Friday , December 3 2021
Layar Laptop Tidak Muncul Menu

Cara Paling Tepat Atasi Layar Laptop Tidak Muncul Menu

Topglobal1.com, Cara Paling Tepat Atasi Layar Laptop Tidak Muncul Menu- Salam literasi untuk semua sobat literasi, kali ini akan ada artikel menarik mengenai layar laptop tidak muncul menu lho.

Hello sobat literasi… seiring perkembangan zaman, dulunya kita hanya mengenal komputer sekarang sudah ada komputer portable yang sering sekali kita sebut dengan nama laptop. laptop ini sangat membantu setiap penggunanya dalam menyelesaikan setiap aktivitas yang dikerjakan. 

Namun, seiring dengan adanya penggunaan laptop yang terlalu dipaksakan kerap kali laptop yang kita gunakan mengalami penurunan performa. Dulunya laptop yang kita gunakan sangat lancar tanpa ada gangguan saat digunakan, sekarang menjadi lemot dan tidak kuat lagi.

Salah satu masalah yang sering sekali kita temui adalah masalah layar laptop tidak muncul menu. Kebanyakan dari pengguna laptop apabila menu pada layar laptop tidak muncul akan merasa panik dan takut jika laptop yang digunakan mengalami suatu masalah yang besar. 

Perlu sobat ketahui bahwa layar laptop tidak muncul menu ini sering sekali terjadi dan pada umumnya peristiwa ini sering dikenal dengan istilah black screen. 

Permasalahan layar laptop tidak muncul menu ini sangat erat kaitannya dengan yang namanya gangguan sistem operasi suatu laptop yang kita gunakan. Apabila permasalahan ini sobat alami, sobat literasi tidak perlu khawatir ataupun panik, sobat hanya perlu install ulang laptop.

Penyebab layar laptop tidak muncul menu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Selain sistem operasi laptop yang bermasalah, bisa juga disebabkan karena adanya update driver grafis ataupun adanya pembaharuan fitur-fitur pada laptop yang kita gunakan. 

Apabila masalah layar laptop tidak muncul menu terjadi pada laptop yang kita gunakan, kita perlu mengatasinya dengan cepat, cermat dan tepat.

Berikut Cara untuk Mengatasi Masalah Layar Laptop Tidak Muncul Menu:

  1. Sebelumnya sobat perlu cek terlebih dahulu apakah laptop yang sobat gunakan masih bisa bekerja dengan baik atau tidak
  2. Apabila laptop yang sobat gunakan masih dalam keadaan melakukan install fitur dan juga memiliki kapasitas file yang berat, maka laptop membutuhkan waktu lama untuk dapat memunculkan menu tampilan layar kembali.
  3. Sobat bisa memastikan masalah pada poin 2 sudah selesai atau belum dari lampu LED laptop
  4. Apabila lampu LED laptop masih berkedip, maka proses install masih berlangsung
  5. Apabila lampu LED laptop tidak menyala, maka proses pemasangan sudah terhenti atau tidak bisa dilanjutkan
  6. Apabila lampu LED laptop mati, hal yang perlu sobat lakukan selanjutnya adalah mematikan dan menghidupkan ulang laptop yang sobat gunakan. 
  7. Sobat hanya perlu menekan tombol power pada laptop.
  8. Sobat perlu ingat dan pastikan bahwa laptop yang digunakan sedang tidak terhubung dengan jaringan internet ataupun tidak sedang dicas. 
  9. Cara lain untuk menghidupkan layar laptop bisa sobat tekan tombol windows yang terdapat pada keyboard laptop
  10. Selanjutnya, sobat perlu menekan tombol CTRL + SHIFT dan B yang ada pada tombol keyboard. 

Apabila langkah-langkah untuk menghidupkan kembali layar laptop tidak muncul menu tadi, maka sobat perlu melakukan tindakan-tindakan selanjutnya dengan melakukan pengalihan mode laptop ke safe mode. 

Untuk mengaktifkan mode laptop ke safe mode ini, sobat tidak perlu ribet ataupun sobat tidak perlu harus pergi ke service senter, karena hal ini bisa sobat lakukan sendiri dengan menekan tombol SHIFT + tombol power pada laptop yang sobat gunakan masing-masing. 

Penekanan tombol SHIFT + tombol power ini harus ditekan secara bersamaan bukan ditekan satu-satu. Setelah itu, maka sobat lanjutkan untuk memilih pilihan restart. Itulah cara pertama yang bisa kita lakukan untuk atasi masalah layar laptop tidak muncul menu. 

Baca Juga :  Manfaat Skema Board Baterai Laptop!

Baca Juga: Cara Scan di Laptop Tanpa Printer

Selain cara di atas, sobat juga bisa melakukan cara lain untuk mengatasi masalah layar laptop tidak muncul menu. Apabila masalah ini terjadi akbibat perangkat lainnya, maka sobat perlu mencoba langkah-langkah dibawah ini.

Yuk Simak Informasi Berikut Ini Cara Paling Tepat Atasi Layar Laptop Tidak Muncul Menu:

  1. Caranya dengan memasang kembali kartu grafis, RAM dan perangkat keras lainnya
  2. Langkah pertama yang perlu sobat lakukan adalah sobat perlu melepaskan casing laptop pada bagian bawah
  3. Apabila casingnya sudah lepas sobat perlu menemukan kartu grafis dan keluarkan kartu grafisnya
  4. Setelah itu, sobat perlu memasang kembali kartu grafis pada slot PCIe sampai adanya bunyi klik
  5. Sobat perlu memastikan bahwa kabel daya laptop terpasang dengan kuat
  6. Setelah itu, sobat juga perlu memasang kembali RAM dengan menekan tuas yang terdapat pada bagian tepi hingga terdengar bunyi klik lagi
  7. Sebelum memasang kembali casing bagian bawah laptop sobat perlu memastikan bahwa semua kabel yang ada sudah terpasang dengan baik, benar dan tepat. 
  8. Setelah itu, sobat bisa memasang kembali casing bagian bawah laptop dan menghidupkan kembali laptop yang sobat gunakan.

Itulah cara-cara yang dapat kita lakukan apabila laptop yang kita gunakan mengalami masalah layar laptop tidak muncul menu. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *