Sunday , August 1 2021
Project 1 2021 06 17T151327.925

HP 83A Black Original LaserJet Toner Cartridge, Fungsi Dan Harga

Topglobal1.com, HP 83aMemilih jenis printer yang akan dibeli itu penting karena setiap printer punya kelebihan dan kekurangan. Untuk penggunaan pribadi seperti di rumah, mungkin dampak negatif akibat salah beli printer tidak begitu terasa. Berbeda halnya untuk pemakaian di lingkup perusahaan. Kesalahan dalam membeli printer setidaknya bisa mengakibatkan produktivitas yang terhambat dan biaya pencetakan yang boros.

Sebagai contoh, di lingkup kantor yang sangat mementingkan produktivitas, pada umumnya yang digunakan adalah printer laser. Kenapa? Karena meskipun kualitas warna pada hasil cetakannya rata-rata tidak sebagus printer inkjet, printer laser bisa mencetak lebih cepat dengan kualitas teks yang lebih bagus daripada kualitas teks dari hasil cetakan inkjet.

Baca Juga: HP 35A Black Original LaserJet Toner Cartridge, Fungsi Dan Harganya

Printer Laser adalah printer yang pencetakannya menggunakan teknologi laser. Sumber warna yang digunakan bukan tinta, melainkan toner yang tersimpan di dalam kartrid (cartridge), sedangkan toner itu sendiri berbentuk bubuk kering. Printer ini biasa digunakan untuk pencetakan hitam putih karena efisiensi dan efektivitasnya rata-rata lebih bagus daripada printer inkjet. Meskipun demikian, printer laser dengan konfigurasi empat kartrid juga tersedia untuk pencetakan berwarna.

Printer laser yang dibuat untuk keperluan komersial muncul pertama kali pada tahun 1975 melalui model 3800 yang dirilis IBM. Printer tersebut dirancang untuk menjadi bagian dari pusat data dan setiap menitnya digunakan untuk mencetak 215 halaman. Yang pertama kali memproduksi printer laser untuk kalangan umum adalah Hewlett Packard. Lini produk tersebut diluncurkan pada tahun 1984 dengan nama HP LaserJet dan masih bertahan hingga kini.

Baca Juga :  HP 12A Original Laserjet Toner Cartridge Di Tahun 2021

Baca Juga: Toner HP 78A Black Original LaserJet Toner Cartridge Untuk Printer Apa?

Untuk Printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Selain hasil cetak yang lebih bagus jika disbanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

Toner pada printer laser sangat berpengaruh pada hasil cetakan. Toner pada printer laser membutuhkan pemanasan sementara tinta dalam catridge untuk printer ink jet tak butuh yang namanya pemanasan untuk mencetak. Baik tinta pada catridge printer ink jet maupun toner pada printer laser sama-sama bisa digunakan untuk kebutuhan komersil. Toner yang berbentuk bubuk pada printer laser cara kerjanya srupa dengan mesin foto copy.

Ketika toner habis digunakan maka harus diganti dengan toner yang baru. Toner yang digunakan pada printer laser mencetak dengan menggunakan teknologi infra merah. Jika membandingkan jumlah cetakan dan hasilnya, maka printer laser yang memanfaatkan toner jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan menggunakan printer ink jet dengan tinta pada catridgenya.

Baca Juga :  14 Macam Cartridge Printer Canon

Baca Juga: HP 12A Original Laserjet Toner Cartridge Di Tahun 2021

Fungsi Dan HP 83A Black Original LaserJet Toner Cartridge:

HP 83A
Foto: hp.com

Jika saat ini akan membeli HP 83A Black Original LaserJet Toner Cartridge baik nya membeli di toko resmi agar catridge Toner yang di beli terjamin ke aslian nya, HP 83A Black Original LaserJet Toner Cartridge adalah catridge Toner yang bisa di gunakan untuk 2 printer  ( LaserJet Pro MFP Series HP LaserJet Pro MFP M127fn, LaserJet Pro MFP Series HP LaserJet Pro MFP M127fw ) kemampuan cetak dari catridge Toner 1500 halaman sampai 2200 halaman harga nya Rp1.130.000.

Tapi baik nya harus mengetahui sedikit tentang catridge Toner, catridge Toner ini biasanya di gunakan untuk printer laser. printer laser biasanya hanya menggunakan satu warna dalam mencetak (disebut monochrome) sehingga untuk biaya printer laser warna dua kali lipat lebih mahal dibandingkan tinta inkjet. Printer laser termurah biasanya hanya mencetak dalam satu warna (monokrom).

Biaya printer laser warna setidaknya dua kali lipatnya, dan dalam beberapa kasus toner cartridge lebih mahal daripada tinta inkjet. Perlu diingat bahwa meskipun toner awalnya lebih mahal daripada tinta, kartrid laser dapat bertahan lebih lama dari katrid tinta. Jika Anda lebih sering mencetak teks, akan lebih hemat jika Anda menggunakan printer laser.

Baca Juga :  10 REKOMENDASI PRINTER DAN SCANNER TERBAIK, PRINTER ALL IN ONE!!

Jika Anda memasang kartrid berkapasitas tinggi, biaya bisa turun drastis. Volume dapat mempengaruhi efektivitas biaya printer pilihan Anda. Jika Anda mencetak hanya beberapa ratus halaman per tahun, printer inkjet dapat menjadi salah satu pilihan paling tepat.

Baca Juga: Laptop HP Elitebook 840 g1, Spesifikasi Lengkap Dan Harga

Jika Anda mencetak ribuan halaman, printer laser akan menghemat biaya dalam jangka panjang. Selain itu, jenis pekerjaan atau dokumen yang Anda cetak akan menentukan jenis printer yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memerlukan printer all-in-one yang dapat mencetak gambar, grafis dan teks, printer inkjet akan menjadi investasi yang terbaik.

Hal ini dikarenakan printer inkjet menghasilkan kualitas yang baik untuk teks dan foto. Jika Anda lebih banyak mencetak teks, printer laser adalah pilihan yang lebih baik. Selain itu, printer laser memiliki kecepatan cetak yang lebih tinggi, beberapa merek dapat mencetak hingga 20 halaman per menit atau bahkan lebih cepat, dua sampai tiga kali lebih cepat daripada printer inkjet, dan kualitas teks lebih tajam dan lebih tepat daripada printer inkjet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *