Monday , September 20 2021
High Torque Motor

High Torque Motor, Berikut Motor Negeri +62 Yang Menggunakannya!

Dalam bahasa inggris, torsi disebut dengan torque. Torsi bisa pula anda sebut sebagai gaya dorong yang dihasilkan oleh mesin dari posisi diam yang bisa jadi acuan dalam menilai performa kendaraan. Dengan demikian berarti besaran torsi bisa menggambarkan kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan. Jika torsinya semakin besar, maka akselerasi untuk mencapai kecepatan maksimalnya semakin baik.

Apa Itu high torque motor menjadi pengetahuan yang wajib dimiliki bagi anda pengendara sepeda motor. Pasalnya, dengan mengetahui arti istilah tersebut, maka anda bisa menilai performa dan juga kinerja mesin motor pada spesifikasi tertentu. Torsi sendiri menjadi pertimbangan bagi yang ingin membeli sepeda motor baru sebagai alat transportasi, mengenai seperti apakah sepeda motor yang anda butuhkan.

Baca Juga:  9+ Jenis Lazada Spare Part Motor Honda, Berikut Harga Lengkap!

High torque motor adalah gaya dorong yang di hasilkan oleh mesin dengan kekuatan besar. High torque motor yang besar akan sangat berperan dan berguna pada kondisi jalanan umum, padat kendaraan. Setiap pabrikan yang diperuntukan bagi pengguna harian dimana settingan akan lebih mengutamakan torsi dari pada top speed.

Khusus masyarakat pedesaan sangat cocok menggunakan high torque motor karena sebagaimana kita ketahui bahwa alam dipedesaan adalah pegunungan atau jalanan batu terjal berlumpur dengan tanjakan. Jadi sangat di butuhkan high torque motor untuk melewati medan tersebut.

Baca Juga :  Box Motor Second Cuma 20 Ribuan... Yukk, Cek di Sini!

Baca Juga: Lazada Stiker Motor Dan Jenis-Jenis Stiker Motor

Kita harus tahu perbedaan power motor dengan high torque motor. Untuk motor listrik beda dengan motor biasa torsi nya, untuk motor listrik di sebut juga High torque motor dc yang mana Motor listrik yang membutuhkan suplai tegangan arus searah atau arus DC (Direct Current) pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Kumparan medan pada motor tersebut disebut stator, dan kumparan jangkar disebut rotor. Tapi kita tidak membahas high torque motor dc, kita membahas di sini high torque motor yang umum di gunakan orang banyak.

Sama kita ketahui tadi high torque motor adalah gaya atau energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mesin diam sampai kendaraan bergerak. Sedangkan power motor, agar lebih memahami apa itu daya motor (power) yang sering anda temui dengan satuan daya kuda? Daya atau tenaga motor adalah nilai yang menunjukkan saat sebuah gaya dilakukan. Daya kuda didapatkan dengan mengalikan torsi dengan rpm.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik dan Berikut Harga di Lazada

Tenaga atau daya kuda merupakan satuan untuk mengukur daya keluaran pada mesin yang bekerja dengan faktor waktu tertentu. Daya ini akan berhubungan dengan kecepatan kendaraan. Jika motor memiliki high torque motor dan high power motor, maka kombinasi motor tersebut memiliki kecepatan yang tinggi. Pada penampakan atau desain motor bisa anda tebak dengan mudah. Umumnya sepeda motor yang memiliki spesifikasi power besar memiliki fairing (baju) lengkap layaknya motor balap (motogp).

Baca Juga :  4 Aplikasi Intercom Motor Terbaik untuk Android

Sedangkan yang memiliki spesifikasi high torque motorcycle umumnya berbentuk “naked-bike” atau telanjang seperti yang biasa anda lihat dijalanan atau bahkan motor offroad (supermoto). Mesin memilki high torque motor memang cepat mencapai kecepatan tertentu, namun batas kecepatan maksimumnya tetap dibawah motor bertenaga (power) besar. Karakteristiknya motor yang berfokus pada torsi nafasnya lebih pendek jika dibandingkan dengan motor yang berfokus pada “power”.

Baca Juga: Daftar Harga Ban Motor Lazada Terbaru

Dan jika high torque motorcycle di gabung kan dengan horse power kamu akan dapatkan motor yang keren lo. Untuk di indonesia sendiri motor di segmen  ini banyak, tapi kita akan bahas yang sering dipakai masyarkat banyak atau harga merakyat kisaran 200 cc.

Daftar motor menggunakan high torque motor dan horse power ala negeri + 62:

  1. Honda CBR150R

Honda CBR150R

Walaupun menggunakan strategi common parts seperti layaknya Yamaha dan Suzuki, Honda mempunyai tunning tersendiri pada motornya. Untuk Honda CBR150R, motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,6 kw dengan torsi 14,4 N

  1. Motor Sport Yamaha 155 VVA Series
Baca Juga :  5 Manfaat Rompi motor respiro dan cara pemesanannya

Motor Sport Yamaha 155 VVA Series

Mesin 155 VVA 4 klep milik Yamaha ini digunakan secara ‘berjamaah’, yakni oleh R15, MT-15, Vixion R, dan XSR 155. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 14,2 kw plus torsi 14,7 Nm.

  1. Suzuki GSX 150 Series

Suzuki GSX 150 Series

Seperti layaknya Yamaha, Suzuki juga menerapkan hal yang sama pada empat motor mereka, GSX-R150, GSX-S150, GSX150 Bandit dan juga Suzuki Satria FI. Keempat motor ini punya tenaga 14,1 kw dengan torsi 14 Nm.

Baca Juga: Harga USG Portable Philips, Terbaru Bulan Ini

  1. Yamaha WR 155 R

Yamaha WR 155 R

Walaupun sama-sama menggunakan mesin 155 VVA 4 klep, namun tenaga motor ini justru diklaim berada di bawah empat saudaranya. WR155R disebut mempunyai tenaga sebesar 12,3 kW dengan torsi 14,3 Nm.

  1. Honda CB150R

Honda CB150R

Punya mesin yang sama dengan CBR150R tak lantas membuat CB150R punya tenaga yang sama. Motor naked satu ini diklaim punya tenaga 12,4 kW dan torsi 13,8 Nm.

Nah, itu lah mesin yang high torque motor dan power motor ala negeri +62, bagi kalian yang telah memilki motor, wahh udah merasa keren kan, apa lagi hidup di daerah pedesaaan, memiliki kendaraan yang bermesin high torque motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *