Monday , May 16 2022
Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung

Topglobal1.com, Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung- Sobat yang ingin menyambung kabel kipas angin gantung tapi bingung gimana caranya? Kali ini kami menyediakan informasi menarik mengenai cara menyambung kabel kipas angin gantung tersebut.

Cuaca yang saat ini kita rasakan pastinya membuat kita terasa gerah dan sering berkeringat. Terutama jika kita berada di dalam ruangan. Pastinya kita membutuhkan kipas angin untuk mengademkan atau menyejukkan suhu tubuh kembali.

Banyak sekali jenis dan model kipas angin yang bisa kita beli dan gunakan. Mulai dari tipe kipas angin yang sederhana hingga kipas angin yang istimewa dengan keunggulan-keunggulan tertentu. Salah satu jenis kipas angin ini adalah kipas angin gantung.

Kipas angin gantung ini merupakan salah satu kipas angin yang bisa kita letakan di atas dengan posisi yang menggantung di langit-langit rumah.

Kipas angin ini sangatlah praktis dikarenakan kipas angin ini tidak membutuhkan tempat yang luas dan bisa digantung di bagian plafon rumah. Kipas angin gantung ini mampu memberikan angin keseluruh bagian ruangan yang ada di bagian bawah kipas angin gantung ini.

Jika sobat literasi membeli kipas angin gantung ini, maka sobat perlu memasangnya dengan hati-hati. Hal ini disebabkan karena kipas angin gantung ini posisinya berada di plafon rumah. Sobat pasti bingung bukan bagaimana cara menyambung kabel kipas angin gantung.

Baca Juga :  8 Rekomendasi Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Kanan Kiri

Berikut cara menyambung kabel kipas angin gantung:

1. Hal pertama kali yang perlu sobat lakukan sebelum menyambung kabel kipas angin gantung ini adalah sobat perlu memutuskan aliran listrik yang ada di rumah sobat masing-masing.

Kegiatan ini dilakukan memiliki tujuan supaya dapat menghindari terjadinya korsleting listrik dan sobatpun pada saat memasang kipas tidak akan mengalami yang namanya kesetrum.

Memutuskan aliran listrik ini harus sobat lakukan langsung aliran listrik yang bersumber dari sekring listrik. Hal ini bertujuan untuk mematikan aliran listrik yang ada di rumah sobat masing-masing secara keseluruhan.

Jika sobat telah mematikan atau memutuskan aliran listrik yang ada di rumah sobat masing-masing, maka sobat literasi dapat melakukan pemasangan kipas dengan aman dan pastinya mudah. Hal ini pastinya akan melindungi sobat dari bahaya pemasangan kipas angin.

2. Hal kedua yang perlu sobat lakukan setelah memutuskan aliran listrik maka sobat literasi dapat melakukan pemasangan Fitting kipas

Baca Juga :  1 HP BERAPA AMPERE? Ini Jawabannya..

Selanjutnya setelah sobat literasi melakukan pemutusan aliran listrik, maka sbat literasi mulai dengan pemasangan fitting kipas pada langit-langit rumah.

Fitting kipas ini bisa sobat ganti saja fitting lampu dengan fitting kipas gantung yang akan kita pasang di langit-langit rumah kita . jika tidak ada fitting lampu sobat bisa menggunakan alternatif lainnya.

3. Hal ketiga yang perlu sobat literasi lakukan untuk menyambung kabel kipas angin gantung adalah membuat lubang untuk kotak listriknya.

4. Hal keempat yang perlu dilakukan adalah melakukan pemasangan kotak kipas

Setelah sobat literasi berhasil membuat lubang kotak listrik, maka selanjutnya sobat perlu memasang kotak kipas sesuai dengan arahan yang ada pada merk atau tipe kipas angin gantung yang sobat beli dan sobat pasang.

Jika sobat literasi masih bingung bagaimana caranya, sobat bisa membaca keterangan-keterangan pemasangan yang ada pada merk kipas yang sobat beli dan akan pasang tersebut.

5. Setelah itu, sobat perlu memastikan keseimbangan dari kipas angin gantung yang dipasang tersebut.

Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kebisingan yang akan terjadi akibat pemasangan kipas gantung yang tidak seimbang.

Baca Juga :  Cara Pasang Kabel Dinamo Kipas Angin Regency di Beberapa Kasus

Selain itu, hal ini juga dapat membuat berkurangnya suara dengung pada kipas angin dan pemasangan kipas angin gantung menjadi lebih kuat dan kokoh. Oleh sebab itu, maka sobat literasi perlu mengencangkan semua baut pada kipas demi menjaga keseimbangannya.

Untuk detail cara menyambung kabel kipas angin gantung sobat perlu melakukan hal berikut saat pemasangannya.

  1. Pada bagian tutup kipas, sobat literasi perlu membukanya dengan menggunakan obeng
  2. Selanjutnya sobat literasi perlu memotong kabel penyambung kipas gantung dengan menggunakan gunting
  3. Kemudian sobat harus memiliki kapasitor dan gunakan kapasitor tersebut untuk menyambung kabel kipas angin gantung yang dipasang.
  4. Selanjutnya sobat perlu menyambungkan bungkusan kabel dengan bantuan adanya isolasi listrik
  5. Perlu sobat literasi ingat satu hal penting yaitu sobat perlu memastikan bahwa kabel tadi sudah terbungkus dengan baik dan sempurna. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya masalah korsleting listrik di kemudian hari.
  6. Setelah terbungkus dengan sempurna, maka sobat literasi perlu menutup kembali cover kipas angin gantungnya dan mengencangkan semua sekrup
  7. Kipas angin bisa digunakan

Itulah informasi menarik kali ini mengenai cara menyambung kabel kipas angin gantung. Semoga bermanfaat dan  menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.