Thursday , December 8 2022
Breaking News
Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel dengan Benar

Topglobal1.com, Cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel- Terdapat 4 kabel yang bermacam warna dan urutan warna dalam menyambungkan kabel tidak boleh tertukar.

Kipas angin merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk menghasilkan angin guna mendinginkan udara, serta memberikan efek menyegarkan di saat udara terasa panas. Selain itu, kipas angin juga dapat bertindak sebagai exhaust fan serta alat pengering.

Kipas angin dipergunakan untuk menghasilkan Angin.Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara,pendingin udara,ventilasi (exhaust fan), pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas).

Kipas angin juga ditemukan di mesin penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan.

Cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel

Dalam sebuah generator kipas angin, terdapat beberapa jenis kabel yang punya fungsinya masing-masing. Setiap kabel tersebut punya warna yang berbeda-beda satu sama lain.

Sumber: https://hometronik.web.id
Sumber: https://hometronik.web.id

Kabel warna hitam (Kabel power) berfungsi sebagai kabel ON/OFF untuk menghubungkan arus listrik dari sumber listrik PLN menuju ke dinamo dan tombol 0.

Kabel warna biru (Kabel speed 1)berfungsi Sebagai penghubung antara tombol speed 1 dengan dinamo sehingga dapat digunakan untuk mengontrol kipas dengan putaran rendah.

Kabel warna putih (Kabel speed 2)  Berguna untuk mengontrol kecepatan sedang. Beberapa jenis kipas ada yang tidak memiliki tipe ini terutama kipas yang hanya punya 2 speed.

Baca Juga :  1 HP Berapa PK? Ini Jawabannya...

Sedangkan kabel warna merah (Kabel speed 3)  Kabel yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan maksimal kipas yang terhubung langsung antara tombol speed 3 dan generator listrik.

Arti warna kabel pada kipas angin yang berbeda-beda ini akan memudahkan para teknisi saat akan menyambung kabel. Penggunaan kabel yang berbeda warna semacam ini sudah menjadi standar utama dalam industri elektronik.

Karena itu, kalian tidak perlu bingung lagi saat menentukan arti warna kabel pada dinamo kipas angin baik merk produk lokal maupun produk luar.

Jenis kipas angin 4 kabel umumnya ditemukan pada jenis kipas angin dengan kapasitor yang menyatu dengan dinamo seperti halnya kipas angin kotak.

Karena itu kabel ini tidak akan tampak jika kita tidak membongkar mesinnya secara keseluruhan.Urutan warna kabel kipas angin yang benar nantinya membuat kipas angin bekerja dengan semestinya.

Kesalahan pemasangan kabel mampu menimbulkan kerusakan pada kipas angin hingga menimbulkan kebakaran pada mesin. Skema dinamo kipas angin 4 kabel cukup sederhana dan dapat dipahami dengan mudah.

Hal tersebut disebabkan oleh kipas angin yang hanya dilengkapi dengan komponen dasar yang sering kita jumpai. Pada umumnya, kipas angin hanya menggunakan kabel yang kelak akan dihubungkan dengan sumber listrik dan saklar.

Baca Juga :  Diagram Gulungan Dinamo Kipas Angin Maspion 16 Alur

Ada tiga kabel yang dihubungkan dengan saklar. Ketiga kabel dihubungkan dengan saklar yang kecepatannya berbeda-beda. Ada yang dihubungkan dengan saklar berkecepatan tinggi, sedang dan rendah. Ketiga kabel tersebut berwarna merah, putih dan biru.

Untuk penjelasan lebih lanjutnya berikut ini mimin paparkan Cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel

Cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel dapat dilakukan dengan mudah ketika kita memahami seluk beluk dari kabel itu sendiri. Kabel harus dihubungkan dengan komponen yang tepat guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Untuk kabel berwarna hitam misalnya, kabel tersebut hanya dapat kita hubungkan dengan sumber listrik guna mendapatkan daya listrik. Jika dilakukan dengan cara yang salah, kipas angin dapat terbakar dan rusak.

Urutan warna kabel kipas angin yang terhubung dengan saklar juga harus benar-benar dilakukan dengan cara yang tepat.

Kabel dengan warna merah digunakan pada saklar berkecepatan tinggi, kabel putih untuk menghubungkan saklar berkecepatan sedang dan kabel dengan warna biru untuk saklar dengan kecepatan rendah.

Baca Juga :  Berikut Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin

Urutan warna kabel tersebut tidak boleh saling tertukar sehingga kipas angin dapat bekerja dengan baik.

Berikut urutan warna 4 kabel yang dimiliki oleh kipas angin:

  • Kabel berwarna hitam menyambungkan kipas dengan sumber listrik secara langsung
  • Kabel merah menghubungkan saklar berkecepatan tinggi dengan dinamo
  • Kabel berwarna putih menghubungkan saklar berkecepatan sedang dengan dinamo
  • Kabel berwarna biru menghubungkan dinamo dengan saklar berkecepatan rendah

Skema dinamo kipas angin 4 kabel dapat bekerja jika komponen tersebut sudah berada dalam keadaan panas. Kipas angin nantinya dapat langsung berputar ketika dinamo telah merasakan panas. Kesemua kabel nantinya akan saling menumpuk ke dinamo.

Dari sinilah, kita dapat mengatur kecepatan kipas angin melalui perangkat saklar yang telah dihubungkan dengan kabel. Jika salah satu kabel tidak tersambung dengan dinamo, maka kecepatan perputaran kipas yang diinginkan tidak dapat dilakukan.

Kecepatan kipas hanya dapat diopersikan dengan baik ketika kabel dan dinamo saling berhubungan satu sama lain

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel. Semoga bermanfaat See You.

Leave a Reply

Your email address will not be published.