Thursday , December 8 2022
Breaking News
Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 5 Kabel

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 5 Kabel

Topglobal1.com, Cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel terbilang tidaklah sulit terlebih anda seorang teknisi dan disini akan dikupas secara lengkap.

Kapasitor menjadi salah satu komponen yang sangat penting dan tanpa adanya komponen kapasitor tentu kipa angin tidak dapat berfungsi sama sekali.

Kemudian kapasitor ini juga merupakan sebuah komponen kipas angin yang sering kali mengalami kerusakan tentunya.

Untuk anda ketahui bagian – bagian dari kipas angin ini tidaklah hanya kapasitor saja, akan tetapi komponen utama dari kipas angin yaitu adanya kapasitor yang saling melengkapi tentunya.

Kemudian perlu anda ketahui juga bahwa komponen kapasitor pada kipas angin merupakan adalh bagian yang sangat penting dan bagian yang sering rusak akibat kipas angin hidup terlalu lama.

Dengan memperhatikan komponen kapasitor pada kipas angin tentu mempunyai peranan penting bagi anda agar kapasitor kipas tetap terjaga tentunya.

Komponen kapasitor ini juga bisa disebut dengan sebuah rangkaian yang mempunyai kegunaan yang sangat penting juga didalam sebagian perangkat elektronika tentunya.

Pada saat terjadinya kerusakan pada kapasitor tentu anda harus mengetahui bagaimana cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel tentunya agar tidak terjadi kerusakan lagi.

Baca Juga :  Cara Pasang Kabel Dinamo Kipas Angin Regency di Beberapa Kasus

Sebelum mengetahui bagaimana cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang dapat dilihat jika kapasitor kipas angin tidak berfungsi lagi tentunya.

Berikut ini yang dapat anda lihat jika kapasitor kipas angin tidak berfungsi lagi aatu rusak yaitu sebagai berikut :

  • Yang pertama jika kapasitor kipas rusak yaitu kipas angin hanya berdengung ketika anda hidupkan
  • Kemudian jika kapasitor kipas rusak maka daun kipas harus dibantu dengan tangan agar kipas angin dapat berputar
  • Dan terakhir jika kapasitor kipas rusak maka kipas angin tidak bisa hidup sama sekali dan kapasitor kipas wajib diganti.

Nah jika anda menemukan kapasitor kipas anda seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dan jika mesin kipas angin mengalami kerusakan maka anda harus memeriksa beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  • Yang pertama silahkan di setel multitester ke satuan ohm X1k
  • Kemudian silahkan tempelkan kabel multitester pada kedua terminal kapasitor
  • Selanjutnya jika jarum multitester bergerak kearah kanan dan kembali ke 0, maka kapasitor masih bagus dan tidak perlu diganti
  • Akan tetapi jika tidak ada bergerak sama sekali maka kapasitor rusak dan wajib diganti.
Baca Juga :  Kipas Angin Portable Terbaik, Lengkap dengan Harganya!

Setelah anda menemukan kapasitor yang rusak dan sudah menemukan nya, silahkan diganti kapasitor tersebut sesuai dengan ukuran yang sama tentunya.

Selanjutnya jika anda sudah melakukan pengukuran kapasitor dan memang kapasitornya sudah rusak dan tentu harus diganti, maka anda harus mengetahui bagaimana cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel.

Untuk cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel ini hampir sama dengan 2 kabel, dan cara pasang kapasitor ini terbilang cukup mudah namun anda harus mempersiapkan peralatan seperti obeng, gunting, pemotong kabel dan juga selotip.

Berikut ini beberapa cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel yang wajib anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  • Yang pertama silahkan buka terlebih dahulu bagian cover mesin kipas angin menggunakan obeng untuk melepas semua baut serta sekrupnya.
  • Selanjutnya silahkan potong kedua kabel yang sudah terhubung pada kedua kaki terminal kapasitor dan silahkan di ambil kapasitor yang rusak
  • Kemudian silahkan dipasang kapasitor pengganti yang baru dengan cara menghubungkan ke kabel yang sudah dipotong sebelumnya.
  • Untuk pasang kabel kabel pada kaki kapasitor ini bebas sebab arus yang dimiliki yaitu AC yang artinya bolak balik.
  • Selanjutnya silahkan bungkus sambungan menggunakan selotip yang telah disediakan untuk mencoba mencegah terjadinya konsleting arus.
  • Silahkan Tutup kembali cover kipas angin dan silahkan lakukan pengencangan pada baut atau sekrupnya
  • Silahkan pastikan dulu semua apakah pemasangannya sudah benar atau belum
  • Kemudian silahkan hidupkan kipas angin, apabila pemasangan anda sudah benar dan juga dynamo sudah normal maka kipas angin berputar secara normal
Baca Juga :  1 HP Berapa PK? Ini Jawabannya...

Terkait bagaimana cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel ini sangat jelas dan wajib anda coba jika kipas angin anda mengalami terjadi kerusakan.

Perlu anda catat dan silahkan di ingat baik baik bahwa untuk memastikan komponen kapasitor masih bisa menyimpan aliran listrik atau tidaknya, tentu anda membutuhkan yang namanya multimeter pada selector pengukuran volt.

Disini kapasitor yang diberikan tegangan listrik PLN, maka kapasitor akan mengisi muatan dan silahkan biarkan seperti didiamkan kurang lebih 10 detik saja, dan silahkan cabut steker dari stop kontak

Nah demikianlah tentang bagaimana cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.