Monday , May 16 2022
1 HP Berapa PK

1 HP Berapa PK? Ini Jawabannya…

Topglobal1.com, Semua peralatan elektronik memiliki sebuah tulisan atau keterangan satuan daya listrik dalam bentuk HP atau PK. Kamu mungkin bertanya tanya 1 HP berapa PK

Jika kamu sering menggunakan peralatan listrik maka kamu akan sering mendengar istilah HP, PK, Watt, Ampere dan lainnya. Kamu perlu mengetahui persamaan satuan daya agar bisa menyesuaikannya dengan besar tegangan listrik. Sebenarnya 1 HP berapa PK?

Istilah HP dan PK sebenarnya memiliki makna yang sama. Sebagian alat elektronik ada yang menggunakan satuan HP atau PK. Nah, kira kira 1 HP berapa PK

Apa perbedaan kedua satuan ini? Bagaimakah sejarahnya? Simak penjelasan berikut ini!!

Kompresor 1 HP Berapa PK

Sebelum kami jelaskan cara mengkonversi atau mengubah satuan HP menjadi PK, kami akan menjelaskan pengertian istilah HP dan PK berserta sejarah istilah keduanya

Sejarah Satuan HP (Horse Power) dan PK 

Horse Power atau yang di kenal dengan HP umumnya di gunakan untuk satuan daya pada motor listrik, mesin mesin, diesel dan lainnya. 

Baca Juga :  Skema Gulungan Kipas Angin Cosmos Gaya Terbaru

Satuan HP berasal dari penemuan James Watt yang mengembangkan dan memproduksi sebuah mesin Uap. Saat mengembangkan mesin tersebut, ia melakukan perbandingan antara tenaga mesin uap dengan tenaga kuda. 

Kenapa harus tenaga kuda? Mungkin kamu bertanya tanya kenapa harus membandingkan mesin tersebut dengan tenaga kuda.

Pada masanya, masyarakat sekitar umumnya menggunakan tenaga kuda sebagai alat penggerak untuk kendaraan, mesin dan lainnya. 

Hal ini dilakukan agar masyarakat mau membeli mesin uap yang di kembangkan oleh James Watt. Percobaan ini dilakukan untuk mengetahui erbandingan seberapa besar tenaga mesin uap yang di produksi tersebut.

Dengan mengetahui berapa besar tenaga mesin uap di bandingkan dengan kekuatan kuda, konsumen bisa membandingkan besarnya kekuatan mesin uap dan keuntungan yang akan diperoleh jika menggunakan mesin uap tersebut. 

Dari percobaan yang dilakukan oleh James Watt diketahui bahwa seekor kuda dapat memutar mesin penggilingan sebanyak 144 kali putaran dalam waktu 60 menit atau 1 jam atau sebanyak 2.4 kali / menitnya. 

Radius atau diameter  roda yang berputar adalah 12 kaki. Dapat diketahui bahwa seekor kuga dapat bergerak sejauh 2,4 x 2pi x 12 kaki dalam satu menit.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh

James watt yakin jika seekor kuda mampu menarik beban dengan gaya sebesar 180 pound, sehingga didapatkan hasil 32.572 kaki – pound / menit. Hasil ini dibulatkan menjadi 32.572 kaki – pound / menit. Hasil ini setara dengan 745.7 Watt. 

Jadi, istilah HP  merupakan singkatan dari Horse Power. Istilah HP jika di terjemahkan dalam bahasa Ingrris berarti daya kuda.

Sedangkan istilah PK berasalah dari Bahasa Belanda. Paar Den Karft atau yang di singkat menjadi PK juga memiliki arti yang sama dengan istilah HP yaitu daya kuda. 

Cara menghitung nilai 1 HP berapa PK

Dari penjelasan sebelumnya diketahui jika istilah HP dan PK sama sama memiliki arti dan makna yang sama yaitu Daya Kuda. Yang membedakan keduanya terletak pada bahasanya. 

Dari sini bisa di simpulkan jika 1 HP = 1 PK.

Di Indonesia, kita tidak menggunakan satuan daya HP atau PK. Sehingga satuan daya listrik HP atau PK juga dapat di konversikan menjadi satuan Watt atau KiloWatt. Berikut penjabarannya: 

1 HP sama dengan 745,7 Watt atau 0,7457 KW. Dan 1 KW  sama dengan 1000 Watt atau setara dengan 1,34 HP. 

Baca Juga :  Rekomendasi Kipas Angin Tanpa Listrik Terbaik

1 HP (Horse Power) = 745.7 Watt. 

1 PK (Paar Den Karft) = 745.7 Watt.

¼ HP berapa PK 

Mungkin ada sebagian yang mungkin belum atau tidak mengetahui  nilai ¼ HP sama dengan berapa PK? 

HP maupun PK keduanya mempunyai nilai dan besaran yang sama. Jika daya listrik suatu mesin berkapasitas  ¼ HP, maka daya mesin tersebut juga setara dengan ¼ PK. 

Jika di ubah menjadi satuan listrik, ¼ HP atau ¼ PK setara dengan 186 Watt. Hasil ini didapatkan dari :

1 HP = 1 PK = 745.7 Watt

¼ HP = ¼ x 745.7 Watt

¼ HP = 0.25 x 745.7 = 186.425 Watt atau dibulatkan menjadi 186 Watt. 

Demikianlah penjelasan mengenai 1 HP berapa PK.  Sebenarnya masih banyak satuan konversi lainnya mengenai tenaga kuda atau Horse Power (HP) ini. Satuan ini bisa kamu hitung sendiri dan cara menghitungnya tidak terlalu sulit. 

Jangan sampai kebingungan lagi yah, karena pada dasarnya HP maupun PK merupakan istilah yang memiliki nilai yang sama. Meskipun ditulis dalam istilah yang berbeda namun makna dan tujuannya tetap sama. 

Silahkan share ke teman teman kamu yang membutuhkan informasi ini. Terima kasih telah singgah, semoga bermanfaat ☺ 

Leave a Reply

Your email address will not be published.