Thursday , September 23 2021
Project 1 2

6 Bansos Yang Akan Cair Menjelang Lebaran Tahun 2021 Ini. Segera Cek Apa Saja!

Bansos Yang Akan Cair Menjelang Lebaran- Kabar gembira, sebelum lebaran tahun 2021 ini Pemerintah menargetkan akan membagikan beberapa Bantuan Sosial (Bansos)/ BLT.

Bansos ini diberikan dalam upaya membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya menjelang Ramadhan. Kita ketahui tahun ini, pandemi Covid 19 belum juga habis dan sebagian besar masyarakat Indonesia terdampak hal itu.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers virtual menyampaikan yang  “Kami (pemerintah) akan menyalurkan bantuan sosial seperti PKH, BPNT, BLT Dana Desa dengan cepat. Kita (pemerintah) akan minta untuk segera dicairkan pada bulan April dan Mei tahun ini supaya masyarakat bisa menerimanya”.

Baca Juga: Horee! BLT Anak Tahap II 2021 Cair Lagi, Cek Cara Dan Persyaratan Super Mudah Ini…

Hal yang sama juga disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi dalam kesempatan BPKN . Menurut dia “Sudah dikoordinasikan oleh Kemensos untuk mempercepat keluarnya bantuan ini pada awal Mei, sehingga pada hari raya yang kurang beruntung bisa menggunakan bansos itu. ”

Ada Beberapa Program Bansos yang Akan Cair Menjelang Lebaran sebelumnya juga sudah dibagikan, saat ini Pemerintah sedang mencoba melanjutkan kembali sebagai upaya menggenjot perekonomian masyarakat yang terdampak.

Bansos Yang Akan Cair Menjelang Lebaran:

Bansos Yang Akan Cair Menjelang Lebaran

#1. Bantuan Kuota Internet Gratis

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  telah memberikan bantuan kuota internet gratis hingga April ini. Maka dari itu masih ada tersisa satu bulan lagi untuk penyaluran bantuan kuota internet gratis ini yaitu bulan Mei.

Baca Juga :  Tahap 3: Syarat Terbaru Bantuan UMKM Cair, Segera Cek NIK KTP di banpresbpum.id dan eform.bri.co.id

Bantuan ini termasuk kedalam Bansos yang Akan Cair Menjelang Lebaran. Bantuan kuota internet gratis akan dibagikan kembali pada tanggal 11-15 Mei 2021. Dikutip dari halaman  kuota-belajar.kemdikbud.go.id berikut rincian bantuan yang akan diberikan:

Baca Juga : Ayoo Cek Segera Cara Dan Syarat Untuk Mencairkan BLT Anak Sekolah 3,4 Juta.

  • Siswa PAUD mendapatkan Kuota Internet Gratis sebesar: 7 GB / bulan.
  • Siswa sekolah dasar & menengah mendapatkan Kuota Internet Gratis sebesar: 10 GB / bulan.
  • Pendidik untuk Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar & Menengah mendapatkan Kuota Internet Gratis sebesar: 12 GB / bulan.
  • Dosen & Mahasiswa mendapatkan Kuota Internet Gratis sebesar: 15 GB / bulan.

Baca Juga : Begini Cara Daftar Subsidi Kuota Internet 15 GB dari Kemdikbud, Sangat Mudah

#2. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH Kemensos dibagikan melalui bank Himbara khususnya BNI, BRI, Mandiri dan BTN. Bantuan ini sebelumnya juga sudah dibagikan oleh Pemerintah. Pembagian berikutnya merupakan lanjutan dari program PKH yang sudah ada.

Bantuan sosial dari PKH digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, mulai dari transfer ke dinas kesejahteraan, makanan bergizi, dan kebutuhan peralatan kesejahteraan. Selain itu, bantuan sosial ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan anak mulai dari transportasi ke sekolah, pendidikan, biaya ekstrakurikuler, dan kebutuhan peralatan sekolah.

