Sunday , November 27 2022
Breaking News
Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel

Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel

Topglobal1.com, Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel – Skema atau bentuk jaringan adalah informasi awal yang harus diketahui untuk melakukan konfigurasi jaringan.

Bisnis tv kabel kini semakin banyak diminati dari mulai di perkampungan yang memang sulit mendapatkan siaran televisi melalui antena penerima gelombang uhf dan vhf, bahkan sampai merambat ke kota besar yang dengan mudah bisa menerima siaran televisi dari pemancar.

Seandainya Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel yang dideskripsikan hendak diterapkan pada rumah berkapasitas listrik terpasang mulai 2200va ke atas, pastikan untuk “harus” menggunakan mcb sebagai titik sambungan. Instalasi listrik rumah akan disambungkan dengan salah satu kabel phase dan netral, maka pelanggan menerima tegangan listrik 220v.

Sistem pada operator jaringan televisi kabel, yang pada awalnya hanya digunakan untuk mengirim siaran hiburan dan berita saja, pada perkembangan selanjutnya kini mulai dilengkapi dengan layanan internet.

Pada prinsipnya, jaringan tv kabel adalah sebuah master antena tv. Kabel yang menghubungkan antara pc server dengan modem eksternal.

Dalam sistem jaringan catv (community antenna television), Kabel Coaxial yang paling sering digunakan adalah kabel coaxial rg 6, rg 11 dan trunk 540. Kabel utp/lan yang menghubungkan antara switch.

Jaringan lan untuk gedung gedung yang besar seperti perkantoran, mall atau apartemen, saat ini sudah menggunakan kabel fiber optik karena jika menggunakan kabel utp atau stp keterbatasan jarak dan kecepatan/bandwidth, disamping itu juga adanya gangguan interferensi dan induksi sinyal listrik dari luar.

Baca Juga :  Rangkaian Skema Kipas Angin Maspion

Kebutuhan pengelolaan televisi dalam suatu bangungan menjadi kebutuhan, terutama di perkantoran, apartemen, bandara dan lain-lain.

Televisi ini, bukan sekedar untuk menayangkan suatu setasuin TV lokal atau internasional, tetapi biasa ditambahkan chanel untuk keperluan yang lebih luas misal penyiaran khusus dari VCD/DVD  atau iklan-iklan dan filem animasi dari PC.

Bahkan setiap chanel TV bisa tambahkan teks dan gambar untuk informasi layanan publik dan iklan-iklan bisnis, maka sangat diperlukan perangkat manajemen TV, pengendali dan pengontrol chanel yang dikenal sebagai perangkat Master/Antena TV (MATV), serta Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel sehingga mudah dikembangkan, diakses, dan didistribusikan ke semua TV.

Berikut garis besar Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel

  • Pendistribusian sinyal yang dihasilkan perangkat utama MATV ke seluruh outlet TV yang terinstal di suatu gedung memakai jalur kabel, maka sistem tersebut tidak jauh berbeda dengan TV kabel yang ada di masyarakat Indonesia, yang dikenal dengan Community Antenna Television (CATV).
  • Perangkat sentral TV (MATV/CATV) untuk Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel terdiri atas sebuah blok head-end pengendali channel TV. Secara ringkas, sistem terdiri dari blok Antena  – Receiver – Modulator – Combiner – Boster Amplifier dan Splitter.
  • Parabola sebagai antena yang diarahkan ke satelit seperti Palapa dan Telkom, dan terdiri dari dish (payung) dan LNB untuk polarisasi baik vertikal atau horizontal.
Baca Juga :  Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 5 Kabel

Terdapat channel yang gratis/free to air dan channel premium/berbayar. Untuk channel free to air, kita tidak akan mengeluarkan biaya bulanan untuk membayar content.

Jika grup chanel diarahkan ke satelite Telkom dan Palapa, berarti kita butuh 2 parabola, dish (payung) dan 4 buah LNB (1 satelite=2 LNB untuk polaritas Vertikal dan Horizontal).

Untuk channel berbayar atau premium, biasanya dish dan LNB disediakan oleh provider, baik itu dekoder ataupun parabola. silahkan cari penawaran terbaik dari provider yang ada misal Indovision,Trans Vision atau Topas tv.

  • Pada sistem Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel analog, kabel yang dipakai mendistribusikan sinyal TV adalah kabel coaxial tipe RG 11 & RG 6.
  • Di parabola TV rumahan terdapat perangkat Receiver dengan output AV. Kemudian, bisa disetting dengan searching banyak chanel TV, dan TV yang terhubung perangkat tersebut bebas milih chanel kesukaan. Jika keluaran receiver paralel banyak TV, maka semua TV isi chanel siaran TV semua sama tergantung chanel di receiver yang diaktifkan (pilih).
  • Mungkin kamu ingin, satu rumah Ada 2 TV dan ingin memakai 1 parabola, sedangkan setiap TV bisa bebas milih chanel? maka diperlukan perangkat Power Devider. Yaitu, perangkat yang berfungsi membagi dan menguatkan sinyal dari LNB menjadi beberapa tap. Masing-masing tab ini masuk ke input receiver dan output receiver siap dihubungan input AV TV.
  • Kita bisa memproduksi chanel-chanel RF dari output masing-masing receiver dengan perangkat RF modulator. Jika ada 10 receiver, maka secara bersamaan ada 10 chanel terpilih (dibuat beda) dan masing-masing receiver dihubungkan dengan RF modulator.
  • Output RF modulator bisa dihubungkan RF input TV kamu, cuma isinya ya cuma 1 chanel siaran TV yang dipilih receiver.
  • Semua RF channel dihubungkan input-input Combiner maka output dari combiner sebenarnya memuat banyak sinyal dari masing-masing receiver. Combiner identik perangkat spliter yang dibalik posisi input-outputnya (misal spliter 8 way, jika dibalik menjadi combiner 8 input).
  • Perangkat combiner biasa terletak dalam rak receiver, kemudian 1 kabel keluarannya didistribusikan ke area yang bisa beratus meter jaraknya. Agar kekuatan sinyal tetap terjaga hingga tujuan maka ditembakkan dengan penguat yaitu amplifier/booster.
  • Splitter yaitu perangkat untuk memparallel kabel distribusi sinyal. Di pasaran tersedia tipe splitter yang dilengkapi booster (splitter-amplifier). Masing-masing output splitter ditarik kabel menuju letak TV dan dihubungkan ke colokan inut antena RF TV.
  • Masing-masing TV bisa terdapat sejumlah chanel sesuai jumlah receiver atau RF modulator yang tersedia dalam sistem head end yang dibuat.
Baca Juga :  5 Cara Agar Kipas Angin Lebih Kencang

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel. Semoga setiap pembahasan yang disajikan bisa dipahami dengan mudah dan dapat menambah pengetahuan kita sema tentang Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel tersebut, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.