Monday , May 16 2022
Diagram Kipas Angin

Mengenal Diagram Kipas Angin, Simak Info Ini..

Topglobal1.com, Diagram kipas angin, Jika kalian mencari mengenai diagram kipas angin kemungkinan akan susah mencari nya.

Kenapa demikian kalau kita bahas pencarian kalian satu persatu kalian akan kaget dengan sendirinya, pertama kita bahas dulu pengertian dari diagram, diagram menunjukan suatu nilai tertentu.

Nah kalau kipas angin merupakan alat yang dipergunakan untuk menghasilkan udara yang mana udara yang dihasilkan dapat menyegarkan dari suasana panas.

Dalam ilmu fisika sebenarnya yang kalian cari itu adalah diagram skema, yang mana diagram ini merupakan Representasi dari rangkaian listrik dengan menggunakan simbol.

Berikut akan kami tampilkan diagram kipas angin

1w 1

Cara kerja diagram kipas angin di atas ini sebagai berikut :

  1. Yang pertama jika arus I masuk ke kumparan R = 100 Q, maka timbul $m pada inti (besi lunak/kern)
  2. Cincin kutub bayangan merupakan kumparan n = 1 lilit yang berada di sekitar $m , maka akan timbul ggl induksi sehingga cincin U menjadi berkutub magnet U, demikian juga cincin S berkutub magnet S. Pada rotor juga timbul ggl induksi.
  3. Karena pada cincin U dan S timbul medan magnet, maka akan ada ggm ($m’) dari U ke S sehingga rotor motor akan digerakkan 0 – 180o, karena ada gaya Lorentz searah jarum jam (sesuai hk. Lorentz).
  4. Kumparan rotor yang berputar di dalam ggm medan utama ($m) akan timbul ggl induksi lawan (e) yang arahnya melawan ggm utama ($m’) dan membelokkan arah ggm utama ($m’) . Karena ggm ($m’) dilawan oleh ggm rotor ($R) , maka akan timbul medan putar sesuai arah belokan ggm, sehingga rotor berputar 180o – 360o.
Baca Juga :  Skema Gulungan Kipas Angin Cosmos Gaya Terbaru

Setelah melewati beberapa penjelasan di atas dan mengamati secara singkat dari diagram kipas angin yang sederhana tadi, kini akan kami tampilkan diagram kipas angin secara utuh dari segi body :

2w

  1. Bagian sangkar ini merupakan tempat dimana angin dihasilkan dari baling-baling. Baling-baling tersebut dihalangi oleh sangkar baling baling sehingga membuat baling-baling lebih aman dari kontak langsung pada benda lain, misalnya hidung sobat.
  2. Bagian wadah mesin ini merupakan bagian yang paling penting dan juga paling mahal sekaligus sebagai jantungnya kipas angin. Bagian ini tempat beradanya sebuah mesin motor listrik (dinamo) kipas angin. Selain untuk dinamo, pada bagian ini juga terdapat sebuah gearbox tempat pengatur kipas angin dapat menengok atau tidak.
  3. Bagian leher ini banyak fungsinya, setidaknya ada 3 fungsi utama dari leher yaitu : untuk menahan kipas angin agar tegak dan menempel pada body, membuat kipas angi dapat menengok dan membagikan udara menjadi lebih merata, dan mengatur arah kipas angin secara horizontal, keatas dan kebawah. Yah, fungsi leher kipas angin ini hampir sama dengan fungsi leher dari manusia  bagian ini sangat sering rusak, jadi perhatikan
  4. Bagian ini, pada umumnya sebagai tempat kelistrikan berada, dari mulai masuknya arus dari sumber dan kemudian diatur oleh kontrol kipas angin, bagian berupa saklar tekan, saklar tarik, timer, saklar berupa modul (sirkuit PHB), telur cicak dan lainnya.
  5. Bagian paling bawah ini merupakan bagian paling berat karena pada bagian ini kipas angin dapat berdiri tegak. Pada beberapa merk kipas angin, bagian ini dapat diatur tinggi rendahnya sebuah kipas angin.
Baca Juga :  5 Cara Agar Kipas Angin Lebih Kencang

Diagram bagian kelistrikan kipas angin

Pada bagian kelistrikan, tentunya kita tidak akan membahas bentuk melainkan sebuah rangkaian kelistrikan yang dapat membuat sebuah kipas dapat bekerja sesuai dengan keinginan. Selain itu bagian ini sangat penting karena namanya mirip dengan domain blog.

Lihat gambar :

3w

  1. Sumber dari stop kontak

Ini adalah kelistrikan utama, kabel ini yang menghubungkan antara kipas angin dan sumber listrik, misalnya PLN atau genset

  1. Saklar speed
Baca Juga :  Rangkaian Skema Kipas Angin Maspion

Saklar speed atau selektor speed atau juga saklar kecepatan adalah tempat dimana sobat bisa memiliki kecepatan pada kipas angin dan sekaligus menghentikan kipas tersebut biasanya kipas angin memiliki 4 tombol saklar dengan fungsinya masing-masing yaitu :

  • 0 untuk berhenti atau menghentikan kipas angin. Bisa juga disebut off
  • 1 menghidupkan kipas angin dengan kecepatan yang biasa saja
  • 2 menghidupkan kipas angin dengan kecepatan yang lumayan kencang
  • 3 menghidupkan kipas angin dengan kecepatan yang cepat

Pada umumnya, warna dari keempat kabel tersebut berbeda – beda, tergantung merk dari kipas angin yang sedang sobat refarasi tersebut. Maka dari itu, jangan asal sambungkan kabel pada kipas angin karena dapat mengakibatkan kipas angin mudah terbakar.

Nah itu lah pembahasan artikel kali ini mengenai diagram kipas angin, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.