Bantuan sosial ini untuk mengurangi beban keluarga dan menaikkan upah untuk mengatasi masalah keluarga, dana cadangan dan modal komersial. Untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan manfaat dari bantuan PKH dari Kemensos, jika tidak ada masalah besar dapat dilihat di portal DTKS di https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Baca Juga :  Berikut Link BPUM Tahap 3 Login www.depkop.go.id Daftar Banpres 2021

#3. Listrik Subsidi

Kabarnya Pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan listrik yang disubsidi ini. Bantuan ini juga termasuk kedalam Bansos yang Akan Cair Menjelang Lebaran. Namun untuk bantuan ini hanya diberikan sebagian dari bantuan sebelumnya. Bantuan ini akan diberikan pada bulan April sampai Juni.  Hal ini berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia yang disampaikan.

Baca Juga: Berikut Link BPUM Tahap 3 Login www.depkop.go.id Daftar Banpres 2021

Berikut besaran bantuan yang diberikan:

  • Klien dengan kelompok daya 450VA, proyek 450 VA, dan bisnis kecil 450 VA, diberikan diskon 50% untuk tarif daya sambil memanfaatkan 720 jam aktivitas semaksimal mungkin;
  • Pelanggan keluarga yang dijamin 900 VA mendapatkan potongan pajak energi sebesar 25% dengan benefit maksimal 720 jam.
  • Pengecualian biaya atau iuran keanggotaan, hanya sebagai pengecualian untuk persyaratan dasar 50% catatan dasar untuk klien mekanik, komersial dan sosial.
  • Untuk 450 pelanggan VA prabayar, karena penyesuaian skala diskon boost, pelanggan pada saat ini tidak diharuskan untuk memperoleh token baik melalui web atau mengelola WhatsApp atau PLN Seluler, diskon peningkatan diperoleh ketika pembelian token dilakukan.

#4. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial

Bantuan pangan nontunai ini sebesar 200.000 rupiah diberikan per bulan. Bantuan ini dihitung  per kartu keluarga, yang disalurkan melalui bank dan tenaga profesional yang dipilih oleh Pemerintah.

Baca Juga :  Begini Cara Cek Penerima BPUM 2021 di Eform.bri.co.id, Masih Bisa Daftar!

Pembayaran bansos dilakukan setiap bulan, dan pada bulan Mei dipastikan pelunasan akan dilakukan sebelum Lebaran 2021. Bansos ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pangan untuk mengatasi permasalahan karbohidrat, protein nabati,  dan sumber nutrisi. dan mineral.

#5. BLT Dana Desa

BLT Desa juga diharapkan bisa dibagikan sebelum Lebaran 2021. Bantuan ini termasuk kedalam daftar Bansos Yang Akan Cair Menjelang Lebaran.

Dana BLT Desa adalah diberikan sebesar Rp 300.000 per keluarga. Keluarga yang tergabung sebagai penerima BLT adalah keluarga miskin atau teraniaya yang tinggal di desa masing-masing.

Begitu pula dengan penerima PKH, kartu sembako, kartu pra kerja, bantuan tunai, dan program bantuan sosial pemerintah lainnya.

Jaminan pelamar yang memenuhi syarat adalah BLT DTKS dari Kementerian Sosial.

#6. BST Tahap 4 DKI Jakarta

Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dari Januari hingga April 2021 tercatat Jadwal penyaluran, seperti tertera pada pengumuman di situs web otoritasnya juga merupakan Bantuan Bansos Yang Akan Cair Menjelang Lebaran. Diadaptasi dari situs Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bantuan ini akan diedarkan menjadi Kartu Tabungan dan Kartu ATM Bank DKI.

Namun, hingga 26 April 2021, belum ada deklarasi kewenangan dari Pemerintah Daerah DKI terkait rencana waktu penyalurannya tersebut.

Itulah beberapa Bansos Yang Akan Cair Menjelang Lebaran. Silahkan Cek dan Pastikan Data Anda Jangan Sampai Ketinggalan Info!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *