Monday , May 16 2022
Skema Jaringan WAN

Skema Jaringan WAN (Kelebihan dan Kekurangan)

Topglobal1.com, WAN itu merupakan kepanjangan dari Wide Area Network. WAN memiliki skema jaringan WAN yang mampu menjangkau area secara luas dan menyeluruh bahkan negara dan bisa juga benua. 

WAN ini terdiri dari beberapa penggunaan mesin yang tujuannya adalah untuk bisa menjalankan berbagai macam program-program yang ada pada aplikasi. 

Perlu sobat ketahui bahwa mesin-mesin yang digunakan untuk WAN ini berfungsi sebagai host dan nantinya akan ada istilah end system yang sebagian kecil saja sering menggunakan ini pada bagian literatur.

Host ini nantinya akan dihubungkan dengan subnet yang berperan dalam komunikasi nantinya. Subnet inilah yang akan memberikan pesan dari host ke host lainnya. 

Subnet ini layaknya dan tak ubahnya sama seperti telepon yang membawa pesan dari orang yang berbicara ke orang yang mendengarkan pesan tersebut. 

Adanya pemisahan mulai dari komunikasi murni yang kita sebut subnet tadi yang bermula dari aspek- aspek aplikasi yang ada, jaringan yang dirangcang jauh lebih sederhana rancangannya secara lengkap.

Nanti akan ada istilah element switching dimana elemen ini memiliki peran dalam menghubungkan dua kabel transmisi atau bahkan bisa lebih dengan adanya penggunaan komputer khusus untuk itu. 

Baca Juga :  Jelaskan Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN (Wide Area Network)

Ketika data telah sampai pada kabel penerima, maka elemen ini nantinya akan memilih kabel pengiriman yang bertujuan untuk meneruskan pesan-pesan yang ada. 

Terminologi standar tidak tersedia dalam hal ini sehingga elemen ini sangat banyak namanya yang dikenal oleh khalayak ramai mulai dari paket switching node, penamaan intermediat system, kemudian ada yang menamai data switching exchange dan pastinya masih banyak lagi yang lainnya. 

Setiap host yang ada nantinya akan dihubungkan dengan LAN. Pada LAN ini terdapat router. Meskipun seperti yang kita ketahui bahwa ada sebagian dari host yang bisa kita hubungkan secara langsung dengan router. 

Kumpulan dari beberapa router ini nantinya akan membentuk subnet khusus lagi namun mereka bukanlah host. 

WAN ini merupakan kumpulan dari LAN yang bisa berfungsi karena adanya penghubungan alat-alat yang digunakan untuk komunikasi modem dan juga dapat digunakan untuk jaringan internet. 

Penghubungan jaringan inimulai dari/ke kantor pusat ke kantor cabang dan bahkan antar kantor cabang sekalipun. 

Dengan adanya WAN ini mampu memberikan kemudahan kepada kita dari sistem jaringannya untuk melakukan pertukaran data antar kantor. Hal ini bisa dilakukan dengan cepat tanpa perlu khawatir untuk lama dalam penerimaan data. 

Baca Juga :  Perangkat Pasif Jaringan Fiber Optik

Selain itu, dengan adanya WAN ini tentunya biaya yang kita keluarkan cukup sedikit dan relatif murah. 

Seperti itulah skema jaringan WAN saat ini yang harus sobat ketahui.

Berdasarkan skema jaringan WAN tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan yang bisa dirasakan atau dialami.

Berikut  kelebihan dan kekurangan dari skema jaringan WAN

  1. Kelebihan dari skema jaringan WAN
    1. Kantor pusat yang ditetapkan sebagai server dapat berperan sebagai penyimpanan data atau bank data yang diterima dari kantor cabang
    2. Kelebihan kedua bisa melakukan pengaksesan jangkauan area secara luas dan menyeluruh
    3. Komunikasi yang terlaksana bisa terjadi antar kantor cukup melalui email dan bisa juga menggunakan chat
    4. Pengiriman dokumen dan sejenisnya yang biasanya bisa dikirim melalui fax atau pos, bisa dilakukan melalui transfer file dari / ke kantor pusat maupun kantor cabang dengan penggunaan email yang hanya mengeluarkan biaya relatif murah
    5. Jangka waktu pengiriman pastinya lebih cepat dibandingkan cara lama yang kita gunakan
    6. Aktivitas pooling data maupun updating data antar kantor tentunya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
  2. Kekurangan dari skema jaringan WAN
    1. Penggunaan jaringan WAN ini lemah pada biaya operasional yang terbilang mahal dan pada umumnya prosesnya lama
    2. Penggunaan jaringan WAN ini diperlukan adanya firewall yang baik
    3. Penggunaan jaringan WAN ini sangat rentan dengan yang namanya hacker dan pastinya tidak aman dari ancaman yang berasal dari luar
Baca Juga :  Jelaskan Langkah-langkah Mengisolasi Permasalahan pada Jaringan WAN (Wide Area Network)

Penciptaan infrasturktur WAN ini bisa terwujud dan dapat digunakan jika telah menggabungkan beberapa perangkat agar bisa terlaksananya skema jaringan WAN. Berikut perangkat-perangkat yang dibutuhkan tersebut.

  1. Untuk perangkat pertama yang perlu ada yaitu router
  2. Kemudian perangkat kedua adalah ATM switch
  3. Lalu harus ada perangkat modem
  4. Harus ada CDU/DSU
  5. Harus ada communication server
  6. Harus ada multiplexer
  7. Harus ada frame relay switches atau yang sering dikenal dengan istilah X.25

Untuk bisa menghadirkan WAN ini sobat literasi harus melengkapi perangkat – perangkat yang disebutkan di atas, semakin lengkap perangkat yang tersedia maka akan semakin memudahkan kita untuk menikmati kemudahan-kemudahan dari penggunaan WAN.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai skema jaringan WAN. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.