Monday , May 16 2022
Cara Cek Kapasitor Kipas Angin dengan Multitester Digital

Cara Cek Kapasitor Kipas Angin dengan Multitester Digital

Topglobal1.com, Cara Cek Kapasitor Kipas Angin dengan Multitester Digital– Pernahkan kipas angin dirumahmu tidak mau bergerak atau berputar? Penyebabnya ternyata adalah kapasitor. Bagaimana cara cek kapasitor kipas angin dengan multitester digital?

kapasitor merupakan komponen yang sangat penting pada kipas angin. Tanpa adanya kapasitor otomatis kipas angin tidak akan bisa berputar. untuk itu, kamu perlu tahu cara cek kapasitor kipas angin dengan multitester digital apabila sewaktu waktu kipas kamu rusak.

Bagaimana cara cek kapasitor kipas angin? Ternyata Ada banyak cara untuk mengecek kapasitor kipas angin salah satunya menggunakan alat multitester digital. Lalu bagaimana cara cek kapasitor kipas angin dengan multitester digital?

Mungkin masih banyak yang masih bertanya tanya, apakah penting mengetahui cara cek kapasitor kipas angin dengan multitester digital?

Perlu kamu ketahui bahwa mengecek kapasitor berguna untuk mengecek atau mengetahui kondisi kapasitor apakah masih bagus atau dalam kondisi rusak. Terutama jika kipas angin tidak mau berputar atau mandet.

Komponen kapasitor merupakan komponen yang sangat penting dalam barang elektronik termasuk kipas angin. Kapasitor berfungsi sebagai penggerak mesin kipas angin agar bisa berputar. .

Jadi, tanpa adanya kapasitor, maka kipas angin tidak pernah bisa bergerak atau berputar. Apabila komponen yang satu ini bermasalah, siap siap kipas angin kamu tidak akan berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Rahasia Cara Cepat Menambang di Eobot Tanpa Deposit

Fungsi lainnya dari kapasitor adalah untuk menyimpan arus listrik, sebagai start atau penggerak, pembangkit frekuensi, rangkaian osilator dan lainnya.

Berbagai macam fungsi kapasitor terutama sebagai komponen penggerak mesin kipas angin agar bisa berputar, rasanya sudah cukup untuk membuat kamu perlu tahu cara cek kapasitor kipas angin dengan multitester digital.

Cara cek kapasitor kipas angin dengan multitester digital cukup mudah. Apalagi jika kamu mengecek kapasitor menggunakan alat digital.

Nah, bagi yang belum mengetahui bagaimana cara cek kapasitor kipas angin dengan multitester digital. Buruan di simak ulasan berikut ini !!!

Cara Cek Kapasitor Kipas Angin dengan Multitester Digital

Sebelum kami bagikan cara untuk mengecek kapasitor menggunakan multitester digital, terlebih dahulu kami akan menjelaskan sedikit tentang multitester.

Multitester merupakan suatu alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur lebih dari satu besaran listrik seperti tegangan, kuat arus, kapasitor dan lainnya.

Multitester atau yang dikenal juga dengan nama multimeter terbagi menjadi 2 macam yaitu multimeter analog dan multimeter digital.

Baca Juga :  Cara Cek Tagihan IndiHome Lewat HP dengan Mudah

Multitester digital memiliki nama yang cukup beragam. Ada yang menyebut alat ini dengan nama multimeter, avometer, dan multitester. Meskipun memiliki nama yang berbeda beda, namun ketiga alat ini mempunyai fungsi yang sama yaitu mengukur besaran listrik.

Dari segi penggunaan alat, multitester digital lebih mudah digunakan ketimbang multitester analog. Berbeda dengan multitester digital, kamu harus mengkalibrasi alat multitester terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini lumayan sulit dan membutuhkan lebih banyak waktu.

Jika kipas angin kamu tidak mau bergerak atau berputar dan  tidak berfungsi dengan normal berarti ada masalah pada kapasitor kipas anginnya. Untuk melihat apakah kapasitor kamu rusak atau tidak,  kamu perlu cek kapasitor kipas angin tersebut terlebih dahulu.

Sebelum mengecek kapasitor kipas angin , kamu perlu membongkar mesin kipas angin untuk menemukan kapasitornya. Umumnya, kapasitor kipas angin berbentuk persegi atau tabung yang memiliki dua terminal kabel pada kedua ujungnya.

Tidak terlalu sulitkan untuk mencari keberadaan komponen ini? Jika kamu sudah menemukan kapasitor mesin kipas angin, kamu lepaskan komponen ini dengan cara melepaskan kedua kabel yang menempel di kedua ujung terminal kapasitor.

Jika kamu sudah membongkar kapasitornya, maka lakukan pengecekan menggunakan alat multitester digital.

Baca Juga :  Nano Miner Aplikasi Mining Bitcoin Gratis Menggunakan Smartphone / PC / Laptop

Cara cek kapasitor kipas angin  dengan multitester digital  menggunakan avo meter sangat mudah sekali. Berikut ini cara untuk mengecek kapasitor kipas angin menggunakan multitester digital:

  1. Lepaskan kapasitor kipas angin.
  2. Atur posisi saklar selektor ke tanda atau simbol kapasitor berapa huruf “C”.
  3. Sambungkan kabel kuningan kapasitor pada alat atau multimeter.
  4. Lihat layar pada multimeter.
  5. Baca nilai kapasitansi yang ditunjukkan pada layar.
  6. Nilai yang ditampilkan pada layar multitester akan sama dengan nilai kapasitor yang ada pada badan kapasitor.
  7. Jika pun nilainya berbeda karena sudah lama digunakan, pastikan perbedaan nilai kapasitor tidak terlalu jauh antara nilai yang ditampilkan di layar dengan nilai yang tertera pada badan kapasitor.
  8. Apabila nilai kapasitor mendekati nol, berarti kapasitor tersebut tidak dapat menyimpan daya listrik lagi dan wajib kamu ganti.

Demikian ulasan kami tentang bagaimana cara cek kapasitor kipas angin  dengan multitester digital.  Jika kapasitor kipas angin kamu sudah rusak kamu bisa mengganti dengan kapasitor baru atau membawa kipas angin ke tempat service barang elektronik.

Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat ☺

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.