Monday , May 16 2022
Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus

Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus

Topglobal1.com, Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang PutusKipas angin merupakan salah satu alat temuan manusia yang berfungsi menghasilkan angin. Umumnya kipas angin terpecah menjadi dua jenisnya yaitu kipas angin listrik dan kipas angin tradisional.

Dinamo adalah generator listrik pertama yang mampu mengantarkan tenaga untuk industri, dan masih merupakan generator terpenting yang digunakan pada abad ke-21. Dinamo menggunakan prinsip elektromagnetisme untuk mengubah putaran mekanik menjadi listrik arus bolak-balik.

Dinamo pertama berdasarkan prinsip Faraday dibuat pada 1832 oleh Hippolyte Pixii, seorang pembuat peralatan dari Perancis. Alat ini menggunakan magnet permanen yang diputar oleh sebuah “crank”.

Magnet yang berputar diletakkan sedemikian rupa sehingga kutub utara dan selatannya melewati sebongkah besi yang dibungkus dengan kawat. Pixii menemukan bahwa magnet yang berputar memproduksi sebuah pulsa arus di kawat setiap kali sebuah kutub melewati kumparan.

Lebih jauh lagi, kutub utara dan selatan magnet menginduksi arus di arah yang berlawanan. Dengan menambah sebuah komutator, Pixii dapat mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah.

Baca Juga :  Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel dengan Benar

Jika kamu memiliki dinamo kipas angin yang sudah rusak atau terbakar, lebih baik jangan dibuang melainkan diperbaiki dengan maksud untuk menambah kreatifitas dan juga pengetahuan kalian tentang elektro.

Dinamo adalah bagian terpenting dari kipas angin dan merupakan jantung penggerak baling-baling. Kabel yang mengular tersebut terkait dengan saklar, kapasitor, serta sumber listrik.

Permasalahan utama yang terjadi pada kipas angin adalah  kabel gulungan dinamo yang putus. Lalu bagaimana Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus tersebut?

Ini Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus:

  1. Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus pertama kita harus memiliki kesabaran dan keuletan dalam menjalaninya. Selain itu daya ingat juga harus diutamakan untuk mengoptimalkan penghitungan yang dibutuhkan.
  2. Setelah itu siapkan satu set sepul dinamo kipas angin, apabila terjadi kesalahan pada arah putaran solusinya adalah membalik posisi keren dinamo.
  3. Bongkar kawat dinamo. Potong semua tali pengikat lalu potong pada 1 sisi kawat-kawat pada dinamo. Keluarkan atau tarik kawat dengan tang. Perhatian! hati-hati saat membongkar kawat, jangan sampai dinding pada dinamo mengelupas. Karena sering sekali terjadi pengelupasan pada bagian ujung atas atau bawah pada dinding dinamo.
  4. Baiknya juga kita membuka sambungan kawat yang terletak pada pangkal kawat gulungan utama. Guna mempermudah proses tersebut dapat menggunakan sebilah bambu dan lakukan dengan teliti.
  5. Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus selanjutnya kita lanjut untuk menyiapkan mesin gulung dinamo, terdapat dua jenis yaitu jarum dan angka. Ingat bahwa mesin gulung yang beredar di pasaran tidak  menyediakan dudukan  untuk lilitannya. Cara mengakalinya adalah dengan membuat sendiri.
  6. Selanjutnya adalah siapkan solder, timah, serta mika. Alat-alat tersebut memiliki fungsi untuk merekatkan solder ke kabel. Jangan lupa untuk memasukkan lilitan yang telah jadi ke kern.
  7. Lilitan yang telah digulung lalu diperkuat dengan lakban kertas agar diameternya tidak berubah. Usahakan jangan menggunakan lakban plastik karena tidak dapat menempel terhadap kawat dengan baik.
  8. Perlu diketahui bahwa jumlah lilitan kawat pada setiap merk berbeda-beda.
  9. Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus selanjutnya masukkan kawat ke dalam kern menggunakan dua tangan. Ketika memasukkan gulungan tersebut jangan lupa untuk mengurutnya sedikit-sedikit. Lakukan proses ini dengan sangat hati-hati agar kumparan tidak tersangkut di besi kern.
  10. Setelah itu satu gulungan utama telah dipasang dan dapat menuju ke tahap selanjutnya.
  11. Selepas gulungan utama telah masuk maka tugas selanjutnya adalah untuk menyambung kawat. Caranya adalah kawat terlebih dahulu dililit sampai kurang lebih 3 cm.  Hal ini bertujuan agar kawat dapat diikatkan ke kumparan. Hati-hati jika hendak memasang prespan kertas di tengah-tengah antara kumparan bantu dan kumparan utama. Tujuan pemasangan dilakukan dengan hati-hati adalah untuk meminimalisir gesekan arus yang berimbas kepada korsleting.
  12. Pasca prespan terpasang dengan baik lalu ikatkan kabel-kabel yang ada  dengan menggunakan kabel ties. Hal ini untuk mengamankan bagian yang telah disolder tadi karena sangat mudah putus. Selain itu agar memudahkan saat mengikat kumparan menggunakan tali bagunan.
  13. Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus terakhir adalah pengecekan. Periksa kembali ke dalam bagian kumparan apakah terdapat bagian yang menonjol.
Baca Juga :  Cara Memasang Kipas Angin dengan 3 Model

Hal ini berguna pada saat memasukkan rotor tidak terhalangi oleh kumparan yang ada. Cara meratakannya cukup ditekan dengan tangan. Apabila masih belum dapat, bisa dipukul-pukul secara halus dengan gagang palu.

Itulah beberapa penjelasan Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Jangan lupa untuk dipraktekkan setiap Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus ini sesuai dengan ketentuan dan prosedur tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuat Lampu Aquarium dari Cas Hp dengan Bahan Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published.