Thursday , December 8 2022
Breaking News
Jelaskan Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN

Jelaskan Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN (Wide Area Network)

Topglobal1.com, Kali ini, kita akan membahas tentang men- jelaskan langkah-langkah mengisolasi permasalahan pada jaringan WAN, sebagai tindak lanjut dari permasalahn yang sedang dihadapi.

Perlu kamu ketahui jika, Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN terbagi dua. Yaitu Tindakan pengisolasian secara hardware, dan Tindakan pengisoalasian secara software.

Tindakan dari kegiatan mengisolasikan permasalahan pada jaringan WAN, merupakan suatu Langkah yang tepat sebagai upaya dalam mencari jalan keluar, perbaikan secara baik hingga jaringan normal kembali.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya, Yuk disimak.

Jelaskan Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN, Ini Jawabannya: 

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, mengatasi masalah dengan cara isolasi jaringan terdapat dua macam, yaitu:

1. Isolasi Kerusakan Perangkat Keras (Hardware)

Sebelum melakukan trouble shooting jaringan terlebih dahulu kita harus mengetahui apakah yang menjadi akar dari permasalahan jaringan tersebut.

Tindakan ini tentunya sangat mempermudah ketika isolasi kerusakan perangkat keras (hardware)

Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam memperbaiki dengan cara isolasi kerusakan perangkat keras adalah sebagai berikut.

  • Periksa Alat 
Baca Juga :  Perangkat Pasif Jaringan Fiber Optik

Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN yang pertama adalah memeriksa secara cermat dan teliti, apakah terdapat kerusakan atau cacat fisik pada perangkat yang menggunakan jaringan.

Jika cacat fisik alat. Maka besar kemungkinan jaringan akan bermasalah.

  • Bacalah Buku Manual Setiap Perangkat 

Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN kedua yaitu membaca buku petunjuk alat.

Tujuannya adalah mempermudah untuk mengetahui kemampuan kerja dari setiap alat yang menghubungkannya pada jaringan.

Membaca buku panduan pada setiap alat itu sangatlah penting. Karena jika kamu sudah mengetahui cara kerja dan fungsi pada tiap-tiap alat, maka akan mempermudah kamu mengetahui kerusakannya dimana.

  • Cek Kerusakan Alat 

Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN  ketiga adalah mengecek kerusakan alat.

Jika terdapat kerusakan pada alat, segeralah untuk langsung melakukan penindakan dengan cara penggantian alat.

Penggantian alat biasanya terjadi pada 8 PIN RJ-45 Plug. Hal ini bisa terjadi karena krimpingan kabel kurang di tekan atau tangkrimping kabelnya sudah tidak layak untuk dipakai.

Selain itu, kerap kali kesalahan yang mengakibatkan kegagalan juga bisa terjadi karena kabel jaringan dipasnag tidak sesuai atau salah. Maka jaringan WAN pun akan bermasalah karenanya.

Baca Juga :  Skema Jaringan WAN (Kelebihan dan Kekurangan)

Lalu Kegagalan pada NIC yang terpasang PC yang akan berakibat putusnya komunikasi sehingga porses transfer informasi mengalami kegagalan.

Dan yang terkahir yaitu adanya kesalahan CSU/DSU yang akibatnya tidak dapat mengirim sinyal sehingga proses komunikasi dan pertukaran data pada jaringan terganggu.

  • Pahami Kemampuan Kinerja Alat

Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN selanjutnya yaitu, jangan memaksakan kinerja alat melebihi kapasitas kemampuan alat.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu pemicu yang jarang diperhatikan.

Karena jarag diperhatikan, maka alat yang tidak bekerja sesuai dengan kapasitas kerjanya, akan mengalami penurunan kinerja, lemot dan bahkan bisa rusak.

2. Isolasi Kerusakan Perangkat Lunak (Software) 

Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN adalah Isolasi kerusakan perangkat lunak (software).

Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan driver perangkat jaringan yang telah disesuaikan serta direkomendasikan oleh pencipta atau pembuat jaringan.
  2. Jangan membiarkan software tanpa adanya software antivirus.  Jika kebiasaan membiarkan software tanpa aplikasi antivirus, maka sangat rentan akan virus. Biasanya perangkat jaringan WAN kerap bisa rusak karena teriveksi oleh virus yang dikirimkan dari jaringan lain. Perangkat jaringan WAN jika sudah terkena dan terinvekasi  serangan virus, maka akan down dan bisa saja hal tersebut yang menjadi penyebab terganggunya koneksi jaringan.
  3. Usahakan untuk selalu menggunakan software untuk memonitoring kinerja jaringan. Dengan adanya proses monitoring, maka setiap terjadi kendala, maka bisa cepat mendeteksi permasalahan melalui koneksi terlebih dahulu.
  4. Lakukan perawatan rutin. Selanjutnya adalah untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal pada perangkat software maupun hardware maka selalu awasi dan lakukan perawatan yang rutin. Dengan dilakukannya perawatan rutin secara berkala pada jaringan,  hal ini sangat diperlukan sehingga bisa meminimalisir kemungkinan kemungkinan yang terjadi dalam kerusakan atau permasalahan pada jaringan WAN.
Baca Juga :  Perangkat Pasif Jaringan Fiber Optik

Karena biasanya kesalahan pada software WAN dapat terjadi seperti pada:

  1. Kesalahan pada proses konfigurasi kartu jaringan pada slot motherboard,
  2. Kesalahan saat proses konfigurasi jenis kartu ISA,
  3. Kesalahan pada proses pengaturan IP Address.

Pertanyaan dari Jelaskan Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN (Wide Area Network)? sudah  bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah pada jaringan WAN kan.

Semoga bermanfaaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.