Monday , September 20 2021
Tenor Pinjaman

Tenor Pinjaman dan Jenisnya, Cek Selengkapnya Di Sini!

Topglobal1.com, Tenor Pinjaman dan Jenisnya- Kredit merupakan kata yang tidak asing terdengar di telinga. Kredit salah satu transaksi yang cukup umum dan dilakukan oleh berbagai pihak mulai dari skala kecil maupun sekala besar. Dalam melakukan transaksi kredit, entah itu pada barang maupun uang anda  pasti tidak asing dengan kata “tenor pinjaman”. Namun, tahukah anda apa itu tenor? Jenis dan contoh tenor pinjaman? Mari simak ulasan berikut ini.

Tenor pinjaman, apakah itu?

Tenor merupakan jangka waktu yang diberikan ketika anda melakukan transaksi kredit barang maupun uang, dimana pada jangka waktu yang telah disepakati kedua belah pihak, anda akan membayaran cicilan angsuran disetiap bulannya.

Biasanya dalam sebuah transaksi kreditur ataupun debitur, tenor pinjaman sudah ditetapkan oleh pihak kreditur atau debitur. Misalnya jika anda meminjam uang di bank, maka pihak bank telah menyiapkan tenor pinjaman mulai dari 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun dan seterusnya yang disesuaikan dengan besar dan kecilnya pinjaman yang anda minta. Jika pinjaman anda besar dan kemampuan pembayaran kecil, maka waktu yang anda dapatkan akan lebih panjang dan lama. Begitupun sebaliknya, jika pinjaman anda sedikit maka waktu yang anda dapatkan akan lebih singkat. Intinya tenor pinjaman akan disesuaikan dengan kemampuan anda dalam membayar angsuran per bulannya.

Baca Juga :  Aplikasi Pinjaman Online Tenor Panjang Terbaik Dengan Bunga Rendah, Cek Disini!

Berdasarkan waktunya, tenor pinjaman dibagi menjadi dua kategori yaitu :

  1. Tenor Panjang

Berdasarkan waktunya, kategori tenor yang pertama adalah tenor panjang. Tenor panjang memiliki jangka waktu pengembalian yang lama yaitu mulai dari 3 tahun hingga 30 tahun lamanya. Salah satu contohnya yaitu ketika anda membeli sebuah kendaraan ataupun sebuah properti seperti rumah maka anda dapat menggunakan salah satu jenis tenor pinjaman KPR. Biasanya KPR ini memiliki jangka pinjaman lama.

Namun tidak semua orang bisa mendapatkan tenor panjang ini. Karena para kreditur ataupun debitur tidak akan mengambil resiko. Biasanya orang yang mendapatkan tenor panjang ini memiliki jaminan yang tinggi pula seperti sertifikat tanah ataupun sertifikat rumah.

  1. tenor pendek
Baca Juga :  Aplikasi Pinjaman Online Tenor Panjang Terbaik Dengan Bunga Rendah, Cek Disini!

Tenor pendek merupakan kategori tenor kedua yang memiliki waktu pengembalian lebih pendek dari tenor panjang. Biasanya jangka waktu pengembalian yang diberikan mulai dari 1 bulan hingga 3 tahun. Transaksi yang dipakai untuk tenor pendek pun biasanya merupakan transaksi yang tidak mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.

Penawaran dalam menggunakan tenor pinjaman jangka pendek pun cenderung banyak dan biasanya digunakan oleh pihak bank terhadap nasabahnya.

Jenis tenor Pinjaman

Tenor pinjaman memiliki beberapa jenis yang harus anda ketahui. Terutama untuk anda yang mungkin akan melakukan pengajuan peminjaman atau kredit baik ke bank maupun non-bank. Meskipun terdengar sederhana, hal ini sangat penting dan membantu anda ketika ingin melakukan pinjaman bank dan non-bank.

Adapun jenis tenor dalam pinjaman yaitu:

  1. KPR

KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. KPR adalah sebuah kredit yang digunakan untuk membeli hunian impian anda yaitu rumah. Dalam prakteknya, biasanya bank akan menetapkan dua buah suku bunga yang berbeda dalam KPR, yaitu suku bunga tetap yang berarti tingkat bunga cicilan anda tidak akan mengalami perubahan. Sedangkan suku bunga mengambang berarti tingkat bunga cicilan terus mengalami perubahan sesuai dengan kondisi tingkat bunga kredit yang berlaku di pasar.

  1. KTA
Baca Juga :  Aplikasi Pinjaman Online Tenor Panjang Terbaik Dengan Bunga Rendah, Cek Disini!

KTA merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. Solusi kredit KTA ini sangat populer dan disukai karena memiliki persyaratan yang sangat sederhana dan tanpa adanya jaminan yang diminta dari pihak debitur. Meskipun begitu, biasanya bunga yang diberikan cukup tinggi sehingga cicilan yang anda bayarpun akan menjadi lebih besar.

  1. Kredit dengan Agunan

Kredit dengan Agunan dapat anda lakukan jika tidak tertarik dengan KTA. Kredit dengan Agunan disebut juga sebagai Kredit Multiguna yang membutuhkan jaminan. Misalnya sebuah bank menawarkan anda kredit dengan Agunan dimana anda akan menjamin properti seperti rumah, ruko dan apartemen. Meskipun begitu Kredit dengan Agunan biasanya memiliki jumlah bunga yang lebih sedikit dibandingkan dengan KTA.

Nah guys, sekarang anda sudah paham dengan Tenor pinjaman dan Jenisnya bukan? Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam melakukan pinjaman. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *