Tuesday , October 19 2021
Efek Samping Upgrade Ram Laptop

Efek Samping Upgrade Ram Laptop

 Topglobal1.com, Efek samping upgrade ram laptop- Pengguna laptop mungkin ada yang belum paham fungsi ram. Jadi, ram pada laptop merupakan tempat untuk menyimpan data ketika digunakan. Ada beberapa pengguna yang memutuskan untuk upgrade ram karena alasan tertentu. Tanpa tahu ada beberapa efek samping upgrade ram laptop.

Penggunaan pc atau laptop sekarang ini semakin meningkat karena mengingat peran penting dari laptop yang bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti untuk pekerja maupun hanya sekedar bermain game saja. Bahkan tidak jarang para pemilik laptop lebih sering menabung untuk melakukan upgrade komponen pada jeroan laptop.

Sedangkan cara menambah ram laptop juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.  Alasan terbanyak pengguna laptop ingin upgrade ram adalah untuk peningkatan kinerja. Laptop dengan ram besar biasanya lebih mudah dipakai untuk menyimpan game berat, sangat nyaman untuk berselancar di dunia maya, dan lainnya. Kebanyakan dari kalian tidak mengetahui efek samping upgrade ram laptop.

Efek samping setelah upgrade ram laptop banyak hal- hal yang tidak kita inginkan, sebenarnya ketika seseorang memilih untuk melakukan upgrade pada bagian ram laptop menandakan dia membutuhkan ruang yang lebih.

Hal tersebut memang bisa di maklumi mengingat kapasitas penyimpanan dari ram laptop tidak sebesar pc sementara kebutuhan mereka jauh lebih besar maka dia membutuhkan upgrade. Namun tetap saja kamu harus tahu efek samping dari melakukan upgrade ram laptop. Dengan begitu nantinya kamu bisa mempertimbangkan kembali apakah harus tetap melakukan upgrade atau tidak.

Baca Juga :  10+ Game Laptop Offline Ringan Rekomended

Berikut beberapa efek samping upgrade ram laptop :

Efek Samping Upgrade Ram Laptop

  1. Rusaknya hardware ataupun hardisk.

Efek samping upgrade ram laptop pertama, pengguna laptop yang ingin upgrade ram harus paham dulu jenis ram yang akan dipergunakan sebagai pengganti. Baik itu jenisnya atau merek dari ram tersebut. Pastikan cocok dengan perangkat laptop yang dimiliki.

Sangat fatal akibatnya, jika pengguna tidak begitu paham dengan ram yang cocok dengan perangkatnya. Salah satunya adalah kerusakan pada hardware. Bahkan, banyak kasus yang sampai merembet merusak bagian hardisk juga. Pada perangkat laptop akan disediakan 2 slot untuk penempatan ram. Satu slot ada yang sudah disolder oleh produsen, dan ruang lain tanpa disolder. Ruang tersebut bisa dipakai untuk menempatkan ram dengan ukuran lebih besar.

  1. Dapat merusak salah satu ram pada laptop

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, ram kapasitas lebih besar ini akan ditempatkan pada salah satu slot. Artinya, nanti akan ada 2 ram yang terpasang pada perangkat laptop. Pastikan ketika memilih ram baru, mereknya sama dengan ram yang lama.

Baca Juga :  Cara Jitu Atasi Laptop Shutting Down Lama Terbaru Tahun Ini

Tidak hanya mereknya saja, namun juga jenisnya harus sama. Pasalnya, jika berbeda jenis dan merek, tidak jarang akan berpengaruh pada salah satu ram. Kemungkinan paling besar adalah salah satu ram justru jadi rusak. Sangat merugikan sekali jika yang rusak malah ram yang baru.

  1. Kamu akan menghabisakan lebih banyak biaya yang mana jika di bandingkan dengan menambah ram dalam laptop kamu lebih baik lagi membeli laptop baru.

Efek samping upgrade ram laptop lainnya adalah kemungkinan menghabiskan banyak biaya. Pengguna harus tahu, ram itu di pasaran harganya tidak murah. Paling murah saja ratusan ribu, itu pun kualitasnya rendah. Rata-rata memasang ram kualitas rendah tidak bisa menjamin berhasil upgrade dengan baik.

Kalau ingin ram yang berkualitas, pastinya harganya bisa mahal sekali. Harga ram dengan kualitas tinggi biasanya sampai jutaan rupiah. Jika dipikir-pikir, biaya untuk upgrade ram bisa hampir sama dengan membeli laptop baru. Belum nanti jika ternyata tidak berhasil lalu merusak perangkat. Oleh sebab itu, jika tidak terlalu paham komponen laptop ada baiknya pikir-pikir dulu saat ingin upgrade ram. Jangan sampai menyesal sudah menghabiskan banyak uang, tapi laptop malah rusak.

  1. Umumnya ketika melakuka upgrade ram di laptop, laptop akan mengalami kerusakan atau error di bagian kompatible mainvoard dan bagian hardwarenya juga.
Baca Juga :  CARA UPGRADE RAM LAPTOP SUPER MUDAH

Efek samping upgrade ram laptop keempat. Tujuan pengguna laptop melakukan upgrade ram adalah supaya kinerjanya jauh lebih baik. Namun, tidak jarang orang-orang yang sudah selesai upgrade ram justru mengalami laptopnya sering error.

Ini juga merupakan salah satu efek dari menambah ram, tapi caranya salah. Kesalahannya terletak pada pemilihan ram yang akan dipasangkan. Rata-rata memilih yang tidak sesuai dengan mainboard laptop. Apabila terus dipaksa, laptop akan error ketika digunakan.

  1. Garansi bisa hangus

Efek samping upgrade ram laptop terakhir. Rata-rata setelah membeli laptop baru, pengguna akan diberikan garansi pemakaian bukan? Namun, jika ingin klaim garansi ini, pengguna perlu mentaati beberapa syarat yang berlaku. Salah satu syarat tersebut adalah perangkat tidak boleh sampai dibongkar oleh pengguna dengan tujuan apapun sendiri.

Padahal, jika mau upgrade ram perangkat laptop harus dibongkar. Jadi, salah satu efek setelah melakukan upgrade adalah pengguna bisa kehilangan garansi perangkat. Artinya, jika ada kerusakan walaupun masih masa garansi, sama sekali tidak bisa diklaim.

Nah itu lah efek samping upgrade ram laptop yang bisa diketahui. Maka, sebelum melakukannya ada baiknya pengguna berpikir ulang terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *