Sunday , November 27 2022
Breaking News
1 HP BERAPA AMPERE?

1 HP BERAPA AMPERE? Ini Jawabannya..

Topglobal1.com, Ketika kamu melihat suatu keterangan 1 hp di alat eletronikmu, sebenarnya 1 hp berapa ampere?. Kamu perlu tau perdamaan ukuran tersebut agar bisa menyesuaikan kekuatan tegangan listrik atau daya listrik rumahmu. 

Pada peralatan listrik kamu akan sering menemukan istilah watt kemudian berkaitan dengan hp (horse power), hingga ampere. Lalu sebenarnya 1 hp berapa ampere? Bagaimana sejarahnya? Berikut ini penjelasa lebih lanjutnya.

Jika kamu bertemu sebuah soal  atau keterangan dengan satuan hp (horse power) kamu bisa menyetarakannya dengan satuan ampere. Berikut ini konversinya:

KONVERSI 1 HP BERAPA AMPERE

1 hp = 745,7 watt = 0,746 kW.
1 hp (Inggris) = 1,014 PK (Belanda)


NB:Di Indonesia  biasanya menyamakan 1 hp = 1 PK.
Untuk single phase 220 V :
1 hp = 745,7 watt : 220 V = 3,39 Ampere.

Untuk 3 phase 380 V :
1 hp = 745,7 watt : (380×1,73) = 1,13 Amp.
Dengan catatan bahwa semua perhitungan  menganggap Cos phi nya = 1 (satu).

Baca Juga :  7 Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel

1 HP (Horse Power) = 745,7 watt

SEJARAH SATUAN HP (HORSE POWER) 

Satuan daya yang menggunakan satuan HP (Horse power) biasa digunakan untuk satuan daya pada elctro motro listrik, pada mesin-mesin diesel, dan lainnya.

Pentingnya kamu mengetahui 1 hp berapa ampere agar kamu dapat menyesuaikan listrik yang kamu gunakan. Karena pada listrik satuan yang digunakan adalah ampere bukan horse power (hp)

Dahulu, saat adanya produksi mesin uap yang dikembangkan oleh James Watt. Dia mengembangkan mesin uapnya dengan melakukan perbandingan antara tenaga mesin uap yang diproduksi dengan tenaga kuda.

Mesin uap dibandingkan dengan tenaga kuda karena pada masa itu masyarakat umumnya menggunakan tenaga kuda sebagai alat penggerak yaitu untuk kendaraan, mesin pabrik, dan lainnya.

Agar masyarakat membeli mesin uap yang diproduksi oleh James Watt, maka dia melakukan percobaan agar dapat mengetahui berapa tenaga mesin uap yang diproduksi dibandingkan dengan tenaga kuda.

Sehingga masyarakat sebagai calon konsumen dapat menghitung berapa besar keuntungan yang didapatkan jika tenaga kuda biasa mereka gunakan digantikan dengan menggunakan mesin uap.

James watt menemukan bahwa seekor kuda dapat memutar alat mesin penggilingnya sebanyak 144 kali dalam 1 jam atau 2,4 kali dalam satu menit.

Baca Juga :  Mengenal Diagram Kipas Angin, Simak Info Ini..

DEFINISI HORSE POWER, DAYA KUDA ATAU TENAGA KUDA

1 hp berapa ampere dapat disamakan dengan daya kuda sebagai salah satu satuan besaran untuk pengukuran daya yang setara dengan 735.5 hingga 745.7 watt.

Dulu istilah horse power atau daya kuda banyak digunakan sebagai perbandingan kekuatan antara daya mesin uap dengan daya tarik seekor kuda.

Kemudian satuan itu digunakan untuk mengukur daya keluaran dari mesin, turbin, diesel, piston, motor listrik, dan mesin lainnya.

DEFINISI 1 HP BERAPA AMPERE DILIHAT DARI PENGGUNAANYA

1. Horse Power, daya kuda mekanik 

Daya kuda mekanik atau mechanical horse power merupakan nilai daya dengan besaran 550 kaki/detik, setara dengan 33.000 kaki-pound/menit.

33.000 kaki-pound/menit = 745.7 watt

2. Horse Power ,  daya kuda Metrik

Dalam satuan metrik, satu daya kuda atau horse power (HP) sama dengan 75 kgf-m/detik. Nilai ini setara dengan 735,499 Watt.

3. Daya kuda Boiler /Boiler Horse Power

Satuan ini diunakan untuk mengukur kemampuan suatu boiler uap. Nilai satuan daya kuda boiler dibutuhkan untuk mengukur kemampuan boiler uap.  Nilai satuan daya kuda boiler sama dengan daya untuk mengubah air menjadi uap sebanyak 34,5 pound air pada suhu 212 derajat Fahrenheit.

Baca Juga :  Cara Memasang Kipas Angin dengan 3 Model

4. Satuan daya kuda atau Horse Power (HP) pada motor listrik

Satuan daya kuda atau horse power (HP) bisa digunakan sebagai besaran daya elektro motor listrik yang merupakan daya yang dibutuhkan untuk elektromotor tersebut (daya output).

Nilai satu daya kuda horse power = 746 Watt

Untuk elektromotor listrik diproduksi dari benua eropa dengan standar CE (Continental European) menggunakan dua satuan HP (Horse Power)

1 HP pada elektomotor memiliki standar Continental European (CE) menggunakan nialai 735 Watt.

Demikianlah ulasan seputar 1 hp berapa ampere. Dari ulasan tersebut kamu akan banyak tau berapakan konversi sebenarnya dari 1 hp berapa ampere, kemudian mengenai pengertian tenaga kuda (HP), lalu penggunaan horse power itu sendiri yang kini bisa disetarakan dnegan satuan ampere.

Nah, berarti kedepannya kamu tidak akan dibingunkan lagi dengan 1 hp berapa ampere, istilah-istilah yang berkaitan dengan 1 hp berapa ampere serta kegunaan satuan ini.

Yuk upgrade terus pengetahuan teknologimu disini dan jangan lupa share info ini ke sahabat, teman dan kerabatmu. Sekian dari saya, terimakasih telah berkunjung dan salam teknologi!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.