Monday , May 16 2022
Membuat Lampu Aquarium dari Cas Hp

Cara Membuat Lampu Aquarium dari Cas Hp dengan Bahan Sederhana

Topglobal1.com, Membuat lampu Aquarium dari cas Hp sangatlah sederhana, hanya menggunakan 5 buah LED. Sumber tegangan listrik lampu ini menggunakan cas charger Hp dengan spesifikasi output 5V 2A DC. Untuk bodynya menggunakan triplek.

Bagi kalian penggemar aquarium tentu sudah paham dan mengerti bahwa penerangan sangat diperlukan makhluk hidup di dalam tangki, baik tanaman air, ikan-ikan hias ataupun makhluk air lainnya selain itu memberi penerangan pada aquarium membuat warna dan kesan tersendiri jika dilihat pada saat malam hari. 

Tidak terkecuali aquarium air tawar ataupun air laut, keduanya membutuhkan cahaya. Cahaya yang paling ideal untuk penerangan aquarium/ aquascape adalah cahaya matahari sesuai dengan ekosistem dan habitat alam dimana mereka hidup. 

Sinar matahari memberikan kebutuhan yang sangat cukup bagi semua makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan di dalam air. 

Ketika kita membuat aquarium, kemungkinan besar tidak akan mendapat suplai sinar matahari secara langsung dikarenakan sangat  jarang sekali penghobi ikan hias yang menempatkan tangki aquarium di luar rumah yang terkena langsung sinar matahari yang ditaruh didalam rumah atau di dalam kamar.

Untuk itu kalian perlu tambahan cahaya untuk menerangi aquarium kalian, untuk itu kami akan memberi pengetahuan baru untuk kalian yaitu membuat lampu Aquarium dari cas Hp.

Cara membuat lampu Aquarium dari Cas Hp

Bahan dan alat yang dibutuhkan membuat lampu Aquarium dari cas Hp

  • Triplek tipis berwarna putih ukuran 10 cm X 24 Cm
  • Cas hp dan kabel Usbnya
  • Paku ukuran 1.5 CM
  • Spidol berwarna Hitam
  • 5 buah LED
  • Lem kayu
  • 8 kabel dengan ukuran 3 cm ( 4 hitam dan 4 merah
  • Solder dan timah
  • 1 buah ukuran Resistor di atasnya yaitu 15 Ohm atau bisa juga 16 Ohm atau 18 Ohm ( warna gelang : biru, abu – abu dan hitam )
  • Lem kayu merk yang Rp. 10.000.

 

Langkah-langkah Membuat Lampu Aquarium dari Cas Hp

  1. Potong triplek menjadi 4 bagian 2 ukuran nya panjang 4 Cm X24, 2 nya lagi dengan ukuran 1 X 24
  2. Setelah kalian potong, ambil satu dari ukuran 4 cm tadi tandai dengan spidol menjadi 5 bagian tanda
  3. Setelah itu tanda yang diberi dengan spidol hitam tadi lubangi dengan paku yang telah kalian sediakan tadi dengan jarak 3 cm perlubang, gunannyalubang ini di buat untuk memberi tema pada lampu LED yang kita sediakan tadi.
  4. Setelah berulang masukan 5 buah bola LED yang telah disediakan tadi jangan lupa untuk memberi tanda ( – + ) pada papan triplek tadi yang kalian lubangi tadi, agar dalam pemasangan kabel kita sudah tahu kaki lampu yang positif dan negatif.
  5. Sambungkan kabel yang yang telah disiapkan tadi, menggunakan timah dan solder, untuk ujung kabel diberi sedikit timah dari solder agar mempermudah dalam menyatukan atau merangkai kabel nantinya.
  6. Untuk kabel berwarna hitam kalian pasang untuk tanda negatif ( – ) sedangkan kabel berwarna merah pasang pada tanda positif, saling sambung menyambung ya.
  7. Setelah semua kabel tersambung dan berbentuk rangkaian, nah rangkaian tersebut disebut dengan rangkaian paralel.
  8. Sambung ukuran Resistor di atasnya yaitu 15 Ohm atau bisa juga 16 Ohm atau 18 Ohm tadi ke bagian positif ( + ) input listrik rangkaian Led
  9. Setelah terpasang ukuran Resistor di atasnya yaitu 15 Ohm atau bisa juga 16 Ohm atau 18 Ohm tadi kalian ambil kabel Usb dari cas hp tadi, sambungkan kabel usb tadi ke bagian resistor tadi untuk kabel positif merah dan kabel negatif hitam
  10. Setelah terpasang kalian memasang bagian triplek yang dibagi tadi membentuk sebuah kotak, kalian bisa  memberi lem pada pinggiran triplek jangan sampai kena lampu dan kapasitor tadi yah.
  11. Agar lampu kuat menempel pada triplek kalian biasa gunakan lem Lilin biar lampu dan kapasitor tidak lari lari dari tempatnya.
  12.  Kurang lebih seperti gambar di bawah ini : 12az
  13.  Jika sudah terpasang maka kalian sukses membuat Lampu Aquarium dari cas Hp
Baca Juga :  6 Cara Cek Pemilik Nomor HP Tidak Dikenal

13az 15az

Manfaat membuat Lampu Aquarium dari cas Hp

  • Hemat biaya
  • Mengasa kreatifitas
  • Bisa lebih inovatif dan kreatif lagi
  • Warna lampu LED sesuai dengan kehendak kita

Nah itulah cara membuat lampu Aquarium dari cas Hp, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat, dan jangan lupa untuk follow dan share agar ilmu yang kalian dapatkan bisa berbagi dengan orang banyak, sekian dan terima kasih.

Baca Juga :  7 Situs Penambang Uang Bitcoin Terbaik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.