Tuesday , October 19 2021
Bisnis model Canvas

8 Bagian Bisnis model Canvas, Wajib Tau!

Topglobal1.com, Bisnis model Canvas adalah salah satu model bisnis yang terbukti efektif dengan menggunakan tool dalam strategi manajemen untuk menterjemahkan konsep, infrastruktur, konsumen, keuangan dalam benruk visual.

Bisnis model canvas  menggunakan konsep bergambar ide sehingga setiap orang akan memiliki pemahaman yang sama dan rill terhadap tipe konsumen mereka, cara kerja perusahaan, pengeluaran biaya dan lainnya.

Jika perusahaan berfokus terhadap bisnis model canvas, maka mereka akan mendapatkan beberapa fokus yang jelas. Sehingga memudahkan bisnis dalam berbagai aspek untuk diterapkan oleh perusahaan skala besar maupun skala kecil.

Nah, dalam penerapan bisnis model canvas, terdapat beberapa elemen penting untuk mengarahkan kamu menetukan system kerja perusahaan serta dapat memeriksa apakah aktivitas perusahaan sudah berjalan sesuai dengan sistem atau belum.

8 Bagian Bisnis Model Canvas:

1.Value Proposition

Value proposition merupakan sebuah nilai jual produk atau jasa yang menjadi dasar konsumen dalam memilih perusahaan kamu ketimbang kompetitor.

Value proposition sangat krusial bagi bisnis model canvas  sehingga konsumen akan benar-benar mengetahui apakah perusahaan kamu adalah yang dibutuhkan atau tidak.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda:

  • Apa penyebab masalah itu terjadi?
  • Mengapa konsumen ingin masalah tersebut hilang?
  • Apa manfaat bisnis saya untuk konsumen?

2. CUSTOMER SEGMENTS

Baca Juga :  Jangan Sedih Ga Dapat BLT UMKM, Masih Ada Bantuan PNM Mekaar 1,2 juta Rupiah. Cek Segera Nama Di Banpresbpum.id, Berikut Ini Cara!!!!.

Element berikutnya adalah segmentasi konsumen. Target konsumen dapat dibagai menjadi beberapa segmen sesuai kebutuhan. Seperti usia, gender, hobi dan tingkat konsumerisme.

Untuk mengetahui secara spesifik target konsumen kita, bisa dilakukan dengan menjawab beebrapa pertanyaa dibawah ini.

  • Kepada siapa solusi Anda paling memberikan dampak positif?
  • Apakah solusi Anda cocok untuk perorangan atau bisnis lain?
  • Bagaimana karakter perorangan atau bisnis tersebut?
  • Solusi Anda cocok untuk laki-laki atau perempuan? Atau keduanya?
  • Berapa umur mereka?

3. CUSTOMER RELATIONSHIP

Element penting berikutnya adalah hubungan konsumen. Element yang penting bagi binis model canvas ini digunakan untuk memahami konsumen bagaimana mendekati mereka.  

Untuk mendekati konsumen terdapat beberapa cara, salah satunya  secara personal seperti komunikasi by phone. 

Cara yang paling efektif untuk berinteraksi dengan konsumen atau calon konsumen adalah dengan menentukan target konsumen kemudian membuat mereka mau membeli produk yang kamu jual, serta memberikan informasi seputar produk yang anda jual.

Jika kamu ingin menjangkau konsumen milineal, salah satu cara terampuh adalah dengan berinteraksi melalui channel yang sering didatangi oleh target konsumen seperti instagram, facebokk, whatsapp, tiktok, twitter dan lainnya.

Komunkasi yang sesuai akan memberikan dampak dan inerest yang real bagi perusahaan.

4. CHANNELS

Baca Juga :  5 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik 2021

Melalui channel, bisa dikatakan sebuah tempat pertemuan anda dengan konsumen. Terutama pada bisnis model canvas.

Pertanyaan berikut akan dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi tempat mana yang paling ideal untuk menemukan konsumen:

  • Dimana konsumen Anda berada?
  • Apakah mereka aktif menggunakan sosmed?
  • Apakah mereka suka mendengarkan radio atau aplikasi music?
  • Apakah mereka suka menghadiri event atau seminar?
  • Apakah mereka menonton TV ?

Kemudian kamu dapat menentukan letak iklan apakah melalui billboard, mellaui instagaram, koran, atau media lainnya.

5. KEY ACTIVITIES

Key aktivitas adalah sebuah aktivitas bisnis yang dijalankan sehari-hari agar mencapai value proposition. Beberapa list pertanyaan yang perlu kamu ajukan.

  • Aktivitas bisnis seperti apa yang dapat diterapkan di dalam perusahaan untuk membantu Anda agar konsumen puas?
  • Bagaimana dengan distribusi produk/jasa Anda?
  • Apakah Anda memiliki tenaga ahli untuk menjalankan kegiatan perusahaan sehari-hari?

6. KEY RESOURCES

Kamu membutuhkan sumber daya yang tepat agar tetap kompetitif didalam industri yang sedang kamu jalani. Karena asset yang kamu miliki dapat mendukung semua aktivitas perusahaan kamu. 

Beberapa contoh key resources adalah ruang kerjam karyawan, kendaraan, listrik, dan lainnya.

7. KEY PARTNERS

Baca Juga :  APK Berharap Penghasil Uang, Minimal WD Rp.10.000

Patner kerja dalam bisnis adalah suatu hal yang dibutuhkan bagi perusahaan binis model canvas anda .  

Kamu perlu membangun keunikan produk dan jasa melalui networking yang kamu miliki. Sehingga patner kerja tersebut dapat membantu anda untuk mencapai value proposition.

Contoh ketika kamu membuka usaha bakery, tentunya kamu membutuhkan supplier yang dekat agar bahan yang dikirim selalu fresh. Nah supplier tersenut adalah key patner kamu dalam melakukan bisnis.

Jika Anda menjalankan agensi manajemen media sosial, mungkin key partner Anda adalah sebuah agensi desain grafis untuk memastikan kualitas desain feed media sosial yang baik untuk diberikan kepada para klien.

8. REVENUE STREAMS

Aliran pendapatn dibutuhkan agar perusahaan tetap berjalan. Revenue stream merupakan suatu sumber pendapatan perusahaan dari berbagai sumber baik penjualan dataupun dari deviden serta pinjaman dari pihak lain.

Demikianlah artikel tentang elemen-elemen yang dibutuhkan bisnis model canvas  agar tetap berjalan sebagaimana mestinya dan mendapatkan keuntungan yang diharapkan. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu memberikan inspirasi. Terimakasih telah berkunjung  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *