Monday , May 16 2022
Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh

Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh

Topgloba1l.com, Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini PenuhKipas angin mini adalah sebuah peralatan elektronik yang menggunakan baterai sebagai sumber daya utama dalam operasionalnya.

Kipas angin mini merupakan salah satu jenis kipas yang berukuran super kecil memiliki bentuk sesuai dengan karakter kartun seperti Hello Kitty, Doraemon, Minion, dan lainnya.

Karena sifatnya yang portable atau mudah dibawa ke mana saja, maka kipas angin mini tidak bergantung pada pengisian daya dengan menggunakan kabel. Selain itu, produk tersebut juga tidak menggunakan baterai karena dianggap kurang kekinian dan semakin sulit untuk dicari.

Akibatnya, kebanyakan produk kipas angin mini saat ini menggunakan proses pengisian daya menggunakan kabel USB. Hal ini didukung dengan semakin meluasnya penggunaan pengisi daya tambahan (powerbank) yang digunakan di masyarakat.

Ketika daya habis, kipas angin mini tinggal dicolokkan ke powerbank menggunakan kabel USB dan proses pengisian akan dimulai.

Selain praktis, kipas ini pun tidak butuh arus listrik langsung sehingga kamu tidak  perlu mencari stop kontak saat ingin menggunakannya. Jika begitu, bagaimana cara ngecas kipas angin mini karakter tersebut?

Sumber listrik utama kipas angin mini karakter ialah listrik arus searah yang dihasilkan dari baterai yang sudah ada di dalamnya. Namun, ada juga kipas angin mini yang tidak menyertakan baterai secara langsung sehingga harus menggunakan sumber listrik eksternal seperti halnya powerbank.

Baca Juga :  Mengenal Diagram Kipas Angin, Simak Info Ini..

Sebelum memahami Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh, ada baiknya kamu cari tahu Spesifikasi Kipas Angin Mini tersebut terlebih dahulu, agar kamu tahu secara lebih detail tentang tegangan dan daya listrik yang dibutuhkan dalam pengecasan kipas mini.

Berikut kami berikan beberapa spesifikasinya:

  1. Tegangan: 2 A (tergantung jenis)
  2. Daya listrik: tergantung jenis
  3. Ukuran diameter: ~ 5 inch
  4. Kecepatan: 2 mode hingga 3 mode
  5. Maks Jangkauan: 2 meter
  6. Panjang kabel: 1 meter

Mengingat banyaknya produk kipas angin mini yang ada di pasaran, tentu spesifikasi setiap produknya akan berbeda satu sama lain. Data spesifikasi yang kami berikan diatas merupakan jenis kipas angin mini karakter tipe USB rechargeable yang banyak tersedia di pasaran.

Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh akan berbeda-berbeda tergantung jenis kipas angin mini tersebut.

Jika dilihat dari sumber daya listrik yang digunakan, kipas angin mini terbagi menjadi 4 jenis. Berikut diantaranya:

  1. Kipas Angin Mini Karakter Listrik Daya Tinggi: kipas angin karakter yang harus disambungkan langsung ke listrik PLN daya tinggi (220 volt) agar dapat berputar. Kipas ini tidak memiliki baterai dan juga tidak dapat disambungkan ke USB port.
  2. Kipas Angin Mini Karakter Listrik Daya Rendah: jenis kipas angin yang tidak memiliki baterai sehingga harus dicolokan ke sumber listrik daya rendah seperti pada port HP / laptop, power bank, charger HP, dan lainnya.
  3. Kipas Angin Mini Karakter USB Rechargeable: jenis kipas angin mini yang paling banyak tersedia dipasaran dimana kipas angin ini memiliki baterai secara bawaan di dalamnya. Jadi untuk menggunakannya harus di cas terlebih dahulu.
  4. Kipas Angin Mini Karakter Baterai Non Rechargeable: merupakan tipe kipas angin yang menggunakan tipe baterai AA yang bisa diisi ulang sewaktu-waktu habis namun tidak dapat di recharge.
Baca Juga :  Diagram Gulungan Dinamo Kipas Angin Maspion 16 Alur

Cara Ngecas Kipas Angin Mini akan mempengaruhi Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh. Mengecas atau men-charger kipas angin mini tidaklah sulit.

Namun, jika sebelumnya kamu belum pernah mencobanya sama sekali, maka berikut kami berikan beberapa rincian langkah-langkahnya:

  1. Siapkan kabel USB / kabel charger beserta kipas angin yang akan di cas
  2. Colokan kabel USB ke sumber listrik dan ke port USB pada kipas angin.
  3. Jika lampu indikator sudah berwarna merah, berarti charging sedang berjalan.
  4. Tunggu hingga baterai penuh, setelah itu segera cabut dari sumber listrik.
  5. Ulangi kembali jika baterai sudah kosong lagi.
Baca Juga :  Kipas Angin Portable Terbaik, Lengkap dengan Harganya!

Berdasarkan penjabaran di atas berikut dapat disimpulkan:

Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh

  1. Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh atau tidak itu tergantung dari merk kipas angin yang kamu miliki. Terkadang, beberapa tipe kipas angin tidak menyertakan indikator sehingga kamu harus bisa memperkirakan kapan baterainya penuh.
  2. Apabila kipas angin yang terdapat lampu indikator, maka patokan baterai sudah penuh dari warna lampunya.
  3. Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh yang terakhir adalah dari waktu yang dibutuhkan dalam proses charging kipas angin mini tersebut. Adapun waktu yang dibutuhkan ini tergantung dari kapasitas baterai dan daya dari alat charging yang dipakai.

Umumnya, untuk ukuran baterai 5000 mAH membutuhkan waktu 1 – 3 jam hingga penuh, sementara ukuran baterai 10.000 mAH setidaknya butuh waktu 3 – 6 jam untuk mencapai kondisi full charger.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang Cara Mengetahui Baterai Kipas Angin Mini Penuh. Semoga setiap penjelasan yag ada di dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.