Monday , May 16 2022
Skema Kipas Angin Maspion

Rangkaian Skema Kipas Angin Maspion

Topglobal1.com Skema Kipas Angin Maspion– Skema kipas angin perlu diketahui bagi kamu yang menggunakan kipas angin. Dengan mengetahui hal itu akan membantu teman-teman untuk memperbaikinya apabila terjadi kerusakan.

Dalam pekerjaan di bengkel-bengkel otomotif, baik itu bengkel motor maupun bengkel mobil membutuhkan kipas angin untuk membongkar pasang komponen. Karena tidak mungkin seorang mekanik menggunakan tangan kosong dalam melakukan perbaikan motor/mobil. 

kipas angin ini ada karena hampir semua komponen di dalam kendaraan bermotor baik itu motor, mobil, bus dll disatukan menggunakan baut yang bisa dilepas dengan kipas angin alat-alat bengkel.

Rangkaian kipas angin tentunya menjadi salah satu rangkaian yang sering kita gunakan ketika keadaan sudah panas dan membutuhkan udara yang segar.

Tentu saja kebutuhan akan kipas akan sangat dibutuhkan Namun tahukah anda jika kipas terus menerus bekerja bisa memberikan dampak atau efek terhadap mesin yang bisa rusak

Kipas angin merupakan alat yang dipakai untuk menghasilkan angin. Kipas angin memiliki fungsi umum untuk mendinginkan udara, ventilasi atau exhaust fan, menyegarkan udara, dan pengering (biasanya menggunakan komponen tambahan yang menghasilkan panas). 

Pada umumnya pada sebuah kipas angin terdapat 3 bagian utama dan yang menjadi 3 bagian penting persi kelistrikanku(dot)com yaitu :

  • Bagian body 
  • Bagian kelistrikan 
  • Bagian mesin 
Baca Juga :  Skema Gulungan Kipas Angin Cosmos Gaya Terbaru

Banyak sekali alat yang harus menggunakan kipas angin misalnya sebuah unit personal computer yang diharuskan memiliki kipas angin di dalamnya untuk mendinginkan bagian-bagian penting.

Salah satunya CPU Biasanya kipas angin yang paling banyak digunakan adalah tipe kipas angin yang besar, ukurannya cukup besar dan memiliki 3 kecepatan (speed)

Kipas angin Maspion ialah merk kipas angina yang biasanya digunakan orang Indonesia. Tidak Cuma itu kipas angin ini pula banyak di jual di pasaran. Harga yang murah serta mutu yang baik membuat kipas angina satu ini mempunyai banyak penggemar di Indonesia.

Kipas Maspion terpercaya sejak dulu dengan kekokohannya dalam menyejukkan setiap sudut ruangan rumah. Didesign dengan 2 fungsi pengoprasian agar lebih mudah disesuaikan dengan ketinggian kipas dan 3 tombol pengaturan kecepatan angin yang ramah di telinga.

Dilengkapi baling-baling besar dan motor dari 100% tembaga, membuat angin yang dihembuskan lebih kuat, Secara umum, kipas angin dibedakan menjadi 2, yaitu kipas angin tenaga listrik dan kipas angin tradisional. 

Dalam pemanfaatannya, tentu penting sekali untuk mengetahui skema kipas angin. Berikut penjelasan terkait Skema kipas angin maspion

Baca Juga :  Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus

Kipas angin yang mempunyai 3 kecepatan setelah dilakukan penyambungan setelah selesai digulung terdapat 5 ujung kabel yang tersisa. 

Untuk kipas angin merk Maspion biasanya menggunakan warna kabel putih yang digabung warna biru untuk api masuk dan kabel biru untuk salah satu kabel kapasitor.

Kabel warna merah untuk kecepatan 1, warna kuning untuk kecepatan 2 dan warna hitam untuk kecepatan 3, kabel warna orange untuk kapasitor yang satunya lagi.

Rangkaian Kipas Angin Sederhana Perlu diketahui bahwa rangkaian kipas angin yang satu ini terbilang sangat sederhana karena hanya menggunakan beberapa komponen elektronika dasar yang dapat dengan mudah dijumpai di toko toko komponen elektronika Oke langsung saja

Berikut skema rangkaian kipas angin sederhana dengan 3 kecepatan atau speed:

45
Sumber: https://mesinpotongkertass.blogspot.com

Variasi skema kipas angin Maspion cukup rumit jika dijabarkan secara detail, terlebih tiap tipe kipas angin Maspion umumnya memiliki skema yang berbeda-beda.

Dalam sebuah generator listrik terdapat istilah keluaran kabel. Untuk memahami apa itu keluaran kabel tidaklah sulit. Bayangkan saja sebuah generator listrik memiliki 3 kumparan dengan tiap kumparan punya 2 ujung. Maka itu berarti terdapat 6 keluaran.

Umumnya, generator listrik pada kipas angin memiliki beberapa varian keluaran kabel, diantaranya ada yang 3, 5, dan juga 6 tergantung dari ukuran kipas angin tersebut. 

Baca Juga :  Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 5 Kabel

Semakin besar baling-baling kipas maka generator yang dibutuhkan pun semakin besar sehingga kabel yang dibutuhkan pula semakin banyak.

Namun, tipe 6 keluaran kabel merupakan yang paling banyak tersedia di pasaran. Diantara 6 keluaran kabel tersebut, biasanya masing-masing memiliki fungsi sebagai berikut:

  • 1 keluaran kabel untuk netral.
  • 2 keluaran kabel untuk kapasitor.
  • 3 keluaran kabel untuk kontrol speed.

kipas angin otomotif yang biasa terdapat di bengkel ini banyak sekali jumlahnya, ditambah lagi nantinya ada kipas angin yang digunakan pada saat-saat tertentu saja.

Skala gulungan kipas angin maspion bisa dikatakan mirip sekali dengan Miyako dan Cosmos karena memiliki 2 model alur:

  • Alur low: menggunakan kawat dengan ukuran 0,12 dengan jumlah lilitan benang sebanyak 200 kali.
  • Alur medium: menggunakan kawat 0,15 mm dengan jumlah lilitan sebanyak 200 kali yang terdiri atas 4 buah kutub.

Namun, ada juga beberapa jenis model yang menggunakan ukuran kawat yang sama yakni ukuran 0,15 dengan jumlah lilitan yang sama pada jenis alur low maupun alur medium

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Skema Kipas Angin Maspion. Semoga bermanfaat See You.

Leave a Reply

Your email address will not be published.