Sunday , August 1 2021
WhatsApp Image 2021 06 16 at 22.56.05

Apa Itu Led Laptop?

Topglobal1.com, Led Laptop– LED atau Light Emitting Diode merupakan layar yang dapat memancarkan cahaya yang terdiri atas komponen dioda elektronik. Perlu sobat ketahui bahwa layar merupakan salah satu perangkat yang dapat memberikan hasil input dan output dari sebuah komputer khususnya tampilan laptop yang mampu menampilkan keluaran setiap proses komputasi.

LED laptop adalah teknologi terbaru yang dihadirkan dengan lebih hemat energi dan memiliki kualitas layar yang lebih jernih. Selain LED laptop ini dapat memancarkan cahaya, LED laptop juga dihadirkan dengan kelebihan dapat mengeluarkan emisi cahaya.

WhatsApp Image 2021 06 16 at 22.56.05

LED laptop ini berdasarkan indera penglihatan dibedakan menjadi 2 macam yaitu :

  1. Dapat dilihat, seperti yang biasa kita lihat sehari-hari ketika menggunakan komputer khususnya laptop yang sobat miliki
  2. Tidak dapat dilihat, seperti sinar inframerah yang dapat sobat manfaatkan dalam keadaan gelap

Baca Juga: 5 Tipe Chromebook Laptop Terbaik 2021

LED laptop ini merupakan generasi penerus dari LCD (Liquid Crystal Display) laptop. Hal yang perlu sobat ingat, berdasarkan namanya LCD ini memiliki makna cairan yang memiliki arti layar yang terdiri atas komponen molekul-molekul kristal cair yang apabila berada dalam keadaan sejajar dan diberi energi listrik, maka mampu mengahasilkan cahaya yang dapat memberikan berbagai informasi sama halnya dengan LED laptop yang merupakan generasi kedua setelah LCD.

Baca Juga :  6+ Game Laptop Seru Populer

Produsen laptop saat ini lebih banyak menggunakan LED laptop sebagai perangkat yang dapat memberikan input dan output dari teknologi terbaru yang telah dihadirkan. Hal ini karena LED ini dibekali dengan teknologi yang mampu memakai daya listrik yang lebih hemat dan irit tersebut.

Baca Juga: Laptop HP Elitebook 840 g1, Spesifikasi Lengkap Dan Harga

Pemakaian energi listrik untuk LED ini tergantung dengan ukuran laptop yang sobat miliki dan pada umumnya memiliki pemakaian energi listrik kurang dari 8 Watt. Laptop-laptop keluaran tahun 2009 ke atas pada umumnya juga memiliki daya tahan baterai yang bisa dikatakan memiliki ketahanan yang cukup lama atau yang lebih kita kenal dengan istilah sederhananya hemat baterai.

LED selain memiliki energi yang hemat, LED juga memiliki kualitas gambar yang sangat mumpuni dengan hasil yang lebih cerah dan lebih tajam sehingga memberikan kepuasan kepada pengguna LED laptop. LED ini memiliki kualitas gambar dengan hasil yang cerah dan tajam, disebabkan karena adanya teknologi Dinamic Contrast Ratio yang terdapat pada LED laptop.

Baca Juga :  20+ Tempat Service Laptop Palembang

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tas Laptop Lazada tahun 2021 “Keren dan Elegan Sekali”

LED ini memiliki umur pemakaian yang terbilang lama yaitu mampu bertahan sampai 100.000 jam dengan perhitungan tahun selama 18 tahun lamanya dengan pemakaian selama kurang lebih 15 jam sehari.

LED memiliki cara kerja dimulai dari penemuan elektron yang dapat mengalir melalui sambungan P-N sehingga mampu melepaskan energi dalam bentuk energi cahaya dan energi panas. LED saat ini lebih banyak menggunakan cahaya dengan warna merah, kuning dan hijau.

Perlu sobat ketahui bahwa selain 3 warna tersebut ada satu warna LED laptop yang juga sering digunakan, namun untuk mendapatkan warna tersebut sangat langka sehingga sangat susah untuk didapatkan. LED  dirancang dengan lebih meningkatkan daya pengeluaran cahaya dengan cara memperoleh emisi cahaya yang diperoleh dari semikonduktor dan melalui cara doping.

Baca Juga :  10+ Game Laptop Offline Ringan Rekomended

Baca Juga: 3 Jenis Laptop Gaming MSI GTX 1050 Ti Nvidia GeForce

Perlu sobat ketahui cara doping ini merupakan cara untuk memperoleh cahaya dengan memakai Galium, Arsenik dan Fosfor sehingga menghasilkan warna-warna yang unik sesuai dengan unsur yang digunakan.

Perlu sobat ketahui juga, LED laptop memiliki perbedaan dari LCD laptop dari generasi sebelumnya. Hal yang paling jelas membedakan keduanya adalah kabel inverter yang tidak diterapkan pada LED laptop. Sementara itu, LCD laptop menggunakan kabel Inverter.

Baca Juga: Review Laptop MSI GTX 1650 Super Termurah

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat kita katahui poin-poin inti kelebihan dari LED laptop yaitu.

  1. memiliki Contras Ratio yang lebih panjang dari generasi sebelumnya yaitu LCD laptop
  2. memiliki umur pemakaian yang cukup lama
  3. memiliki ketajaman gambar yang lebih tinggi dan tajam
  4. memiliki teknologi yang lebih hemat pengkonsumsian daya listrik
  5. memiliki komponen yang ramah lingkungan
  6.  memiliki layar dengan warna yang jelas dan terang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *