Thursday , July 7 2022
Hari Penjaga Perdamaian PBB

Sejarah Hari Penjaga Perdamaian PBB (International Day of UN Peacekeepers)

Topglobal1.com, Hari penjaga perdamaian PBB diperingati setiap tanggal 29 Mei sebagai bentuk penghargaan terhadap semua pria dan wanita yang telah berjasa melayani operasi penjaga perdamain PBB dalam tingkat profesionalisme, keberanian, dan juga dedikasinya.

Ini Sejarah Hari Penjaga Perdamaian PBB:

Untuk menghormati kenangan dari orang-orang yang telah hilang nyawanya demi perdamaian maka pada tanggal 29 mei diperingatkan sebagai hari penjaga perdamaian PBB. Peringatan hari tersebut dikukuhkan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 11 desember 2002 setelah acara adanya permintaan resmi dari Asosiai Pasukan Penjaga Perdamaian Ukraina dan Pemerintah Ukraina untuk majelis umum PBB.

Baca Juga :  Sejarah Hari Koperasi (12 Juli 1947)

Pada tanggal 29  mei ini juga ditandai sebagai ulang tahun organisasi pengawasan gencatan senjata PBB (UNTSO) pada tahub 1948. Organisasi ini berfungsi sebagai pemantau genjatan senjata perang arab-israel 1948 sebagai misi penjaga perdamaian PBB untuk pertama kalinya.

Pemerintah  Indonesia menyambut baik tema hari penjaga perdamaian PBB. Mereka menilai bahwa melalui peringatan hari penjaga perdamaian PBB sebagai momentum untuk mengenag jasa para personel pasukan penjaga perdamaian dunia.

Sejak dibentuknya pasukan perdamain PBB  sudah tercatat korban tindakan kekerasan yang gugur dalam bertugas sebanyak 3.400 personel dari tahun 1948 hingga 2016. Personel yang tercata ini sering menjadi korban tindakan kekerasan dari kelompok bersenjata radikal.

Baca Juga :  Sejarah Hari Krida Pertanian

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengirimkan pasukan dan personel penjaga perdamaian PBB  sehingga Indonesia juga ikut serta dalam menyampaikan penghargaan  bagi para personel pasukan perdamaian dari negara Indonesia.

Saat ini Indonesia sudah tercatat megirimkan pasukan dan personel untuk operasi pemeliharaan perdamian PBB sebanyak 2.722 personel. Menjadi urutan 11 negara penyumbang terbesar. Sejak tahun 1957 Indonesia telah mengirimkan 35.631 personel pasukan penjaga perdamain untuk 25 operasi pemeliaharaan perdamain PBB.

Baca Juga :  Sejarah Hari Dermaga 17 Juni

Dari peringatan hari penjaga perdamaian PBB bisa diambil pelajaran bahwa betapa besarnya jasa para pahlawan dimasa lalu hingga saat ini. Tidak akan ada hal yang cukup membayarkan jasa mereka yang telah gugur ini. seharusnya kita bersyukur bisa hidup damai karena perjuangan para pahlawan perdamuan PBB.

Sekian ulasan mengenai sejarah hari penjaga perdamaian PBB. Semoga dengan artikel ini menjadi penambah wawasan kamu terhadap sejarah.  Jangan pernah lupa dnegan jasa para pahlawan. SEE YAA!!!

Baca Juga: Link Desain Twibbon Hari Penjaga Perdamaian PBB

Leave a Reply

Your email address will not be published.