Monday , September 20 2021
Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam

Melalui Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam Sebagai Kegiatan Instropeksi Diri

Topglobal1.com, Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam– Di seluruh dunia, tahun baru bagi umat islam adalah 1 Muharram bukan pada 1 Januari yang biasanya dirayakan oleh kaum Muda denga pesta huru hara yang penuh dengen dosa. Adanya pesta alkohol, sex ria, dan kegiatan-kegiatan huru hara lainnya.

Melalui Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam Sebagai Kegiatan Instropeksi Diri

Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram

Peringatan tahun baru Islam misalnya di Kota Padang sangat meriah. Namun ketika virus Covid 19 melanda aktivitas perayaan ini sama sekali tidak dilakukan untuk menjaga masyarakat dari tersebarnya virus Covid 19.

Download: Twibbon Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H Tahun 2021

Jika tahun-tahun sebelumnya banyak kegiatan yang dilakukan pada saat perayaan malam Tahun Baru Islam 1 Muharram. Namun pada tahun ini tentunya sepi dari aktivitas karena pemerintah menerapkan PPKM yang menghimbau masyarakatnya untuk tetap dirumah dalam rangka menjaga diri dari virus Covid 19.

Baca Juga :  Sejarah Tahun Baru Islam 1 Muharram dan Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW

Tahun baru hijriah  atau dikenal sebagai tahun baru Islam diperingati setiap tanggal 1 Muharram. Pada kalender Hijriah, Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Penanggalan kalender hijriah ditandai setelah matahari terbenam.

BACA JUGA: Sejarah Tahun Baru Islam 1 Muharram dan Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW

Bulan Muharram adalah salah satu bulan di kalender Islam diyakini sebagai bulan penuh berkah. Menurut literatur Isam, Muharram dijuluki sebagai “Bulan Allah” atau “Syahrullah” karena bermakna agung dalam sejarah Islam.

WhatsApp Image 2021 07 23 at 19.58.30

Kemuliaan bulan Muharram berada setingkat dibawah bulan Ramadhan. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Hurairah RA:

Baca Juga :  Hari Jadi Kota Kota Medan Ke 431 Tahun, Begini Sejarahnya!!

“Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadan, puasa di bulan apa yang lebih afdal?’ Nabi menjawab, ‘Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharam,” (H.R. Ibnu Majah).

DOWNLOAD: UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM

WhatsApp Image 2021 07 23 at 20.06.10

Kemudian, selain dari penamaannya, keutamaan lain bulan Muharram adalah anjuran untuk berpuasa. Puasa sunah pada bulan Muharam merupakan ibadah dengan pahala yang tinggi. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW: “Puasa yang paling utama setelah Ramadan ialah puasa di bulan Allah, Muharam,” (H.R. Muslim).

Waktu puasa yang sangat dianjurkan pada puasa Muharram adalah pada tanggal 10 di Bulan Muharram atau dikenal dengan puaa Asyura. Umat islam dianjurkan mengiringi puasa Asyura dengan berpuasa pada tanggal 9 dan 11 Muharram.

Baca Juga :  Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Download: Twibbon Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H

Puasa sunah pada tanggal 9 Muharram disebut sebagai puasa Tasu’a.  Salah satu landasan pusa sunah puasa Asyura dan Puasa Tasu’a adalah hadist  riwayat Imam Ahmad bin Hanbal yang memuat sabda Rasulullah SAW: “Berpuasalah kalian pada Asyura (tanggal 10 Muharram). Berbedalah dari kaum Yahudi dengan berpuasa sehari sebelum dan sesudahnya.”

Nah mari kita sebagai umat muslim melaksanakna puasa sunah ini pada bulan muharram nanti. Semoga amal ibadah kita mampu menghapus dosa-dosa yang telah lalu dan sebagai ladang pahala disisi Allah, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *