Fakta Lahir Hari Pancasila

Wajib Tahu! Menarik, 5 Fakta Lahir Hari Pancasila

TopGlobal1.com, Fakta Lahir Hari Pancasila- Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Segala hal yang terkandung dalam Pancasila harus wajib diketahui oleh setiap warga Indonesia.

Pancasila merupakan pondasi bagi negari Indonesia oleh karena itu kita sebagai warga negara harus tahu tentang pondasi negara kita agar negara tetap kokok dan semakin kuat.

Baca Juga: Twibbon Hari Lahir Pancasila Terbaik, Download Gratis Di Link Ini

Ibarat yang di sampaikan oleh Ir Soekarno “kuat karena bersatu, bersatu karena kuat”. Bagaimana kita bisa kuat jika kita sendiri belum tahu tentang pancasila.

Baca Juga: Download Gratis Poster Hari Lahir Pancasila Terbaik Dan Terkeren 2021

Dari zamannya sekolah kita sudah diberikan pengetahuan tentang Pancasila, nah mungkin saat ini ada yang lupa atau belum tahu tentang fakta-fakta Lahir Hari Pancasila. Berikut TopGlobal1 bagikan untuk sahabat semua fakta seputar Lahir Hari Pancasila.

Baca Juga :  6 Tips Bisa Trading Forex Indonesia Untuk Pemula

Fakta Lahir Hari Pancasila

Beberapa Fakta Lahir Hari Pancasila Sebagai Berikut:

Fakta Lahir Hari Pancasila

#1. Fakta Lahir Hari Pancasila Pertama

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bermula dari pidato Soekarno di depan anggota BPUPKI pada tanggal 1 juni 1945.

Baca Juga: 16 Caption IG Ter Best Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021, Yuk Share…

#2. Fakta Lahir Hari Pancasila Kedua

Bung Karno menemukan ide Pancasila saat berada dibawah pohon sukun ketika beliau diasingkan ke ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), saat itulah muncul tiba-tiba ide Pancasila oleh Bung Karno

#3. Fakta Lahir Hari Pancasila Ketiga

Pancasila dirumuskan oleh tiga tokoh penting pada sidang BUPKI. Tokoh tersebut yaitu Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Baca Juga :  16 Caption IG Ter Best Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021, Yuk Share...

Download Gratis  Twibbon Bentuk Dukungan Untuk Palestina Di Link Berikut Ini

#4. Fakta Lahir Hari Pancasila Keempat

Pancasila memiliki lambang burung garuda yang bermakna:

Bulu Lambang burung garuda memiliki lambang yang sangat mendalam, dimana jumlah bulu bagian sayapnya yaitu 17 yang merupakan tanggal kemerdekaan dari negara Indonesia, kemudian jumlah bulu ekor adalah 8 yaitu bulan delapan atau bulan Agustus dimana bulan kemerdekaan Indonesia, jumlah bulu di bagian bawah perisai/pangkal 19 sedangkan jumlah bulu pada leher terdapat 45 bulu memiliki makna tahun kemerdekaan RI yakni 1945.

Kemudian kaki burung Garuda, juga memiliki semboyan negara Indonesia yang berbunyi ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang artinya ‘Berbeda-beda tapi tetap satu’. Serta di bagian dada burung Garuda, juga memiliki perisai yang melambangkan 5 sila Pancasila.

Baca Juga :  BLT UMKM PNM Mekaar Terbaru Sebesar Rp 1,2 Jutaan Bulan ini Cair “Buruan Cek!”

#5. Fakta Lahir Hari Pancasila Kelima

Hari Lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional. Keputusan tersebut dimulai semenjak tahun 2017 sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Selain itu jangan lupa baca ini juga ya sobat:

Itulah beberapa fakta tentang lahirnya hari Pancasila yang wajib sahabat ketahui. Nah semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga share ke teman-teman sahabat yaa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *