hari tersebut diyakini sebagai hari kebebasan Musa dari kerajaan Fira’un dan kita disunahkan untuk berpuasa. Kemudian pada bulan ini juga terjadi peritiwa gugurnya Husein bin Ali, cucu Rasulullah di Padang Karbala.

Baca Juga :  10+ Twibbon Euro 2020 Terbaik, Download Gratis Di Link Berikut Ini

Peristiwa penting lainnya pada bulan Muharaam adalah terbelahnya laut merah saat nabi Musa ingin menyebrang lautan bersama kaumnya yang setia dari kekejaman Raja Fir’aun.

Peristiwa lainnya pada bulan ini adalah Nabi Adam As bertobat kepada Allah atas dosa-dosanya dan kemudian tobat tersebut diterima oleh-Nya.

DOWNLOAD: UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM

Amalan Sunnah

Pada hari Asyura dan bulan Muharram merupakan hari bersejarah yang diagungkan dari masa kemasa.

Terdapat beberapa amalan yang dicontohkan Rasulullah SAW  yang dapat diamalkan selama bulan Muharram.

Sebuah hadist menelaskan bahwa

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadlan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim)

Puasa Asyura 10 Muharram

Terdapat satu haru yang afdol untuk berpuasa dibulam Muharaam yaitu pada 10 Muharram. Keutamaan puasa Asyura oada 10 Muharram memiliki keutamaan untuk menghapus dosa selama setahun yang lalu.

Abu Qotadah Al Anshoriy berkata,

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Baca Juga :  Download Gratis Poster Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah 2021 Dengan Desain Keren Dan Menarik

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”(HR. Muslim no. 1162).

Download: Twibbon Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H

Sayyidah Aisyah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam menyatakan bahwa hari Asyura adalah hari orang-orang Quraisy berpuasa di masa Jahiliyah, Rasulullah juga ikut mengerjakannya. Setelah Nabi berhijrah ke Madinah beliau terus mengerjakan puasa itu dan memerintahkan para sahabat agar berpuasa juga. Setelah diwajibkan puasa dalam bulan Ramadhan, Nabi s.a.w. menetapkan:

مَنْ شَاءَ أَنْ يَصُومَهُ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ شَاءَ أَنْ يَتْرُكَهُ فَلْيَتْرُكْهُ

“Barangsiapa yang menghendaki berpuasa Asyura puasalah dan siapa yang tidak suka boleh meninggalkannya.” (HR. Bukhari, No: 1489; Muslim, No: 1987)

Puasa Tasu’a 9 Muharram

Kita disunahkan berpuasa pada hari kesembilan (tasu’a) untuk menyelisihi Yahudi.

Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan puasa Asyura’ dan memerintahkan para sahabat untuk puasa, ada sahabat yang berkata: “Ya Rasulullah, sesungguhnya hari Asyura adalah hari yang diagungkan orang yahudi dan nasrani.”

Baca Juga :  Melalui Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam Sebagai Kegiatan Instropeksi Diri

DOWNLOAD: GAMBAR UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1443 H

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tahun depan, kita akan berpuasa di tanggal sembilan.”

Namun, belum sampai tahun depan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallamsudah diwafatkan. (HR. Al Bukhari)

Seperti dikutip dari Muslim.or.id, Imam Asy Syafi’i dan ulama Syafi’iyyah, Imam Ahmad, Ishaq dan selainnya mengatakan bahwa dianjurkan (disunnahkan) berpuasa pada hari kesembilan dan kesepuluh sekaligus; karena Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam berpuasa pada hari kesepuluh dan berniat (berkeinginan) berpuasa juga pada hari kesembilan. (Syarh Muslim, 8: 12-13)

Dengan demikian, kita melakukan puasa Asyura dengan menambah satu hari sebelumnya yaitu hari Tasu’a, atau tanggal 9 di bulan Muharram.

DOWNLOAD: POSTER UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM

Memperbanyak Sedekah

Dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram ini diperintahkan agar memperbanyak pengeluran dari belanja kita sehari-hari untuk bersedekah, membantu keluarga, kaum kerabat, membantu anak-anak yatim, orang-orang miskin dan mereka yang membutuhkan.

Mengenai hal ini Rasulullah bersabda:

مَنْ وَسَّعَ عَلى عِيَالِهِ وَ أَهْلِهِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَسَّعَ اللهُ عَلَيْهِ سَائِرَ سَنَتِهِ

“Siapa yang meluaskan pemberian untuk keluarganya atau ahlinya, Allah akan meluaskan rizki bagi orang itu dalam seluruh tahunnya.” (HR Baihaqi, No: 3795).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *