Thursday , March 28 2024
Breaking News
Kabel Kipas Angin Maspion Kotak

Rangkaian Kabel Kipas Angin Maspion Kotak

Topglobal1.com, Rangkaian Kabel Kipas Angin Maspion Kotak merupakan salah  satu produk kipas angin yang cukup banyak diminati dan yang paling populer adalah Maspion yang versi kotak. Dalam hal ini, setiap kipas angin pada dasarnya memiliki rangkaian kabel masing-masing. Ternyata, pada  rangkaian kabel kipas angin maspion kotak memiliki beberapa elemen penting di dalamnya. Berikut diantaranya.

Elemen pada  Rangkaian Kabel Pada Kipas Angin Maspion Kotak

  • Motor listrik (Dinamo)

Salah satu bagian inti yang terdapat di dalam kipas angin adalah motor listrik atau dinamo dengan menggunakan  kabel terhubung pada saklar. Pada bagian ini, juga terdapat kapasitor dan komponen lainnya  yang mengeluarkan beberapa jenis kabel.  Dinamo bisa mengeluarkan 3, 5, hingga 6 jenis kabel keluaran.

Pada umumnya, kipas angin telah  memiliki 6 kabel keluaran yang terdiri atas  3 diantaranya berfungsi sebagai kontrol kecepatan, lalu  2 lainnya untuk kapasitor, sementara 1 lagi berguna untuk menetralkan. Nah, kemudian dinamo atau motor listrik pada kipas angin terdiri atas  4 kumparan yang umumnya mempunyai 2 ujung dan 8 keluaran.

Kumparan utama pada dinamo kipas angin kotak ini terdiri atas  1 komponen yang mempunyai banyak lilitan. Sedangkan 3 kumparan lainnya jika kamu satukan amaka akan memiliki jumlah lilitan dan volume yang sama dengan komponen utama.

Baca Juga :  Cara Memasang Kipas Angin dengan 3 Model

Pada rangkaian dinamo ini terdiri atas 3 speed, dimana yang pertama untuk menyatukan kumparan utama 1 dan masukkan a1. Lalu speed 2 berguna untuk memasukkan kumparan keluaran b2 dan masukkan a2. Kemudian speed 3 berguna untuk memasukkan kumparan keluaran b dan masukkan a3.

  • Saklar Speed

Elemen berikutnya sangat berguna bagi rangkaian kabel kipas angin maspion kotak yang penting untuk dioperasikan alat elektronik ini yaitu kipas angin. Komponen yang satu ini disebut juga sebagai saklar kecepatan sebagai sebuah  sarana untuk menyalakan atau menghentikan  jalannya kipas angin.

Saklar speed  terdiri atas  dari 4 tombol utama dengan adanya  fungsi berbeda-beda yang bisa langsung ditekan untuk mengoperasikan kipas. Tombol pertama adalah 0 kemudian  terkadang diberi keterangan off untuk menghentikan kipas angin.

Tombol selanjutnya adalah 1 yang memiliki fungsi untuk menghidupkan kipas dengan kecepatan lirih atau biasa. Kemudian, ada tombol 2 agar kamu bisa menyalakan kipas dengan kecepatan sedang. Dan, pada tombol 3 untuk menyalakan kipas angin kotak maspion ini dengan  kecepatan yang tinggi.

  • Sumber dari Stop Kontak
Baca Juga :  Berikut Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin

Stop kontak yang ada pada kipas angin kotak terdiri atas kabel dan colokan sebagai penghubung. Bagian ini memang terlihat sepele, namun ternyata mempunyai peranan yang sangat penting bagi kipas. Fungsi dari stop kontak ini  adalah sebagai penghubung  kipas angin ke sumber listrik.

Kemudian kipas angin kotak sendiri dapat menyala dengan aliran arus listrik yang bisa dihasilkan dari PLN atau sumber genset. Nah saat ingin menyalakan kipas angin kotak, kamu harus memastikan apakah sudah menghubungkan stop kontak dan sumber listrik dengan benar.

Komponen kipas angin kotak maspion lainnya yaitu satu ini perlu dijaga kondisinya agar tidak lecet atau bahkan putus. Hal ini karena dengan adanya  kerusakan pada bagian stop kontak dapat mengakibatkan kipas angin kamu tidak dapat menyala hingga korslet.

  • Kapasitor 1,5 Micro Farad

Setiap kipas angin kotak tentunya  memiliki ukuran kapasitor yang berbeda-beda, salah satunya adalah 1.5 micro farad. Komponen ini memiliki kegunaan yang terpisah dari komponen motor listrik dan kabel penghubung saklar, sehingga dapat  dipelajari dengan mudah.

Jenis kapasitor yang digunakan oleh kipas angin dapat dibedakan menurut merek, tipe, serta ukurannya.  Kemudian tujuannya tentu saja adalah untuk menyeimbangkannya dengan cara kerja kipas angin agar alat elektronik satu ini tidak mengalami kerusakan dengan cepat.

Baca Juga :  Skema Instalasi Jaringan Tv Kabel

Apakah Kipas Angin Kotak Maspion Dapat Diandalkan?

Nah, berdasarkan rangkaian kabel kipas angin maspion kotak beserta cara kerjanya tersebut, apakah alat elektronik yang  ini dapat diandalkan? Saat ini maspion sudah mengeluarkan banyak produk kipas angin kotak dengan berbagai ukuran.

Kipas angin kotak sendiri kini sudah memiliki banyak keunggulan karena ukurannya yang kecil, sehingga tidak memakan banyak tempat. Di samping itu, kipas angin kotak juga sangat  cocok memiliki kecepatan yang tinggi dan bisa menghasilkan angin segar.

Namun, terdapat kekurangan juga  dari model kipas angin yang satu ini yaitu ketinggiannya terbilang rendah karena tidak memiliki tiang penyangga. Akibatnya kamu hanya bisa menggunakannya dengan optimal di tempat dengan ketinggian rendah saja.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan terkait dengan rangkaian kabel kipas angin maspion kotak. Semoga artikel ini bermanfaat dan tentunya memberikan peluang usaha baru bagi kamu. terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *